Gambar Anjing Berumur 8.000 Tahun Ditemukan di Arab Saudi

Gambar anjing di dinding gua di Arab Saudi.
Anjing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit. Di mana banyak sekali jenis anjing yang bisa dipelihara, mulai dari yang jinak hingga garang. Tapi tahukah kalian sejak kapan anjing mulai didomestikasi?

Tidak ada yang pernah tahu, kapan 'teman terbaik' manusia telah dijinakkan oleh manusia. Tapi deretan gambar yang ditemukan di Arab Saudi memperlihatkan, anjing telah dipelihara sejak 8.000 tahun yang lalu.

Arkeolog telah menemukan gambar, yang memperlihatkan seorang pemburu yang menarik busurnya. Ia juga di kelilingi oleh 13 ekor anjing, dua di antaranya tampak ditambatkan. Dan gambar ini diukir di atas batu pasir kuno. Apakah ini bukti anjing telah dipelihara sejak lama?

Penemuan yang ditemukan di Gurun Arab ini, dianggap sebagai gambar anjing tertua yang pernah ada. Dan semacam tali digunakan untuk mengendalikannya atau menjinakkannya.

Sampai sekarang, bukti paling awal berasal dari lukisan dinding di Mesir, yang diyakini berasal dari 5.500 tahun yang lalu.

Sebuah tim peneliti dari Institut Max Planck untuk Ilmu Sejarah Manusia di Jena, Jerman, membuat katalog lebih dari 1.400 gambar seni batu selama tiga tahun terakhir.

Studi mereka mengungkapkan, hampir ada 7.000 gambar hewan dan manusia di 349 titik. Dan dua lokasi menggambarkan tentang anjing, yaitu di Shuwaymis sebanyak 156 gambar dan di Jubbah sebanyak a93 gambar.

Pemandangan yang terlihat seperti perburuan ini berasal dari Shuwaymis, daerah perbukitan Arab Saudi barat laut. Di mana hujan musiman membentuk sungai, yang mendukung pertumbuhan vegetasi.

Yang lainnya datang dari Jubbah, daerah yang lebih terbuka sekitar 200 kilometer utara, yang pernah terdapat banyak danau.

Semua ukiran menunjukkan makhluk berukuran sedang, dengan telinga yang ditusuk, moncong pendek, dan ekor yang digulung. Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa mereka dipelihara, dan berasal dari hewan liar.

Para ahli mengatakan, mereka sangat mirip dengan spesies anjing Canaan modern. Yang biasanya ditemukan di padang pasir Timur Tengah.

Para pemburu mungkin telah menggunakan kalung kepada anjing untuk menjaga mereka. Sebagai alternatif, gambar dapat menyimpan makna simbolis murni, mewakili ikatan antara hewan dan tuannya.

Berbicara kepada Science, Melinda Zeder, seorang archaeozoologist di National Museum of Natural History Smithsonian Institution di Washington DC, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan: "Ini benar-benar hal yang mengejutkan."

"Ini satu-satunya bukti nyata yang kita miliki, tentang manusia dan anjing purba untuk berburu," tambahnya.

Sekitar 7.000 sampai 8.000 tahun yang lalu, orang beralih dari berburu menjadi peternak. Hal ini dibuktikan oleh artefak tulang ternak, yang ditemukan di situs Jubbah.

Gambar ternak seperti domba dan kambing, juga mendominasi seni gambar batu di sekitarnya.

Periset percaya, bahwa orang purba mungkin telah membesarkan anjing dari spesies liar. Dan mereka telah menyesuaikan dirinya untuk perburuan di padang pasir.

DOMESTIKASI ANJING

Anjing telah menjadi teman terbaik manusia sejak 40.000 tahun lalu, sebuah penelitian genetik utama telah ditemukan. Analisis DNA anjing tertua di dunia ini, diketahui tinggal di Eurasia.

Temuan tersebut membantah temuan penelitian sebelumnya, bahwa anjing dipelihara dua kali oleh kelompok terpisah, yang tinggal di Eurasia timur dan barat.

Sebaliknya, semua anjing modern diperkirakan berasal dari binatang yang dijinakkan oleh orang-orang yang tinggal di Eurasia dari 20.000 sampai 40.000 tahun yang lalu.

Dan para ilmuwan sepakat bahwa anjing berasal dari serigala.

Foto: dailymail.co.uk.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gambar Anjing Berumur 8.000 Tahun Ditemukan di Arab Saudi"

Posting Komentar