10 Herbal Obat Darah Tinggi Alami yang Bekerja Cepat dan Efektif

Ilustrasi cek tekanan darah
Ilustrasi cek tekanan darah. Gambar: pixabay.com/geraldoswald62
Banyak orang dewasa di seluruh dunia yang berurusan dengan hipertensi, juga disebut tekanan darah tinggi. Dan mereka kerap mengonsumsi obat darah tinggi yang ada di apotek atau toko-toko obat terdekat.

Dikutip dari healthline.com, hampir setengah dari orang dewasa Amerika sekarang memiliki tekanan darah tinggi. Para ahli merekomendasikan, jika perubahan gaya hidup menjadi solusinya dan bukan dengan obat-obatan.

Namun jika terlanjur memiliki darah tinggi, maka ramuan herbal obat darah tinggi adalah solusinya. Apalagi saat ini banyak herbal obat darah tinggi yang secara teratur direkomendasikan oleh spesialis. Berikut adalah 10 herbal obat darah tinggi alami, yang kami kutip dari healthline.com:

1. Basil

Basil adalah rempah lezat yang biasa digunakan dalam berbagai makanan. Basil atau kemangi ini, juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Pada hewan pengerat, ekstrak basil telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, meskipun hanya sebentar. Eugenol kimia, yang ditemukan dalam kemangi, dapat menghalangi zat-zat tertentu yang mengencangkan pembuluh darah. Ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah.

Menambahkan basil segar ke dalam makanan Anda, tentu saja membuat tubuh lebih sehat. Simpan pot kecil dari tanaman ini di dapur Anda. Dan tambahkan daun segar untuk pasta, sup, salad, dan casserole.

2. Kayu Manis

Kayu manis adalah bumbu lezat lainnya yang harus dimasukkan dalam makanan harian Anda. Dan kayu manis dapat menjadi obat darah tinggi alami. Satu penelitian yang dilakukan pada hewan pengerat menunjukkan bahwa, ekstrak kayu manis menurunkan baik onset mendadak dan tekanan darah tinggi yang berkepanjangan.

Anda dapat memasukkan kayu manis dalam makanan Anda, dengan menaburkannya pada sereal sarapan, oatmeal, dan bahkan kopi. Saat makan malam, kayu manis meningkatkan cita rasa tumisan, kari, dan semur.

3. Kapulaga

Kapulaga adalah bumbu yang berasal dari India dan sering digunakan dalam masakan Asia Selatan. Sebuah penelitian kecil dari 20 orang yang menyelidiki efek kesehatan dari kapulaga menemukan bahwa, orang dengan tekanan darah tinggi mengalamu penurunan yang signifikan dalam pembacaan tekanan darah. Ini usai mereka setelah mengambil 1,5 gram bubuk kapulaga dua kali sehari, selama 12 minggu. Anda dapat memasukkan biji kapulaga atau bubuk dalam bumbu, sup dan semur, dan bahkan makanan yang dipanggang untuk rasa khusus. Dan manfaat kesehatan kapulaga untuk obat darah tinggi alami telah terbukti.

4. Biji rami

Biji rami kaya asam lemak omega-3, dan telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk obat darah tinggi alami. Sebuah tinjauan baru-baru ini menyarankan, untuk mengonsumsi 30–50 gram biji utuh per hari selama lebih dari 12 minggu, untuk mendapatkan manfaat terbaik. Biji rami dapat melindungi terhadap penyakit kardiovaskular aterosklerotik dengan mengurangi serum kolesterol, meningkatkan toleransi glukosa, dan bertindak sebagai antioksidan.

Anda dapat membeli banyak produk yang mengandung biji rami, tetapi lebih baik membeli biji rami utuh atau bubuk. Dan menambahkannya ke makanan rumahan. Bagian terbaik tentang biji rami adalah dapat dicampurkan ke hampir semua hidangan, mulai dari sup hingga smoothie.

5. Bawang putih

Bumbu dengan rasa menyengat ini bisa lebih dari sekadar memberi cita rasa pada makanan. Bawang putih memiliki kemampuan untuk menjadi obat darah tinggi alami dengan membantu meningkatkan zat dalam tubuh yang dikenal sebagai oksida nitrat. cat ini dapat menyebabkan pembuluh darah rileks dan melebar. Ini memungkinkan aliran darah lebih bebas, dan mengurangi tekanan darah.

Anda dapat menambahkan bawang putih segar ke sejumlah resep makanan favorit Anda. Jika rasanya terlalu kuat, panggang bawang putih terlebih dahulu. Dan jika Anda tidak bisa memakannya, Anda bisa mendapatkan bawang putih dalam bentuk suplemen.

6. Jahe

Jahe dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dalam penelitian pada hewan menunjukkan  peningkatan sirkulasi darah, dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah. Jahe adalah bahan serbaguna yang juga dapat ditambahkan ke makanan atau minuman.

7. Hawthorn

Hawthorn adalah obat darah tinggi alami, yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina selama ribuan tahun. Pada hewan pengerat, ekstrak hawthorn tampaknya memiliki banyak manfaat pada kesehatan kardiovaskular, termasuk membantu mengurangi tekanan darah, mencegah pengerasan arteri, dan menurunkan kolesterol. Anda dapat mengambil hawthorn sebagai pil, ekstrak cair, atau teh.

8. Biji seledri

Biji seledri adalah ramuan yang digunakan untuk membumbui sup, semur, casserole, dan hidangan gurih lainnya. Seledri telah lama digunakan untuk obat darah tinggi alami di China. Anda bisa menggunakan bijinya, atau bisa membuat jus dari seluruh tanaman. Para peneliti percaya bahwa, berbagai zat dalam seledri dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah.

9. Lavender Perancis

Aroma wewangian lavender yang indah, bukan satu-satunya aspek yang bermanfaat dari tanaman ini. Ekstrak Lavender telah terbukti menurunkan denyut jantung dan tekanan darah pada hewan pengerat. Meskipun tidak banyak orang berpikir untuk menggunakan lavender sebagai obat darah tinggi alami. Daunnya bisa digunakan dengan cara yang sama dengan Anda menggunakan rosemary.

10. Cakar kucing

Cakar kucing adalah obat herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional China, salah satunya obat darah tinggi alami. Studi tentang cakar kucing sebagai pengobatan untuk hipertensi pada hewan pengerat menunjukkan bahwa, cakar kucing dapat membantu mengurangi tekanan darah. Ia bekerja pada saluran kalsium di sel. Anda bisa mendapatkan cakar kucing dalam bentuk suplemen dari banyak toko makanan kesehatan alami.

Memahami tanda tekanan darah tinggi

Menurut American Heart Association, hampir setengah dari orang dewasa Amerika sekarang memiliki tingkat tekanan darah yang akan digambarkan sebagai tinggi. Sejumlah faktor berkontribusi terhadap peningkatan tekanan darah, seperti:


  • genetika
  • menekankan
  • diet
  • merokok
  • kurang olahraga

Karena umumnya tanpa gejala, hipertensi dikenal sebagai "silent killer". Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda secara teratur. Memiliki tekanan darah tinggi meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan, seperti:


  • serangan jantung
  • diabetes
  • gagal jantung
  • penyakit ginjal
  • kehilangan penglihatan
  • sindrom metabolik

Karena minimnya gejala, tekanan darah tinggi dapat menimbulkan kerusakan bahkan sebelum Anda menyadarinya. Jadi jangan mengabaikan pemeriksaan tekanan darah secara teratur. Kadang-kadang mengobati kondisi ini melibatkan obat-obatan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang pilihan pengobatan terbaik.


Penting untuk diingat bahwa tidak ada cukup bukti untuk merekomendasikan mengonsumsi suplemen herbal daripada obat resep untuk mengobati tekanan darah tinggi. Sangat sedikit studi dengan tumbuhan dan herbal yang telah dilakukan pada manusia. Penelitian belum mampu menetapkan efek samping, dosis, atau efek jangka panjang dari suplemen ini.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "10 Herbal Obat Darah Tinggi Alami yang Bekerja Cepat dan Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel