Pertama dalam Sejarah Ular Piton di CT Scan, Untuk Apa?

Pemindaian dengan teknologi computerized tomography atau CT scan, telah ada sejak lama tepatnya di tahun 1970-an. Fungsi utamanya adalah untuk melihat bagian dalam tubuh, tanpa harus melakukan sebuah prosedur operasi.

Biasanya, CT scan menggunakan mesin pemindai yang berbentuk lingkaran besar. Sehingga orang dewasa bisa memasukinya dengan posisi terbaring. Dan alat ini biasanya hanya memindai ksesehatan manusia saja.

Tapi kini pertama dalam sejarah, seekor ular piton melakukan CT Scan. Untuk bisa memasukinya, ular piton sepenjang 6 meter itu bahkan harus dilipat. Untuk apa?

Ular bernama Hanna ini memasuki mesin CT Scan di Columbus Zoo and Aquarium di Ohio. Dia menjalani pemindaian setelah mengalami masalah pernapasan.
Staf kebun binatang menggunakan teknologi inovatif, setelah mencatat ada bengkak di wajahnya.

Wakil presiden bidang kesehatan hewan di kebun binatang, Dr. Randy Junge, mengatakan: "Hanna, ular piton reticulated, telah mengalami serangan infeksi pernapasan di masa lalu. Seperti yang Anda bayangkan, infeksi serius pada ular seberat 70 kilogram ini dapat menghadirkan beberapa tantangan."

Para penjaga mencatat bahwa, Hanna mengalami pembengkakan di wajahnya, dan ada kekhawatiran bahwa itu mungkin merupakan indikasi awal infeksi.

Tahun lalu, Hanna menjalai perawatan sinar-X, namun hasilnya kurang memuaskan.

'Tahun ini, tim dokter hewan Zoo's memiliki pilihan alat diagnostik yang sempurna - pemindai CAT (atau CT). Pencitraan CAT memberikan detail yang jauh lebih baik dan tidak terpengaruh oleh struktur seperti kulit dan sisik," tambahnya.

Kebun Binatang dan Akuarium Columbus baru-baru ini menguji mesin baru mereka, untuk mengetahui tingkat infeksi pada mulut singa.

Baca Juga: Dua Tokek Selamatkan 'Temannya' yang Dimakan Ular, Berhasilkah?

Kebun binatang ini adalah salah satu dari hanya enam di Amerika Serikat, yang memiliki teknologi komputer tomografi aksial (CAT). Mereka mengatakan, CT Scan akan memungkinkan dokter hewan untuk memahami bagian daalam hewan apa pun, meskipun memiliki cangkang yang kuat.

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Pertama dalam Sejarah Ular Piton di CT Scan, Untuk Apa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel