Mayat Beku Bisa Dihidupkan Kembali dan Tampil Lebih Muda

Saat ini proses pembekuan mayat masih asing di telinga kita. Apalagi belum banyak yang melakukannya. Tapi proses pembekuan mayat atau disebut kriogenik, bisa menjadi kesempatan terbaik kita dalam 'menipu' kematian.

Seorang ahli percaya, jika kita bisa dihidupkan kembali dalam keadaan tubuh yang membeku. Namun bagaimana proses tersebut dilakukan dan seperti apa kerumitannya?

Proses kriogenik atau pembekuan mayat
Proses kriogenik atau pembekuan mayat. Foto: dailymail.co.uk.
Dennis Kowalski, Presiden Institut Cryonics yang berbasis di Michigan, mengklaim bahwa manusia dapat dihidupkan kembali dari keadaan kriogenik. Dan terapi sel induk, dapat membantu mereka kembali ke usia muda.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Alasan Manusia Es Bisa Hidup Di Suhu Beku

Dia juga menyarankan, agar manusia pertama yang dibekukan oleh kriogenik dapat dihidupkan kembali dalam 50 sampai 100 tahun ke depan.

Institut Cryonics yang berbasis di Michigan, adalah organisasi nirlaba yang menawarkan layanan pembekuan manusia, dengan harga Rp.383 juta per tubuh.

Kowalski, yang juga bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran dan paramedis di Milwaukee, Wisconsin, mengatakan bahwa banyak hal yang tidak memungkinkan akan segera terjadi berkenaan dengan kriogenik.

Dia mengatakan kepada MailOnline bahwa, jika menghidupkan kembali orang yang secara kriogenik tidak mungkin, setidaknya kita belajar.

Sekitar 2.000 orang telah meletakkan nama mereka untuk dibekukan secara kriogenik, oleh institut Kowalski. Dan lebih dari 100 hewan peliharaan dan 160 orang, telah dibekukan di laboratorium mereka.

"Setelah serangan jantung, Anda memiliki sekitar 5 menit sampai setengah jam untuk dihidupkan kembali. Tapi itu tergantung suhu dan berapa lama mereka hidup," kata Kowalski.

Kowalski mengatakan bahwa karyanya merupakan perpanjangan dari penelitian sel punca. Dan sel induk ini dapat disuntikkan ke pasien beku kriogenik, untuk membantu memperbaiki sel yang rusak.

"Kami mencoba menyelamatkan DNA dan pikiran Anda," kata Kowalski.

Kowalski mengatakan bahwa di masa depan, jika ada teknologi super maju yang bisa 'merekayasa balik sifat', maka tidak ada alasan orang lanjut usia tidak dapat dihidupkan kembali. Bahkan mungkin saat dihidupkan mereka berusia 20 tahun.

Krionik, juga dikenal sebagai kriogenik dan kriopreservasi, adalah seni untuk membekukan mayat atau bagian tubuh untuk melestarikannya.

Situs Cryonics Institute menyatakan bahwa, kematian mutlak hanya dapat dikatakan terjadi ketika informasi penting otak dihancurkan. Pelestarian otak adalah tujuan akhir, dari apa yang diharapkan oleh kriopreservasi.

Proses pembekuan tubuh harus dimulai segera setelah pasien meninggal, untuk mencegah kerusakan otak. Dengan fasilitas yang saat ini tersedia di Rusia, Amerika Serikat dan Portugal.

Dalam prosedurnya, tubuh didinginkan dalam bak es untuk secara bertahap mengurangi suhunya sedikit demi sedikit.

Baca Juga: Kisah Kuburan yang Berada di Tengah Jalan

Para ahli kemudian mengalirkan darah dan menggantinya dengan cairan anti beku, untuk menghentikan kristal es berbahaya yang terbentuk di dalam tubuh.
Loading...

1 Response to "Mayat Beku Bisa Dihidupkan Kembali dan Tampil Lebih Muda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel