MENU

11 Resep Kue Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat di Rumah

11 Resep Kue Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat di Rumah

11 Resep Kue Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat di Rumah

Menikmati jajanan pasar di pagi hari bisa membuat kita kenyang. Apalagi selalu identik dengan bermacam kue basah yang mudah ditemukan. Selain sebagai makanan pokok di pagi hari, jajanan pasar juga bisa dibuat sebagai cemilan. Dan cemilan kue basah ini bisa membuat perut kenyang.

Nah, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membeli jajanan pasar tetapi mempunyai cetakan kue basah, tidak ada salahnya membuat beragam cemilan kue basah sendiri yang sehat.

Dan tentunya Anda bisa membeli bahan-bahan kue yang terjamin dan bebas dari pengawet. Berikut ini adalah daftar kue basah yang bisa Anda praktikkan untuk dibuat di rumah layaknya jajanan pasar.

Yuk kita simak yang Bakul kumpulkan daftar nama kue basah di bawah ini, yang bisa Anda coba di rumah.

1. Jajanan Pasar Lemet Ubi


foto kue basah lemet ubi

Bahan-bahan yang digunakan adalah satu setengah kilogram ubi kayu, 350 gram gula jawa, 5 sedok makan gula pasir, satu sendok teh garam.

Langkah pembuatannya: Parut semua ubi, iris-iris tipis gula jawa, lalu masukkan bersama garam ke dalam wadah ubi. Aduk hingga rata. Masukkan lemet 1 sendok sayur ke daun pisang. Dan kukus selama 20-30 menit. Angkat dan tiriskan. Konsumsi saat dingin.

2. Resep Kue Basah Lumpur Labu


membuat kue basah lumpur labu

Kue lumpur ini sangat lembut, wangi dan gurih. Cemilan kue basah ini cukup mengenyangkan perut terutama bagi si kecil. Toping bisa ditambahkan.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: satu potong labu kuning, dikukus. 1 butir telur ayam. 200 ml santan. 150 gram tepung terigu. 2 sendok makan mentega. 2 sdm gula (tambahan) dan sedikit garam.

Cara pembuatan kue basah ini: Hancurkan dengan garpu labu yang telah dikukus. Lalu campur dengan telur dan tambahkan gula. Aduk sampai rata. Cairkan mentega. Lalu masukan ke adonan. Dan tambahkan terigu. Aduk hingga adonan rata. Tambahkan santan, sesuaikan dengan kekentalan yang diinginkan. Panaskan cetakan kue lumpur. Lalu masukan adonan dan tutup. Masak dengan api kecil sampai matang. Angkat dan sajikan. Untuk si kecil bisa ditambahkan gula dan garam.

3. Kue Jajanan Pasar Putu Ayu


Kue basah mini putu ayu

Kue berwarna hijau cukup nikmat untuk dinikmati di sore hari, apalagi dengan air teh hangat. Membuat sore Anda tampak sempurna.

Untuk membuatnya siapkan bahan-bahan berupa: 4 butir telur. 1 sendok teg SP. 200 gram tepung terigu serba guna.  200 gram gula pasir. Garam secukupnya. 200 mililiter santan kental yang direbus hingga bergelembung. Vanilla essence, pasta pandan, dan kelapa parut secukupnya.

Langkah pembuatan kue basah ini sekitar 30 menit. Pertama Campurnan telur, gula pasir, garam dan SP hingga putih dan berjejak. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diayak, untuk menghindari gumpalan. Aduk rata menggunakan spatula. Beri vanilla essence. Lalu tambahkan santan kental dan pasta pandan, dan aduk kembali hingga rata.

Siapkan cetakan kue yang diolesi minyak dan dipanasi terlebih dahulu di dalam kukusan. Lalu masukkan kelapa parut ke dalam cetakan, tekan secukupnya. Kemudian lapisi dengan adonan. Kemudian kukus hingga matang. Lakuan tes tusuk. Mengukusnya tidak memerlukan waktu lama karena cetakan kecil. Dan kue putu ayu siap dinikmati.

4. Jajanan Pasar Kue Mendut


Jajanan Pasar Kue Mendut

Bahan-bahan untuk bikin kue basah tradisional ini gampang dan murah. Tapi teknik pembuatannya yang bikin deg-degan.

Siapkan bahan berupa: 250 gram tepung ketan hitam, santan cair secukupnya, 100 mililiter santan areh (rebus santan kental + 1 lembar daun pandan dg api kecil hingga berminyak), setengah sendok teh garam, dua lembar daun pandan. Dan Unti kelapa: yang terbuat dari setengah kelapa agak muda, parut memanjang, tiga sendok makan gula pasir atau sesuai selera, satu sendok makan tepung ketan putih, dan satu lembar daun pandan.

Langkah pembuatannya: Unti kelapa: Masak gula dan sedikit air di wajan hingga gula larut, masukkan kelapa parut dan daun pandan, aduk rata. Tambahkan tepung ketan putih, aduk terus hingga padat. Angkat, dinginkan, lalu bentuk bulat-bulat. Panaskan santan cair dengan daun pandan, aduk-aduk hingga wangi. Lalu dinginkan.

Campur tepung ketan hitam dan garam di dalam wadah. Tuang santan cair sedikit demi sedikit, sambil diuleni hingga menjadi adonan yg bisa dipulung. Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi unti kelapa, lalu tutup dan bentuk bola sambil dirapikan. Lakukan hingga adonan dan unti habis.

Ambil selembar daun pisang, beri satu bulatan adonan, tuang santan areh, lalu bungkus. Isi panci pengukus dengan air hingga 1/3 penuh. Masukkan kue mendut di wadah panci pengukus. Kue mendut akan matang dalam waktu 45 menit. Dan jajanan pasar kue mendut siap dihidangkan.

5. Jajanan Pasar Kue Lapis Tepung Terigu Rasa Pandan


Jajanan Pasar Kue Lapis Tepung Terigu Rasa Pandan

Bahan-bahan yang digunakan antara lain: setengah kilogram tepung terigu, tiga ons gula pasir, 1100 mlililiter santan, garam secukupnya, dan pasta pandan secukupnya.

Cara pembuatannya: Panaskan kukusan sampe air mendidih, dan jangan lupa uttuk dilapisi atau ditutup dengan kain. Campur tepung, gula, garam dan santan. Lalu aduk  sampai tidak bergerindil.

Bagi adonan menjadi dua, beri salah satunya dengan pasta pandan. Dan sisanya dibiarkan berwarna putih. Ambil loyang yang sudah diolesi minyak goreng. Kemudian masukan ke dalam dandang, dan tuangkan adonan putih ke dalam loyang, tunggu 5 menit. Lalu tuang adonan hijau juga, dan sayur tunggu 5 menit lagi. Dan lakukan hingga adonan habis.

Terakhir, kukus selama 20 menit. Tunggu sampai dingin, dan potong dengan pisau yang dilapisi, agar tidak lengket.

6. Kue Sarang Semut


Jajanan Pasar Sarang Semut

Kue sarang semut ini juga sering disebut saranghae, karena rasanya yang bikin kangen. Untuk membuatnya siapkan bahan-bahan berikut: Untuk karamel, dua cawan gula halus. Tiga sendok makan mentega. Dua cawan air panas. Bahan yang diayak: Dua cawan tepung terigu. Dua sendok teh baking soda. Satu sendok teh baking powder.

Bahan yang dihaluskan: Tujuh biji telur. Dua sendok teh esen vanila. Satu cawan susu kental manis.

Langkah pembuatannya: Masak gula dengan api kecil hingga menjadi karamel dan gula larut. Lalu masukan mentega dan aduk rata. Kemudian masukan air panas sedikit demi sedikit, dan aduk sampai habis, lalu tepikan.

Ayak tepung terigu, baking soda dan baking powder. Dan haluskan telur, susu kental manis dan esen vanila hingga tercampur rata. Kemudian tuangkan bahan yang dihaluskan ke dalam tepung lalu aduk rata. Dan tuangkan karamel, panas pun boleh. Sediakan loyang dan lapisi dengan kerta, olesi dengan mentega. Letakan penapis di atas loyang, tuang dan tapis adonan tadi.

Panas kan oven terlebih dahulu hingga suhu 170 derajat. Sesudah 10 menit masukan adonan loyang bakar sekitar 45-50 menit. Dan kue sarang semut bisa dihidangkan.

7. Jajanan Pasar Kue Pukis yang Lembut


Jajanan Pasar Kue Pukis yang Lembut

Kue ini teksturnya lembut dan ukurannya kecil, sehingga cukup untuk cemilan. Bahan-bahannya: 100 gram mentega dicairkan, tiga biji telur ayam, 135 gram gula pasir, 6 gram ragi, 150 gram tepung terigu, 200 mililiter santan (bisa juga dengan susu cair), dan 75 gram keju parut.

Langkah pembuatannya: Campurkan telur dan gula hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung, ragi, santan dan mentega cair. Aduk hingga tercampur rata. Tutup. Ban biarkan 30 menit. Masukkan keju parut. Aduk kembali hingga tercampur.

Panaskan cetakkan kue pukis dan beri mentega. Tuangkan adonan dan tutup. Jika sudah masak beri topping sesuai selera, keju parut atau meses dan lainnnya.

8. Jajanan Pasar Cenil Singkong Manis

Kue Basah Cenil Singkong

Cukup mudah untuk membuat kue yag satu ini. Bahan-bahan yang digunakan antara lain: satu kilogram singkong: setengah kelapa muda, satu sisir pisang, tiga sendok makan gula pasir, pewarna makanan, dan daun pisang.

Langkah pembuatannya: Kupas singkong, cuci bersih. lalu parut. Tambahkan gula pasir dan pewarna makanan. Aduk hingga rata. Letakkan adonan pada daun pisang, pipihkan dan letakkan pisang di tengah adonan. Lalu bungkus kembali. Lakukan sampai adonan habis. kemudian kukus selama 30 menit. Potong-potong cenil sesuai selera. Dan taburi dengan kelapa muda.

9. Kue Jajanan Pasar Apem Putih


Kue Jajanan Pasar Apem Putih

Resep kue ini sangat sederhana dan mudah dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan adalah: 250 gram tepung beras, 150 gram gula pasir, dua gelas air atau santan, satu setenga sendok teh ragi instan, dan satu sendok makan minyak.

Langkah pembuatannya: Masak gula pasir dan satu gelas air sampe mendidih. Campur tepung beras dan sisa air 1 gelas. Masukan air gula panas-panas lalu aduk. Diamkan dan tunggu sampai hangat. Masukan ragi instan lalu tunggu 1 jam. Terakhir, masukan satu sendok makan minyak dan kukus.

10. Kue Jajanan Pasar Klepon


Kue Jajanan Pasar Klepon

Kue basah ini cukup populer di masyarakat. Jika Anda ingin membuatnya sendri di rumah cukup mudah kok. Bahan-bahan yang disediakan adalah 250 gram tepung ketan, 50 gram tepung beras, setengah sendok teh garam, air pandan, irisan gula merah dan kelapa parut secukupnya.

Langkah pembuatannya: Dalam wadah, campur tepung ketan, tepung beras dan garam, lalu aduk rata. Tuang air pandan sedikit sedikit hingga bisa dipulung. Jangan terlalu lembek dan kering. Dan harus pas.

Lanjut, ambil adonan secukupnya. Tambahkan irisan gula jawa, dan bulatkan tergantung selera. Masukkan bulatan adonan ke dalam rebusan air panas, rebus hingga mengambang, dan itu tandanya matang. Sementara itu, siapkan wadah dan isi dengan kelapa parut yg sudah dikukus sebelumnya.

Setelah mengambang, tiriskan airnya lalu masukkan ke wadah yg berisi kelapa parut. Selesai, dan klepon siap disajikan di piring. Lelehan manis gula merahnya yummy.

Semua resep di atas kami kutip dari cookpad.com. Selamat mencoba...

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url
Loading...
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Gunakan kode <i rel="image">URL GAMBAR DI SINI</i> untuk menyertakan gambar di komentar.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

...