NASA Temukan 10 Asteroid yang Bisa Memusnahkan Manusia

Ilustrasi asteroid hancurkan Bumi.
Bumi tidak akan pernah bebas dari benturan benda-benda angkasa, baik yang berukuran kecil hingga besar. Bahkan sebuah teori yang terkenal menyebutkan, jika era dinosaurus musnah akibat hantaman asteroid besar ke bumi.

Inilah yang membuat para ahli astronomi terus mencari, benda-benda di luar angkasa yang bisa mengancam kehidupan. Demikian juga dengan badan antariksa Amerika atau NASA, yang terus mencari asteroid yang potensial menghantam bumi.

Kini, NASA telah merilis animasi yang membuat kita merinding yang diambil oleh Near-Earth Object Survey Explorer Wide-field (NEOWISE) selama empat tahun. Animasi ini memperlihatkan 10 asteroid yang bisa memusnahkan kehidupan manusia. Seperti apa?

Dalam animasi tersebut menunjukkan, jika Bumi dibayang-bayangi benda-benda besar di luar angkasa.

Ratusan titik hijau mengelilinginya - mewakili asteroid dan komet yang lewat dekat Bumi - yang dikenal sebagai “benda-benda dekat bumi” (NEOs).

Badan antariksa itu mengatakan, jika mereka menyukai 788 NEO dan 136 komet.

Sepuluh objek yang baru ditemukan telah diklasifikasikan sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya, berdasarkan ukuran dan objeknya.

"NEOWISE terus memperluas katalog dan pengetahuan kami tentang benda-benda yang sulit dipahami dan penting ini,” kata Amy Mainzer, peneliti utama NEOWISE dari Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

"Secara keseluruhan, NEOWISE kini telah mencirikan ukuran lebih dari 1.300 benda dekat-Bumi sejak pesawat luar angkasa diluncurkan, dan menawarkan sumber yang tak ternilai untuk memahami sifat fisik dari populasi ini, dan mempelajari apa yang terbuat dari dan di mana mereka berasal," tambahnya.

Sejak misi dimulai pada bulan Desember 2013, asteroid dan pemburu komet telah sepenuhnya memindai langit hampir delapan kali. Dan telah mengamati dan mencirikan 29.375 objek dalam empat tahun operasi.

Lebih dari 2,5 juta gambar inframerah langit dikumpulkan pada tahun keempat operasi oleh NEOWISE.

Awalnya disebut Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE), pesawat luar angkasa diluncurkan pada bulan Desember 2009.

Awal bulan ini, NASA juga secara mengejutkan mengakui jika ada ribuan asteroid mematikan yang belum terdeteksi.

Tetapi NASA mengakui hanya sepertiga dari benda-benda tersebut yang bisa dilacak.

Baca Juga: Rekaman Dramatis UFO Menyalip Pesawat Jet Komersial

Untuk melacak lebih banyak objek terbang yang berpotensi berbahaya ini, NASA akan membutuhkan teleskop ruang angkasa khusus untuk misi semacam itu.

Loading...

Belum ada Komentar untuk "NASA Temukan 10 Asteroid yang Bisa Memusnahkan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel