Misteri Mengejutkan Blue Hole di Great Barrier Reef

Blue Hole di Great Barrier Reef.
Blue Hole atau bisa kita sebut Lubang Biru, terletak sejauh 200 kilometer dari Pulau Daydream, di lepas pantai timur laut Australia. Cukup mengagumkan saat kita melihat lubang yang satu ini dari jauh atau langit.

Masih sedikit yang diketahui tentang lubang tersebut. Seperti bagaimana lubang tersebut terbentuk dan apa yang ada di dalamnya. Bagi penyelam amatir, mungkin akan takut jika dibawa untuk menyelami blue hole tersebut.

Tapi bagi penyelam profesional, ada tantangan untuk mengetahui apa yang ada di dalamnya. Eksplorasi awal menunjukkan, meskipun ada pemutihan karang yang ekstensif di daerah tersebut, formasi di dalamnya cukup mengejutkan.

Di dalamnya terdapat rumah bagi koloni karang yang sehat. Johnny Gaskell, seorang ahli biologi kelautan dari Whitsundays, Australia, berbagi gambaran menakjubkan tentang Blue Hole di Instagram.

Ini sebelumnya telah dijelaskan oleh ahli geologi, dan sekarang para ilmuwan akhirnya menjelajahi Lubang Biru misterius di Great Barrier Reef.

"Lubang Biru ini sebelumnya telah dijelaskan oleh ahli geologi yang menyarankan, bahwa hal itu bisa lebih tua dari Great Blue Hole yang terkenal, di Belize. Lokasinya berada di salah satu bagian yang paling tidak dieksplorasi Great Barrier Reef, lebih dari 200 kilometer dari Pulau Daydream," tulis Gaskell.

Untuk sampai di sana, mereka harus melakukan perjalanan semalam selama 10 jam. Dan waktu pasang surut yang sempurna untuk bisa mengeksplorasinya.

Tim penyelam menjelajahi lebih dari 20 meter turun ke Blue Hole. Hingga mereka mendapatkan sedimen di dasarnya.

"Senang melihat koloni karang sehat yang besar. Nantikan rekaman video karang di dalam...," tambahnya.

Penemuan karang sehat di Blue Hole mungkin mengejutkan para ahli. Di mana pemutihan karang yang ekstensif di Great Barrier Reef sedang terjadi.

Karang Great Barrier Reef telah mengalami dua peristiwa pemutihan berturut-turut. Pada tahun 2016 dan awal tahun ini. Hal ini meningkatkan kekhawatiran para ahli, tentang kemampuan terumbu untuk bertahan hidup yang menginduksi pemanasan global.

Penemuan karang sehat di Blue Hole ini menimbulkan harapan, untuk pemulihan Great Barrier Reef.

Lubang biru adalah lubang pembuangan yang membentang jauh di bawah permukaan laut. Formasi itu diciptakan pada zaman es, saat permukaan laut setinggi 100-120 meter lebih rendah dari sekarang.

Seiring waktu, limpasan glasial mulai meluruhkan tanah batu kapur, dan membentuk lubang pembuangan dengan gua-gua besar di bawahnya.

Atap gua-gua ini akhirnya akan runtuh, meninggalkan lubang yang dalam. Seiring gletser zaman es terus meleleh, lubang dalam tanah dipenuhi air, menciptakan lubang biru yang kita lihat sekarang.

Sementara lubang biru dapat ditemukan di seluruh dunia, contoh yang paling terkenal adalah mungkin Blue Hole Belize, yang tingginya lebih dari 300 meter dan lebar 125 meter, dan diyakini merupakan yang terbesar di dunia.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Misteri Mengejutkan Blue Hole di Great Barrier Reef"

Posting Komentar