Gurun Pasir Terbesar di Dunia Jadi Danau Usai Badai Mekunu

 Gurun pasir terbesar di dunia dipenuhi air dan jadi danau
Gurun pasir terbesar di dunia dipenuhi air dan jadi danau.
Panas dan gurun pasir masih menjadi salah satu ciri khas dari kerajaan Saudi Arabia. Namun berangsur-angsur, beberapa bagian wilayahnya menjadi padang rumput dan tumbuhan tumbuh subur.

Apalagi akhir-akhir ini, hujan kerap mengguyur wilayah Timur Tengah, bahkan sebagian ada yang sampai ditutupi oleh salju. Demikian pula dengan Saudi Arabia, yang juga kerap diguyur hujan dengan intensitas tinggi hingga hujan es.

Bahkan kini, sebuah badai yang diberi nama Mekunu, telah mengubah beberapa bagian dari gurun pasir yang sangat gersang, di antaranya Gund al-Khali. Bahkan bukan hanya genangan kecil, limpahan air ini juga membentuk danau besar.

Dikutip dari Al Arabiya, fenomena langka ini belum pernah terjadi dalam hampir 20 tahun terakhir.

Air hujan jatuh dan berkumpul di berbagai bagian padang pasir, seperti Al-Khareer, Thabltoun dan Um al-Malh. Yang dikenal di antara para pengunjung di Empty Quarter. Dan terletak di segitiga di perbatasan dengan Yaman dan Oman.

Rekaman hujan yang dibagikan oleh pengguna Twitter menunjukkan, gurun yang gersang penuh dengan air hujan. Tampak seperti "laut yang mengapung." Beberapa pengguna mengolok-olok gambar yang mengatakan dengan semua air ini, jika Empty Quarter mungkin tidak lagi kosong!

Ali Al-Hatish, seorang pengunjung di padang pasir, mengatakan kepada Al Arabiya.net bahwa curah hujan di wilayah itu terlalu deras. Ia menambahkan bahwa belum pernah menyaksikan kondisi cuaca semacam ini, dalam dua dekade.

"Orang-orang di Empty Quarter merasakan getaran ketika hujan turun. Unta mulai bergerak menuju area yang dipenuhi air,” tambah Al-Hatish.

Genangan-genangan kecil di gurun pasir di Saudi Arabia
Genangan-genangan kecil di gurun pasir di Saudi Arabia.
"Tanah membutuhkan 30 hari untuk menumbuhkan tanaman musim panas mereka. Dan orang-orang berharap bisa memberi makan unta mereka untuk dua tahun mendatang," tambahnya.

Perlu disebutkan bahwa, penduduk Empty Quarter sangat bergantung pada unta, dan hujan ini sangat bersejarah.

Wilayah ini juga diharapkan untuk menerima lebih banyak pengunjung, yang tertarik untuk mengambil foto air yang menutupi padang pasir, yang sebuah pemandangan yang jarang terjadi.

Gund al-Khali adalah gurun pasir terbesar di dunia. Ini adalah wilayah pasir terbesar di dunia, yang meliputi sekitar seperempat dari permukaan daratan Kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga: Lembah Tayeh di Arab Saudi Menghijau, Tanda Kiamat?

Cekungan yang terletak terutama di tenggara Arab Saudi, adalah tempat angin memainkan peran utama dalam membentuk dan membentuk pasirnya. Ketinggiannya yang berpasir bisa menyamai pegunungan, yang beberapa di antaranya bisa mencapai lebih dari 450 meter.

Loading...

0 Response to "Gurun Pasir Terbesar di Dunia Jadi Danau Usai Badai Mekunu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel