19 Menakjubkan Manfaat Manggis untuk Kulit dan Kesehatan

Manggis. Gambar: stethnews.com

Dianggap sebagai buah asli Indonesia, Manggis atau Garcinia mangostana, seringkali disebut sebagai "Ratu Buah Tropis", terutama di kawasan Asia Tenggara.

Buah ini memang tidak bisa kita temui sepanjang tahun, karena akan berbuah di bulan-bulan tertentu.

Buah ini dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu kulit yang berwarna ungu tua, daging putih yang dapat dimakan, dan bijinya. Meskipun kulit terluarnya keras, tapi bisa dibuka dengan mudah.

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi mengonsumsi buah yang satu ini. Tapi apakah Anda tahu manfaat dari buah yang satu ini? Manggis sendiri dipercaya mampu obati asam urat hingga kanker.

Manfaat Kesehatan Manggis


Untuk waktu yang lama sekarang, manggis telah menjadi bagian dari obat tradisional di banyak negara Asia. Sejak abad ke -18, manggis telah dikenal karena manfaat kesehatannya. Buah ini penuh nutrisi penting, yang dibutuhkan tubuh kita untuk pertumbuhan dan perkembangan normal. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatannya:

1. Antioksidan
Xanthones, sejenis polifenol alami ditemukan di manggis. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan bermanfaat terhadap banyak penyakit jantung. Selanjutnya, antioksidan ini menyembuhkan sel-sel yang rusak oleh radikal bebas, dan dengan demikian memperlambat penuaan.

2. Rendah Kalori
Dengan hanya 63 kalori per 100 gram, manggis dianggap rendah kalori. Selain itu, ia tidak memiliki lemak jenuh. Manggis adalah serat makanan yang penting bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

3. Vitamin C
Mengkonsumsi manggis baik untuk Anda. Buah ini kaya vitamin C yang penting untuk membangun ketahanan terhadap berbagai penyakit dan infeksi.

4. Aliran Darah
Konsumsi manggis dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, jantung tersumbat, dan nyeri dada hebat dengan memperbaiki aliran darah melalui pelebaran pembuluh darah.

5. Mengurangi Kolesterol
Karena dikemas dengan nutrisi yang banyak, manggis efektif dalam mengurangi tingkat kolesterol tubuh kita. Selain itu, manggis mengontrol tingkat trigliserida, memastikan jantung berfungsi dengan baik.

6. Tuberkulosis
Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, manggis mengandung sifat antibakteri dan antijamur, yang kuat yang membantu dalam memerangi tuberkulosis.

7. Kanker
Adalah baik untuk mengetahui bahwa dengan makan manggis, Anda dapat mengurangi peluang terkena kanker. Karena buah ini adalah antioksidan yang kuat dan efektif, melawan radikal bebas yang menghancurkan sel-sel kita.

8. Tekanan Darah
Manggis juga mengandung potasium yang melindungi jantung kita dari penyakit. Ini mengarah pada detak jantung sehat dan tekanan darah.

9. Anti-inflamasi
Jika Anda menderita linu panggul atau nyeri akibat asam urat, makan manggis selama 2 hingga 3 kali sehari akan meredakan rasa sakit karena sifat anti-peradangan dan efek inhibitor cox-2.

10. Alzheimer
Studi menemukan bahwa memasukkan manggis ke dalam makanan sehari-hari, dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan ingatan kita. Manggis mampu mengurangi plak beta amyloid dan protein tau. Selanjutnya, keberadaan xanthone dalam manggis menghambat aktivitas cholinesterase yang mengkatalisis kerusakan neurotransmiter tertentu, yang penting untuk fungsi memori optimal.

11. Jerawat
Apakah Anda menderita jerawat, kulit cacat, kulit berminyak atau kering? Jika ya, mulailah makan manggis. Buah ini mengandung senyawa antibakteri dan antimikroba yang akan membantu Anda dengan masalah kulit Anda.

12. Perbaikan Sel
Jika dibandingkan dengan buah lain, manggis memiliki jumlah xanthones tertinggi, yang memperbaiki sel-sel yang rusak di tubuh kita dan kemudian melindunginya.

13. Berat Badan
Manggis dapat membantu Anda mengurangi berat badan Anda. Xanthones yang hadir dalam buah yang indah ini, mencegah kenaikan berat badan dengan membakar lemak.

14. Penyakit Gum
Gel yang ditemukan di manggis membantu menyembuhkan penyakit gusi yang disebut periodontitis.

15. Menstruasi
Tahukah Anda bahwa wanita di Malaysia menggunakan manggis untuk mengatur menstruasi mereka? Selain itu, mengkonsumsi manggis dapat mengurangi gejala PMS seperti pusing, perubahan suasana hati, dan hipertensi.

16. Gangguan perut
Sementara itu, di Filipina, daun manggis dan kulit kayu digunakan untuk mengobati diare, disentri, sariawan, dan gangguan berkemih.

17. Anti-Aging
Seperti disebutkan di atas, manggis kaya dengan antioksidan. Salah satu antioksidan ini disebut catechin, yang melawan radikal bebas. Jadi jika Anda ingin tetap terlihat muda, mulailah makan manggis!

18. Peningkat Energi
Manggis akan membuat Anda terlihat dan merasa lebih segar dan berenergi melalui berbagai nutrisi.

Baca Juga: Semangka Seberat 144 Kg Dipotong, Isinya Ternyata Mengejutkan

19. Infeksi virus
Xanthone Mangosteen menyerang infeksi jamur dan virus secara alami. Mereka juga membantu dalam menghambat serangan karsinogen tertentu pada kulit Anda.

Sumber: stethnews.com
Loading...

Belum ada Komentar untuk "19 Menakjubkan Manfaat Manggis untuk Kulit dan Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel