Pria Ini Temukan Piton dengan Perut Besar Usai Telan Rusa Utuh

Ular piton memang tidak akan mengunyah mangsanya, karena mereka tidak memiliki gigi untuk merobek. Maka mereka akan menelan secara utuh seluruh bagian mangsanya, dan akan mengeluarkan sisanya usai dicerna oleh tubuhnya.

Namun saat ular piton mencerna makanannya, mereka sangat rentan dan mudah diserang lawannya. Ular piton akan menjadi tidak berdaya, bahkan manusia pun bisa dengan mudah menangkapnya tanpa perlu banyak mengeluarkan tenaga.
Piton yang ditemukan ahli biologi
Piton yang ditemukan ahli biologi.
Seperti yang dilakukan ahli biologi satwa liar, dari the Conservancy of Southwest Florida. Baru-baru ini ia merilis satu set gambar yang menunjukkan, seekor ular piton Burma yang mereka tangkap di Collier-Seminole State Park.

Baca Juga: Pertarungan Langka Harimau vs Beruang Hitam, Siapa yang Menang?
Saat itu mereka menyisir taman itu pada bulan April tahun 2015, saat mereka menemukan seekor piton betina dengan panjang 4 meter. Ia ditangkap usai menelan seekor rusa secara utuh.

Ketika kemudian menimbang ular dan mangsanya secara terpisah, mereka menemukan bahwa rusa tersebut beratnya lebih besar dari pada ular.
Piton mulai mengeluarkan mangsanya
Piton mulai mengeluarkan mangsanya.
Berat piton sekitar 15 kilogram, sementara rusa tersebut sekitar 17,5 kilogram. Dan piton Burma ini menjadi yang terbesar, yang pernah didokumentasikan sampai saat ini.

Begitu ular itu dipindahkan ke tempat terbuka, ia mulai melakukan mengeluarkan makanannya.

The Conservancy baru-baru ini merilis gambar dari temuan tersebut, yang mereka tulis di artikel yang akan datang dalam edisi Maret 2018 tentang Herpetologist Review.

Para ahli biologi mengatakan bahwa, insiden tersebut merupakan pertanda bahwa spesies ular Asia mengancam populasi rusa di Florida. Dan dapat mengganggu ekosistem Everglades lebih jauh lagi.

Piton Burma memang bukan asli Amerika. Mereka mulai muncul di Florida pada tahun 1970an. Ketika orang-orang yang memilikinya sebagai hewan peliharaan, membebaskan ke alam liar.

The Conservancy meluncurkan sebuah program lima tahun yang lalu, untuk berburu piton agar bisa dikendalikan di wilayah tersebut.
Ukuran mangsa piton yang jauh lebih besar ukurannya
Ukuran mangsa piton yang jauh lebih besar ukurannya.
Baca Juga: Hanya Satu Gigitan, Laba-laba Ini Bisa Membunuh Orang Dewasa dalam 15 Menit

Distrik Pengelolaan Air Florida Selatan juga membayar pemburu ular, untuk membunuh ular piton. Dan akan memberikan bonus untuk mengambil sarang ular dengan telurnya.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

0 Response to "Pria Ini Temukan Piton dengan Perut Besar Usai Telan Rusa Utuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel