Kisah di Balik Gunung Berbentuk Aneh di Padang Pasir Saudi

Gunung Kue Gurun atau Desert Cake di Arab Saudi
Gunung Kue Gurun atau Desert Cake di Arab Saudi. Foto: english.alarabiya.net/
Fenomena aneh dan sulit dijelaskan oleh akal pikiran manusia, masih bisa kita nikmati di berbagai belahan dunia. Seperti api yang terus menyala di lubang besar, atau air yang tidak brcampur di laut, dan masih beragam fenomena alam lainnya.

Termasuk di antaranya sebuah gunung batu besar ini, yang tampak aneh dan terus menjadi fenomena. Bukan tanpa alasan, gunung yang tampak aneh ini berada di tengah padang pasir yang datar, yang ada di Arab Saudi.

Gunung ini berdiri tegak dengan bentuknya yang unik, tampak seperti sepotong kue. Lalu apa yang membuat gunung ini berada di sana? Dan seperti apa kisahnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Dikutip dari Alarabiya, gunung ini oleh masyarakat lokal dikenal sebagai "Jari Jouda", bahkan disebut juga Kue Gurun yang terkenal, dan terletak di jalur Joudy dekat Wilayah Timur, 150 kilometer dari Dammam.

Penampakan Desert Cake di Arab Saudi
Penampakan Desert Cake di Arab Saudi.
Struktur raksasa ini telah disebutkan dalam berbagai perjalanan yang lama dan modern di daerah tersebut. Sebuah tengara bagi pejalan kaki di jalur Joudy, yang menghubungkan antara oasis Ihsaa dan wilayah Al-Yamama sejak masa lalu.

Daerah di mana "Kue Gurun" - seperti banyak penduduk setempat suka menyebutnya - terletak di antara rute perdagangan terpisahkan di gurun Semenanjung Arab.

Gunung sedimen, yang mencakup gua-gua yang terbentuk oleh air dan angin, telah terbentuk selama ribuan tahun oleh air murni yang menutupi wilayah tersebut.

Profesor geologi di King Saud Univeristy, Abdel Aziz bin Laboon, bahwa gunung ini tetap sendirian di tengah padang pasir datar, setelah tanah di sekitar meleleh selama jutaan tahun yang lalu. Gunung itu tetap kuat dalam menghadapi semua perubahan geologis, yang telah menghantam daerah tersebut.

Baca Juga: Keindahan Arab Saudi yang Tidak Pernah Kita Pikirkan Sebelumnya

Dia juga menambahkan bahwa Arab Saudi adalah teater utama bagi mahasiswa geologi, di mana perubahan besar di tanah menarik bagi para sarjana.

Loading...

0 Response to "Kisah di Balik Gunung Berbentuk Aneh di Padang Pasir Saudi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel