Asam Urat Ternyata Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran Hingga Tuli

Gangguan pendengaran akibat asam urat
Gangguan pendengaran akibat asam urat. Gambar: rheumatologyadvisor.com
Banyak yang menganggap asam urat sebagai masalah yang sepele, hingga mereka merasakan nyeri yang luar biasa. Apalagi penyebab penyakit asam urat terkadang makanan yang kita sukai, mulai dari daging hingga makanan laut.

Namun jika nyeri asam urat terus berlanjut, yang harus kita lakukan adalah dengan mengambil obat untuk meredakannya. Bahkan, jika asam urat terus dibiarkan tanpa pengobatan atau tidak mengonsumsi makanan pantangan, bisa berakibat hal lainnya.

Salah satunya adalah pengaruhnya terhadap pendengaran, bahkan hingga menyebabkan ketulian. Mengapa penyakit ini bisa menyebabkan hal demikian?

Anda boleh bernapas lega, karena risiko ini akan lebih besar terjadi pada pasien lanjut usia atau lansia. Dan gangguan pendengaran ini akan berlangsun dalam kurun waktu 6 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita asam urat, menurut laporan yang diterbitkan di BMJ Open.

Mengingat bahwa gangguan pendengaran dan asam urat dicurigai berbagi beberapa patogenisitas, peneliti berusaha untuk menentukan apakah ada korelasi antara kedua kondisi ini.

Mereka menyatakan: "Kami berhipotesis bahwa peradangan terkait hiperurisemia dan jalur stres oksidatif berpotensi menghubungkan asam urat dengan risiko gangguan pendengaran, pada orang dewasa hingga yang lebih tua."

Studi kohort retrospektif termasuk sampel acak 5 persen dari semua klaim Medicare Amerika Serikat (dewasa = 65 tahun) antara 2006 dan 2012 dan memeriksa catatan dari total 1.716.438 pasien. Tingkat kejadian (IR) dan rasio bahaya (HR) dihitung untuk menentukan hubungan dan risiko.

Dalam kohort ini, 89.409 orang ditemukan memiliki gangguan pendengaran onset baru, menghasilkan IR mentah sebesar 16,9 per 1.000 orang-tahun untuk mereka dengan asam urat, dibandingkan dengan 8,7 per 1.000 orang dalam setahun untuk peserta tanpa asam urat.

Penyesuaian multivariat menggunakan analisis regresi untuk memperhitungkan pembaur potensial seperti komorbiditas, asam urat dan obat kardiovaskular, dan berbagai faktor demografi menentukan bahwa, asam urat masih terkait secara independen dengan gangguan pendengaran.

Kekuatan studi ini termasuk ukuran sampel yang besar, kejadian yang cukup, penyesuaian berganda, dan kekokohan dalam model sensitivitas. Keterbatasan studi termasuk generalisasi terbatas untuk orang dewasa yang lebih tua, bias misclassification potensial, desain observasional rentan terhadap kemungkinan sisa pembaur oleh variabel terukur, dan kurangnya penanda laboratorium untuk peradangan atau stres oksidatif yang mungkin membantu dalam identifikasi mekanisme patogenetik.

Ini adalah salah satu deskripsi pertama, dalam literatur hubungan antara asam urat dan gangguan pendengaran pada lansia. Para penulis mencatat bahwa, "Pengenalan dini gangguan pendengaran yang terkait dengan asam urat mungkin memiliki implikasi klinis yang bermakna."

Baca Juga: Ini Obat Asam Urat yang Sebabkan Kematian

Mereka merekomendasikan bahwa, penelitian masa depan memeriksa kemungkinan mekanisme penyakit umum, mengevaluasi faktor risiko, dan mengeksplorasi terapi untuk mengurangi gangguan pendengaran di hari tua.

Sumber: rheumatologyadvisor.com
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Asam Urat Ternyata Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran Hingga Tuli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel