Wanita di Arab Saudi Kini Bisa Bebas Nonton Sepak Bola di Stadion

Wanita Saudi kini bisa antre di luar stadion sepak bola, untuk menyaksikan pertandingan secara langsung. Hal usai kerajaan Arab Saudi mencabut larangan jika mereka tidak boleh datang di stadion.

Namun, mereka tetap akan terpisah dari suporter pria di 'bagian keluarga' yang ditunjuk. Meliputi pintu masuk terpisah, tempat parkir, ruang shalat, toilet dan area merokok.

Supporter wanita di sepakbola Arab Saudi.
Supporter wanita di sepakbola Arab Saudi. Foto: dailymail.co.uk.
Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya Arab Saudi untuk memberikan hak perempuan lebih besar. Bahkan kini perempuan diizinkan menyetir sendiri, sejak bulan Juni untuk pertama kalinya.

Sementara banyak yang menyambut baik keputusan tersebut, meskipun ada yang menentangnya.

Salah satuny di Twitter, di mana banyak yang menggunakan hashtag menolak, dengan menulis bahwa wanita seharusnya berada di rumah. Ia harus memusatkan perhatian pada anak-anak mereka, dan menjaga iman, serta tidak berada di stadion. Di mana orang banyak pria sering mengeluarkan kata kasar saat menonton.

Putra Mahkota Saudi Arabia berusia 32 tahun, Mohammed bin Salman, putra dan pewaris Raja Salman, dipandang sebagai kekuatan pendorong di balik perubahan ini.

Dia ditetapkan untuk mewarisi sebuah negara, di mana lebih dari separuh penduduk berusia di bawah 25 tahun dan 'lapar' akan perubahan.

Alih-alih memberi hak politik kepada warga negara lebih besar, pangeran mahkota malah tampaknya meningkatkan popularitasnya, dengan membatasi pengaruh ultraconservatives.

Reformasinya juga ditujukan untuk meningkatkan belanja daerah untuk hiburan, karena negara tersebut menghadapi defisit anggaran, di tengah berlanjutnya kenaikan harga minyak.

Supporter wanita di sepakbola Arab Saudi.
Supporter wanita di sepakbola Arab Saudi.
Stadion pertama yang membuka pintunya bagi wanita berada di kota Jeddah, untuk pertandingan antara tim sepak bola Saudi Al-Ahli dan Al-Batin. Stadion nasional di ibu kota, Riyadh, akan dibuka untuk wanita sehari kemudian, yang kemudian diikuti oleh kota barat Dammam Kamis depan.

Stadion-stadion ini dibangun dengan ratusan juta dolar, saat harga minyak hampir dua kali lipat dari harga sekarang.

Pemerintah Arab Saudi disebut boros saat membangun stadion, sebagai upaya untuk menenangkan kaum mudanya. Dan memberi tempat bagi para penggemar yang ingin bersorak untuk klub lokal, serta mengadakan parade dan upacara nasional.

Dalam satu kali, stadion utama di Riyadh memungkinkan keluarga untuk masuk dan menyaksikan perayaan Hari Nasional di bulan September, menandai saat wanita pertama kali menginjakkan kaki di dalamnya.

sumber: dailymail
Loading...

0 Response to "Wanita di Arab Saudi Kini Bisa Bebas Nonton Sepak Bola di Stadion"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel