Ilmuwan Sebut Durian Buah dengan Aroma Telur Busuk

Buah surian.
Durian menjadi salah satu buah yang cukup populer di Asia Tenggara, bahkan di Indonesia. Meskipun tidak sedikit yang tidak menykai aromanya yang begitu menyengat, bahkan bisa bikin pusing.

Bahkan banyak ilmuwan yang menyebut jika durian ini memiliki aroma telur busuk. Tentunya ini berbeda dengan mereka yang menyukainya. Di balik aromanya yang kuat, ada daging buah yang begitu lembut dan nikmat.

Tapi tahukah Anda dari mana asal muasal bau yang dihasilkan buah durian? Para ilmuwan telah menjawab salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan, yaitu mengapa aroma buah durian sangat khas.

Periset di Singapura telah memetakan genom durian, yang dikenal di seluruh Asia Tenggara sebagai 'raja buah'. Mereka mengidentifikasi sekelompok gen yang bertanggung jawab untuk senyawa bau, yang disebut senyawa sulfur volatil.

Gen-gen ini, yang disebut metionin gamma lyases, menjadi sangat aktif saat buah durian matang, yang menyebabkan bau yang tidak biasa.

Meski sangat populer sebagai makanan, buahnya yang besar, berduri, dilarang berada di banyak tempat seperti hotel dan transportasi umum di beberapa negara Asia Tenggara seperti Singapura dan Malaysia.

"Aroma durian telah digambarkan sebagai campuran aroma sulphury seperti bawang dengan bumbu manis dan bumbu sup gurih," kata ahli genetika Bin Tean Teh, wakil direktur National Cancer Center Singapura, co-leader dari studi tersebut. diterbitkan dalam jurnal Nature Genetics.

"Komponen utama dari bau durian adalah senyawa sulfur yang mudah menguap, atau VSC, yang telah ditandai sebagai telur busuk, bawang, sulphury dan bawang merah goreng," tambahnya.

Peneliti dari National Cancer Center (NCC) dan Duke-NUS Medical School di Singapura membandingkan DNA dari durian dengan tanaman lain, yang juga memiliki bau yang tidak biasa, seperti kapas dan kakao.

Tidak seperti spesies tanaman lain yang biasanya memiliki satu atau dua salinan gen ini, buauh durian memiliki empat eksemplar, yang menunjukkan bahwa produksi VSC  sangat tinggi.

Para periset mengatakan, bahwa bau ini mungkin penting bagi durian di alam liar, membantu menarik hewan untuk memakannya dan menyebarkan bijinya.

Para ilmuwan mengurutkan genom berbagai durian seperti Musang King, yang memiliki sekitar 46.000 gen, hampir dua kali lipat jumlahnya dalam genom manusia.

Mereka mampu melacak evolusi buah durian hingga 65 juta tahun lalu, dan menemukan hubungan kuno dengan pohon kakao, yang benihnya menghasilkan coklat.

"Sebagian besar dari kita di Singapura telah tumbuh dengan durian, dan kita sangat mengenalnya," kata ahli genetika Patrick Tan, seorang profesor di Duke-NUS Medical School di Singapura.

Buah durian sendiri bisa dimakan segar, dimasak, difermentasi atau sebagai bahan permen, makanan panggang dan makanan lainnya.

Para ilmuwan mengatakan setidaknya ada 30 spesies durian, beberapa dapat dimakan, beberapa tidak dapat dimakan, dan beberapa dengan ciri khas lainnya. Bahkan beberapa terancam punah.

Temuan lengkap penelitian ini dipublikasikan hari ini di Nature Genetics.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmuwan Sebut Durian Buah dengan Aroma Telur Busuk"

Posting Komentar