Kapan Harus Menggunakan Chaga, Raja Jamur Sebagai Obat

 Chaga si raja jamur dengan segudang manfaat
Chaga si raja jamur dengan segudang manfaat. Gambar: stethnews.com.
Jamur chaga adalah jamur obat yang populer, dan telah memiliki julukan seperti "hadiah dari Tuhan," "raja herbal," dan "raja jamur obat." Jamur ini tampak seperti arang bakar di bagian luar.

Warnanya berkarat, teksturnya seperti tanah ketika Anda memecahnya menjadi beberapa bagian. Tapi siapa sangka, jika jamur ini telah lama populer di Rusia dan Kanada. Dan telah dikonsumsi sebagai pengganti kopi atau teh.

Jamur chaga kerap dijadikan obat tradisional, di antaranya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjernihkan pikiran, detoksifikasi tubuh, meningkatkan daya tahan, meningkatkan produktivitas, dan menenangkan sakit perut dan bisul.

Lebih dari itu, chaga juga masih memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan jamur chaga yang akan Anda senang ketahui:

1. Chaga sebagai Superfood
Tidak pas rasanya jika raja jamur obat, jika tidak digunakan untuk apa-apa. Jamur Chaga sebenarnya adalah makanan super. Ini kaya vitamin dan mineral seperti: vitamin D, vitamin B2, magnesium, fosfor, betulin, pitosterol, kalsium, besi, sulfur, kalium, silikon, mangan, seng, kromium, tembaga, selenium, dan pitosterol.

2. Chaga Mengatur Sistem Kekebalan Tubuh
Chaga mengandung polisakarida penting dan polisakarida ini juga disebut "modulator respon biologis." Mereka adalah bahan kimia yang dapat menekan atau meningkatkan sistem kekebalan Anda, tergantung pada apa yang dibutuhkan tubuh. Tetapi mengapa Anda ingin sistem kekebalan Anda ditekan? Ini terjadi pada orang-orang yang mungkin memiliki penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang organ Anda sendiri.

Sebuah penelitian pada tahun 2005 mengungkapkan bahwa, jamur chaga memiliki penguat kekebalan yang kuat tanpa efek samping negatif. Ini berarti bahwa ketika tubuh Anda membutuhkannya, itu dapat meningkatkan respons imun dan memerangi penyakit dengan lebih efektif.

3. Chaga Mencegah Kanker
Kami tahu ini adalah klaim yang sangat berani, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa pitosterol dan kandungan beta-glucan polisakarida jamur chaga, dapat mengurangi kejadian kanker secara signifikan.

Zat kimia ini memiliki sifat berikut:

  • Meningkatkan produksi makrofag untuk secara alami membunuh sel-sel yang menyebabkan kanker
  • Mencegah pembentukan tumor dengan bertindak melawan karsinogen genotoksik
  • Meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker secara alami


Pada tahun 2016 sebuah studi mengetahui bahwa, ekstrak chaga dapat mengecilkan kanker sebanyak 60 persen.

4. Chaga sebagai Antiviral
Peran Chaga dalam meningkatkan sistem kekebalan Anda tidak dapat disangkal. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2015, telah ditunjukkan bahwa chaga memiliki efek positif terhadap human immunodeficiency virus (HIV). Studi lain menunjukkan efektivitasnya terhadap virus Hepatitis C dan bahkan herpes.

5. Chaga Meningkatkan Metabolisme
Chaga kaya akan betulin, senyawa yang tidak dapat dicerna dalam bentuk alami, tetapi dapat dicerna setelah diubah oleh jamur. Betulin terbukti secara dramatis menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ini juga membantu mencegah obesitas dan sensitivitas insulin dan dianggap lebih efektif daripada obat-obatan anti kolesterol saat ini, yang tersedia secara komersial.

6. Chaga Meningkatkan Kekuatan dan Ketahanan
Chaga telah lama populer di Rusia dan Kanada dan telah digunakan di sana untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan. Sebuah studi dalam Journal of Chinese Medicine pada tahun 2015 menunjukkan bahwa, tikus yang diberikan jamur ini mengalahkan rekan-rekan mereka dalam berenang. Para peneliti mengatakan bahwa jamur meningkatkan kemampuan subjek untuk memanfaatkan oksigen, dan mengurangi pembentukan asam laktat dalam aliran darah.

Baca Juga: Satu Sendok Makan Minyak Zaitun, Stroke dan Kanker Hilang

Cara Penggunaan Jamur Chaga

Jamur ini biasanya tersedia dalam bentuk serbuk. Anda cuku meminum secangkir teh jamur ini menjadi minuman:

  • Taruh satu sendok (atau dua, jika Anda suka rasa yang lebih kuat) bubuk Chaga
  • Rebus air dan tuangkan ke Chaga.
  • Taruh sesuatu di atas cangkir untuk menjaga teh tetap hangat dan biarkan mendidih selama 5-10 menit.
  • Tambahkan madu atau sirup maple
  • Nikmati!


Loading...

Belum ada Komentar untuk "Kapan Harus Menggunakan Chaga, Raja Jamur Sebagai Obat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel