Tradisi Adu Bagong Bikin Heboh Media Dunia

adu bagong di majalaya
Adu bagong di Majalaya.
Berkumpul mengelilingi arena berdinding bambu, penduduk desa di Majalaya sangat antusias menyaksikan kontes yang berdarah-darah, yang dikenal sebagai 'adu bagong', yaitu pertarungan antara babi hutan dan anjing.

Panduduk desa mengungkapkan, jika pertarungan ini sebagai cara untuk melestarikan tradisi berburu di daerah tersebut. Meskipun ada hadiah bagi pemenangnya yang cukup besar, hingga Rp20 juta.

Tapi bukan tanpa kritikan, aktivis hak-hak binatang kerap melawan tontonan yang sudah ada sejak puluhan tahun silam ini, yang dimulai pada tahun 1960-an ketika jumlah babi liar di wilayah Jawa Barat melonjak dan mereka diburu untuk melindungi tanaman pangan.

Meskipun aktivis hak-hak binatang terus memprotes, adu bagong untuk pertarungan antara anjing ganas dan babi hutan yang mematikan ini terus menarik penonton.
adu bagong di majalaya
Adu bagong di Majalaya.
"Dulu sangat sederhana, tidak seperti sekarang saat anjing dilatih. Dari situ sudah diturunkan dan bahkan menjadi bagian tradisi dan budaya," kata Nur Hadi, kepala Hiparu, sekelompok penggemar anjing berburu yang ikut dalam pertarungan dikutip dari Daily Mail.

Pertarungan adu bagong ini berlangsung di arena seluas 15-30 meter persegi, yang dikelilingi pagar bambu untuk melindungi penonton, dan hanya berakhir saat salah satu hewan terluka bahkan mati.

Siapa sangka, jika media dunia seperti reuters, dailymail, abs-cbn news hingga the independent mengankatnya di headline new mereka. Dan para pembacanya pun cukup kaget dengan tradisi yang sangat mematikan ini.

Stevedon1617, dari Kendal, Inggris berkomentar: "Selama kita masih berburu rubah dan musang, kita tida dapat mengatakan apapun tentang ini."

Dewdrop20, dari Berkshire, Inggris menanggapi: "Ini barbarian dan bukan tradisi."

Bagaimana menurut Anda, apalah adu bagong merupakan tradisi yang harus dilestarikan atau diakhiri?

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tradisi Adu Bagong Bikin Heboh Media Dunia"

Posting Komentar