Kalkulator Online Ungkap Jika Kamu Terkena Kanker Paru-paru

Ilustrasi kanker paru-paru. Foto: dailymail.co.uk.
Kanker paru-paru adalah penyakit yang membunuh jutaan orang di seluruh dunia setiap tahun. Tetapi para ilmuwan kini telah mengembangkan alat online baru, yang dapat menghitung risiko jika kamu terkena kanker paru-paru.

Kalkulator praktis, yang telah ditunjukkan oleh pengujian hampir 90 persen akurat, telah dicap sebagai 'ide bagus' oleh badan amal. Hal ini sebagai antisipasi dan juga pengurangan jumlah pengidap kanker paru-paru.

Tes ini juga telah dipuji sebagai tes pertama yang dapat memprediksi risiko kanker paru-paru, pada mereka yang tidak dianggap berisiko tinggi. Termasuk perokok ringan dan yang muda. Seperti apa tes tersebut?

Kamu akan ditanya, berapa banyak rokok yang dihisap sehari, serta sudah berapa lama merokok. Karena dua penyebab utama kanker paru-paru.

Namun, tim peneliti Norwegia & Yunani kini telah menambahkan dua faktor risiko baru, yang dapat menyebabkan kanker paru-paru untuk menguji mereka.

Termasuk batuk yang terus menerus selama waktu-waktu tertentu dalam setahun. Dan menghabiskan waktu yang lama di dalam ruangan yang dipenuhi asap rokok.

Bagi mereka yang sudah berhenti merokok, mereka ditanya tentang berapa lama mereka melepaskan kebiasaan buruk itu. Risiko menurun tajam seiring waktu berlalu.

Dua pertanyaan lainnya berkisar pada usia, karena orang yang lebih tua diketahui memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru, dan BMI, karena semakin rendah ini, semakin tinggi risikonya.

Deborah Arnott, kepala eksekutif amal kesehatan Action on Smoking and Health, mengatakan kepada MailOnline: "Kalkulator kanker paru-paru adalah ide bagus."

"Setiap perokok berat dengan batuk terus-menerus, berapapun usia mereka, perlu tahu itu adalah tanda peringatan dini. Berhenti merokok adalah langkah paling penting yang dapat Anda ambil, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hidup Anda," tambahnya.

Para peneliti menyepakati tujuh faktor risiko kanker paru-paru, setelah melakukan studi selama 16 tahun. Dengan data dari sekitar 65.000 orang dewasa berusia antara 20 dan 100.

Mereka kemudian menggunakan faktor yang sama, untuk mencoba dan memprediksi risiko kanker paru pada 45.000 orang yang berbeda.

Temuan tentang tes, yang disebut HUNT Paru-paru Model Risiko Kanker, telah diterbitkan dalam jurnal EBioMedicine.

Dr Oluf Dimitri Røe, seorang ahli onkologi senior di Rumah Sakit Levanger di Trøndelag, yang memimpin penelitian tersebut, menemukan bahwa tes tersebut hampir 88 persen akurat.

Para peneliti berharap temuan ini akan memungkinkan para dokter untuk mengurangi CT scan untuk perokok, yang mereka anggap berisiko terkena kanker paru-paru.

"Metode ini dapat mengurangi jumlah orang yang terpapar radiasi dari CT scan yang tidak perlu, dan memaksimalkan identifikasi orang-orang dengan risiko yang sebenarnya," ucap Oluf.

Para peneliti juga bekerja pada metode lain, untuk menemukan kanker paru-paru sejak dini. Termasuk tes darah sederhana yang dapat digunakan bersama alat ini.

Ini kemudian dapat memberikan hasil yang lebih jelas, dan lebih lanjut memangkas jumlah orang yang perlu menjalani CT scan berulang.

Setiap tahun, 1,6 juta orang meninggal karena kanker paru-paru, menurut angka dari WHO. Ini termasuk 35.000 di Inggris dan sekitar 150.000 di Amerika Serikat.

Studi baru menunjukkan bahwa, enam persen dari mereka tidak pernah merokok, sementara 21 persen lebih muda dari 55 tahun.

Baca Juga: Video Mengejutkan Perbedaan Paru-paru Sehat dan Perokok

Berikut adalah link untuk melakukan tes risiko kanker paru-paru. Temukan di sini.
Loading...

0 Response to "Kalkulator Online Ungkap Jika Kamu Terkena Kanker Paru-paru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel