Gejala Asam Urat yang Semakin Memburuk

Ilustrasi gejala asam urat
Ilustrasi gejala asam urat.
Ketika Anda memiliki asam urat, darah akan mengandung terlalu banyak asam urat, zat yang dibuat oleh tubuh Anda saat memecah makanan. Seiring waktu, asam urat terbentuk menjadi kristal, yang terkumpul di sekitar sendi.

Anda mungkin tidak akan merasakan gejala asam urat pada awalnya. Tetapi jika daerah itu meradang, serangan asam urat akan terjadi. Di mana terlihat dari pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit yang hebat.

Kondisi seperti ini tentu membuat kita kesulitaan untuk beraktivitas. Lalu apa saja gejala-gejala dari asam urat yang semakin memburuk? Berikut ulasannya.

Ketika Asam Urat Menjadi Masalah Jangka Panjang


Ketika kadar asam urat dalam darah Anda tetap terlalu tinggi, semakin banyak kristal terbentuk di sekitar sendi. Ini bisa berubah menjadi kondisi jangka panjang, yang mengarah kepada sendi yang semakin menyakitkan dan rusak.

Gejala asam urat akan berbeda untuk semua orang. Tapi tanda-tanda bahwa itu mungkin semakin parah, biasanya akan sama. Di antaranya:

Peradangan terjadi lebih sering dan berlangsung lebih lama. Seiring waktu, peradangan menyebabkan kerusakan permanen pada tulang dan tulang rawan.

Peradangan di bagian lain dari tubuh. Sekitar setengah dari penderita asam urat akan mengalami serangan pertama pada sendi di pangkal jempol kaki. Ketika asam urat memburuk, dapat mempengaruhi sendi lainnya, termasuk pergelangan kaki dan lutut.

Benjolan terbentuk di bawah kulit . Kristal asam urat dapat mulai terkumpul dalam jaringan lunak, membentuk gumpalan yang disebut tophi. Mereka sering muncul di tangan, jari, siku, dan telinga, tetapi dapat muncul hampir di mana saja di tubuh.

Masalah ginjal. Ginjal akan rutin mengeluarkan asam urat dalam tubuh. Tetapi terlalu banyak juga dapat merusak organ. Masalah ginjal terkait dengan asam urat - dan tanda-tanda bahwa asam urat semakin memburuk - termasuk batu ginjal dan gagal ginjal.

Apa yang Dapat Anda Lakukan


Jika Anda berpikir kondisi semakin parah, bicarakan dengan dokter. Dia akan memberi Anda obat untuk menjaga kadar asam urat Anda tetap rendah, dan mencoba mencegah serangan dan komplikasi di masa depan.

Salah satunya Allopurinol (Aloprim, Lopurin , Zyloprim ) yang akan mengobati asam urat kronis, dengan menurunkan kadarnya yang diproduksi di tubuh.

Febuxostat (Uloric) juga menurunkan produksi asam urat, tetapi harus digunakan dengan hati-hati jika Anda berisiko terkena penyakit jantung atau pembuluh darah.

Setelah Anda mulai meminum obat asam urat ini, Anda harus meminumnya seumur hidup. Sehingga asam urat tetap pada tingkat yang tepat.

Probenesid dan lesinurad ( Zurampic ) membantu tubuh menyingkirkan lebih banyak asam urat dalam urin Anda. Pegloticase (Krystexxa) dan rasburicase ( Elitek ) dapat memecah asam urat menjadi zat yang dapat dihilangkan oleh tubuh. Mereka hanya untuk asam urat yang sangat parah, yang tidak mempan dengan perawatan biasa.

Baca Juga: Satu Minuman Bantu Obati Nyeri Asam Urat dengan Cepat

Para ilmuwan juga menguji perawatan baru untuk asam urat kronis. Pada saat yang sama, para peneliti mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana tubuh membuat dan memecah asam urat. Wawasan dari penelitian ini dapat mengarah pada perawatan baru di masa depan.

Sumber: webmd.com
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Gejala Asam Urat yang Semakin Memburuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel