Kerap Merasakan Sensasi Tersetrum? Ternyata Ada Cacing Pita

Larva cacingg pita di tulang belakang.
Tubuh manusia sangat unik, dan bisa memberitahu kepada kita saat ada masalah. Bahkan, kita tidak pernah tahu jika suatu gejala yang muncul justru sebagai penyakit di bagian tubuh lainnya.

Nah, salah satunya jika Anda kerap merasakan sensasi seperti tersetrum di kaki. Dan siapa sangka, jika sensasi tersebut merupakan ada masalah di bagian tubuh lainnya, atau terserang parasit yang berpotensi sangat berbahaya.

Apalagi jika sensasi tersetrum di bagian kaki datang sangat sering, dan dalam jangka waktu yang panjang. Lantas ada apa di tubuh kita saat merasakan sensasi tersetrum di bagian kaki? Berikut ulasan lengkapnya.

Dikutip dari Daily Mail, seorang wanita pergi ke rumah sakit mengeluh merasa lemah, dan mengalami kejutan listrik di kakinya. Wanita berusia 35 tahun itu telah berjuang selama tiga bulan, dan sering jatuh akibat gejala tersebut.

Ketika dokter melakukan pemindaian MRI, mereka menemukan dia telah terinfeksi parasit pada salah satu tulang belakangnya. Yang mereka katakan berasal dari cacing pita, yang kemungkinan hidup pada anjing dan domba.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu, harus menjalani operasi untuk mengangkat larva serangga dari punggungnya. Dan diberi obat untuk menghentikan infeksi tersebut terjadi kembali.

Dokter tidak mengatakan bagaimana wanita tersebut terinfeksi parasit. Tetapi kemungkinan ditularkan melalui makanan atau air minum, yang terkontaminasi oleh kotoran anjing, atau melalui kontak langsung dengan hewan lainnya.

Dia mengalami pemulihan penuh, dan tidak menunjukkan tanda-tanda atau efek dari infeksi setelah sembilan bulan.

Infeksi ini menyebabkan gejala yang tidak biasa, termasuk kelemahan pada kaki yang semakin memburuk seiring waktu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, orang dapat terinfeksi selama bertahun-tahun sebelum mereka mulai menunjukkan gejala apa pun. Tetapi larva tidak tumbuh menjadi cacing pita penuh, di dalam manusia.

Dokter mengatakan, jika wanita itu memiliki kucing peliharaan dan juga pernah menunggangi kuda dan tinggal di dekat sapi.

Parasit dapat mempengaruhi satu juta orang di seluruh dunia

Penyakit hydatid diperkirakan mempengaruhi sekitar satu juta orang di seluruh dunia. Sebagian besar kasus mempengaruhi hati atau paru-paru manusia. Kurang umum itu dapat menginfeksi saraf, tulang, ginjal, limpa, otot, dan mata, menurut WHO.

Penyakit hidatid bisa mahal dan sulit diobati. Pencegahan infeksi bisa dilakukan dengan membersihkan secara rutin hewan peliharaan, termasuk pemberian vaksin.

Dokter juga pernah menemukan parasit bergerak di bawah kulit wanita

Parasit hewani yang hidup pada manusia tidak jarang, dan organisme yang berbeda menghasilkan gejala yang berbeda.

Cacing pita di kelopak mata
Cacing pita di kelopak mata. Foto: dailymail.co.uk
Seorang wanita 32 tahun di Rusia mengunjungi petugas medis setelah melihat benjolan aneh di wajahnya selama dua minggu, di mana dia menemukan cacing yang hidup di bawah kulitnya.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu, pergi ke dokter mata setelah benjolan terbentuk. Benjolan tersebut terasa gatal dan membakar, dan membuatnya bengkak seperti balon.

Baca Juga: Geger Seorang Ibu Suapi Anaknya Kecebong Mentah

Dokter melihat benjolan itu bergerak, dan mengidentifikasikannya sebagai cacing parasit dan mengangkatnya dengan cara operasi.
Loading...

0 Response to "Kerap Merasakan Sensasi Tersetrum? Ternyata Ada Cacing Pita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel