Lebih dari 100 Kuda Nil Tewas oleh Virus Antraks

Ratusan kuda nil tewas.
Lebih dari 100 kuda nil telah tewas di Namibia, setelah mereka diyakini telah mengontrak antraks.

Rangers di Taman Nasional Bwabwata mengatakan, sekitar 109 hewan telah tewas sejak minggu lalu, yang ditunjukkan oleh puluhan bangkai yang membengkak dan mengambang di air keruh.

Sementara penyebab pasti kematiannya tidak jelas, para pekerja percaya jika hal tersebut disebabkan oleh wabah antraks, yang disebabkan oleh bakteri spora yang terjadi secara alami.

Apollinaris Kannyinga, wakil direktur taman wilayah timur laut, mengatakan kepada The Namibian bahwa wabah semacam itu tidak biasa. Karena terjadi saat kuda nil berada di Sungai Kavango, di mana sejumlah besar bangkai ditemukan.

Dokter hewan masih perlu mengkonfirmasi penyebabnya, dan mengatakan jika jumlah kuda nil yang tewas bisa lebih tinggi, karena burung pemakan bangkai dan buaya telah memakan sisa-sisa hewan tersebut.

Pejabat pemerintah memperkirakan bahwa populasi kuda nil di Namibia saat ini sekitar 1.300, sebelum terjadi kematian massal ini.

Menteri terkait menambahkan, bahwa dia khawatir jika ada kematian kuda nil lebih lanjut di taman nasional, yang merupakan salah satu tempat wisata terdepan di negara itu.

APA ITU ANTHRAKS?

Anthraks adalah nama penyakit yang disebabkan oleh spora bakteri Bacillus anthracis dan menyerang sekitar 2.000 orang per tahun, kebanyakan di Afrika.

Penyakit ini lebih sering terjadi pada hewan. Anthraks dapat menulai melalui kontrak langsung, menghirup atau menelan spora, yang bisa terbengkalai dalam air dan tanah selama bertahun-tahun.

Begitu masuk ke dalam tubuh, spora ini menjadi aktif dan mulai memproduksi toksin, yang menyebabkan penyakit. Gejala berkisar dari lecet hingga sesak napas atau diare, tergantung bagaimana bakteri ini masuk ke dalam tubuh.

Sebagian besar kasus disebabkan oleh kontak di kulit.

Dan antraks adalah bentuk penyakit yang paling mematikan, dengan sekitar 75 persen pasiennya selamat tanpa pengobatan. Namun jika menghirup spora, hanya 20 persen orang yang bertahan hidup, bahkan jika mendapat pertolongan medis.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lebih dari 100 Kuda Nil Tewas oleh Virus Antraks"

Posting Komentar