Menghisap Ganja Saat Remaja, Umur 30 Tahun Akan Rasakan Akibatnya

Ganja adalah salah satu tanaman yang terlarang untuk ditanam, bahkan melanggar hukum. Siapapun yang menanam dan mengedarkannya, akan dihukum. Meskipun beberapa orang percaya, jika tanaman ini mampu mengobati kanker.

Tapi jika Anda pernah menghisap ganja saat remaja, sekitar umur 15 tahun maka akan merasakan akibatnya di umur 30 tahun. Risiko ini terlihat usai para peneliti menemukan bukti lebih lanjut, bahwa ganja bisa menyebabkan rusaknya kesehatan tubuh.

Ilustrasi wanita menghisap ganja
Ilustrasi wanita menghisap ganja. Foto: dailymail.co.uk.
Temuan yang cukup mengejutkan ini, diteliti oleh tim yang dipimpin oleh peneliti dari Finlandia. Mereka menemukan sejumlah bukti, yang menunjukkan bahwa ganja dapat mendorong beberapa orang ke titik untuk bunuh diri.

Ilmuwan Universitas Oulo mengungkapkan bahwa, seseorang yang sebelumnya mulai menghisap ganja, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengembangkan psikosis.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam The British Journal of Psychiatry ini, memberikan kaitan lebih jauh antara ganja dan psikosis.

Bagaimana penelitian ini dilakukan?


Lebih dari 6.000 sukarelawan dilacak saat ulang tahun ke 15 mereka sampai mereka berusia 30 tahun, untuk menilai risiko mereka terhadap kondisi tersebut.

Angka memperkirakan bahwa, sekitar satu persen populasi menderita psikosis. Di mana dapat menyebabkan delusi, seperti mendengar suara aneh dan menyebabkan tekanan berat.

Sebuah analisis, yang melibatkan mahasiswa PhD Antti Mustonen, menunjukkan hubungan antara ganja dan pengembangan psikosis.

Apa kata para peneliti?


"Kami menemukan bahwa orang muda yang telah menggunakan ganja setidaknya lima kali saa remaja, memiliki risiko psikosis tinggi. Temuan kami sejalan dengan penggunaan ganja berat saat ini, terutama jika dimulai sejak usia dini," ucap Mustonen, yang bekerja sama dengan ahli Cambridge dan Queensland.

Ganja berhubungan dengan psikosis


Sebuah studi terpisah, yang diterbitkan di Acta Psychiatrica Scandinavica, menyelidiki hubungan antara menghisap ganja dan psikosis. Analisis partisipan yang sama mengungkapkan, remaja yang menghisap 10 linting menghadapi risiko lebih tinggi menderita psikosis.

Risikonya juga meningkat jika dimulai sebelum usia 13 tahun, menurut penelitian yang dipimpin oleh Profesor Jouko Miettunen. Dia menjelaskan, temuan itu benar. Bahkan ketika memperhitungkan faktor lain yang meningkatkan risikonya, termasuk riwayat psikosis keluarga.

Temuan yang 'mengkhawatirkan'


Ian Hamilton, dosen kesehatan mental di York University, mengatakan kepada MailOnline bahwa, itu adalah temuan yang 'mengkhawatirkan'. Dia menambahkan: "Orang dengan masalah kesehatan mental lebih cenderung menghisap ganja."

Baca Juga: Inilah Negara yang Bersahabat dengan Ganja

"Kita perlu berbuat lebih banyak untuk mendorong orang-orang yang memiliki masalah kesehatan mental, untuk berhenti melakukan ini," tambahnya.

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Menghisap Ganja Saat Remaja, Umur 30 Tahun Akan Rasakan Akibatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel