Asteroid Phaethon dengan Lebar 5 Km Akan Menghantam Bumi?

Asteroid mendekati bumi.

Setiap hari Bumi dihantam oleh benda-benda langit seperti meteor dan asteroid. Namun, biasanya benda-benda luar angkasa tersebut akan terbakar di atmosfer. Dan saat bergesekan dengan udara, maka akan menghasilkan cahaya terang.


Jika kita terjadi di malam hari, cahaya tersebut bisa terlihat dari kejauhan dan akan tampak indah. Tetapi beberapa meteor berhasil menghantam Bumi, namun sampai saat ini ukurannya relatif kecil dan tidak berbahaya.

Tetapi ada sebuah asteroid dengan lebar 5 kilometer yang diberi nama 3200 Phaethon, diperkirakan akan menghantam Bumi sebelum Natal. Lantas benarkah asteroid ini akan menyebabkan kepunahan manusia?

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Jika Magnet Bumi Akan Berbalik Arah, Kiamat?

Apa Itu Asteroid Phaethon


Objek besar itu dinamai menurut nama dewa Phaethon, yang menurut legenda hampir menghancurkan Bumi. Asteroid ini akan berada 'cukup dekat' dengan Bumi pada 17 Desember nanti, para astronom Rusia telah menunjukkannya.

Para ahli di Universitas Federal Baltik Immanuel Kant di Konigsberg, Rusia, telah menerbitkan sebuah video yang melacak jalan Phaethon.

Objek, yang sebelumnya NASA sebut sebagai 'asteroid yang berpotensi berbahaya', akan berada dengan jarak sekitar 10.3 juta kilometer dari Bumi.

Dengan lebar 5 km, asteroid ini kira-kira setengah ukuran Chicxulub, batu yang memusnahkan dinosaurus. Orbit asteroid ini tidak biasa, dan akan melewati matahari.

Dan asteroid 3200 Phaethon telah membingungkan ilmuwan, karena memiliki fitur asteroid dan komet.

Asal usul orbit Phaethon berada di wilayah antara Mars dan Jupiter, dimana asteroid biasanya berasal.

Baca Juga: Akhir September Planet Nibiru Akan Muncul dan Hancurkan Bumi

Dalam sebuah pernyataan, Immanuel Kant Baltic Federal University mengatakan: "Rupanya, asteroid ini pernah menjadi objek yang jauh lebih besar. Tapi saat mendekati matahari, beberapa bagiannya telah hancur, menjadi potongan-potongan kecil."

Sumber

Foto: dailymail.co.uk.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asteroid Phaethon dengan Lebar 5 Km Akan Menghantam Bumi?"

Posting Komentar