10 Minyak Esensial untuk Obat Asam Urat

Minyak esensial obat asam urat. Gambar: boldsky.com

Asam urat adalah sejenis radang sendi yang ditandai dengan serangan nyeri yang tiba-tiba dan hebat, bengkak, kemerahan dan nyeri di persendian, sering di sendi jempol kaki.


Kali ini, kita akan membahas minyak esensial yang bisa mengatasi rasa sakit tersebut.

Umumnya, asam urat mempengaruhi sendi-sendi jari kaki, tetapi juga dapat terjadi pada sendi-sendi tubuh lainnya seperti siku, pergelangan tangan, ibu jari, pergelangan kaki dan daun telinga. Asam urat terbentuk ketika kristal urat menumpuk di sendi, menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat.

Kristal asam urat terbentuk ketika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh Anda. Namun, menurut Arthritis Foundation, penyebab lain asam urat termasuk jenis kelamin, usia, gen, kondisi kesehatan, diet, obat-obatan, obesitas, alkohol, soda, dan operasi bypass.

Serangan asam urat sangat menyakitkan karena disertai dengan peradangan. Anda dapat menggunakan minyak esensial, untuk meringankan dan menghilangkan rasa sakit akibat asam urat. Berikut ini daftar minyak esensial untuk meredakan sakit asam urat.

1. Minyak Esensial Rosemary

Rosemary adalah ramuan dapur umum yang memiliki sifat obat. Minyak esensial rosemary memiliki sifat astringen, antibakteri, antioksidan, analgesik dan sifat anti-rematik yang sangat berguna dalam mengobati asam urat. Ketika minyak dioleskan pada kulit, dapat memanaskan area dan membuat saraf mati rasa untuk menghilangkan rasa sakit.

2. Minyak Esensial Kemenyan

Minyak esensial ini terutama digunakan untuk aromanya yang menenangkan dalam parfum dan dupa selama seribu tahun. Tapi, ketika para peneliti dari Departemen Farmakologi, Regional ResearchLaboratory menguji efek asam boswellic yang diekstraksi dari kemenyan pada peradangan, mereka menemukan bahwa itu memiliki efek anti-inflamasi pada asam urat. Kemenyan biasa diekstrak dari resin pohon Boswellia.

3. Minyak Esensial Basil

Basil telah digunakan sebagai ramuan obat selama bertahun-tahun dan memiliki beberapa manfaat kesehatan. Asam urat menyebabkan peradangan pada sendi yang menyebabkan sensasi terbakar, dan basil memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan pembengkakan dan peradangan. Serta mengurangi sensasi terbakar karena sifat pendinginannya.

4. Minyak Esensial Serai

Minyak atsiri serai membantu dalam mengobati asam urat karena sifat antimikroba dan antibakterinya. Sebuah studi 'Bioactivity analysis of sereh (Cymbopogon citratus) essential oil' diterbitkan dalam International Food Research Journal yang menyatakan bahwa, minyak esensial ini dapat mengurangi kadar asam urat ketika dikonsumsi.

5. Minyak Esensial Thyme

Thyme memiliki aroma yang enak dan menambah citarasa untuk memasak. Minyak atsiri thyme dikenal memiliki beberapa senyawa seperti asam ursolat dan oleanolic, yang menunjukkan sifat anti-inflamasi dan flavonoid. Ini membantu dalam menurunkan peradangan dengan menghambat oksida nitrat, sebuah molekul yang meningkatkan peradangan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy and Farmacology.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan dan dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan. Di wilayah Mediterania, minyak zaitun extra virgin dianggap sebagai obat tradisional untuk asam urat dan rheumatoid arthritis karena mengandung polifenol seperti oleocanthal, oleuropein, hydroxytyrosol dan lignan.

7. Minyak Esensial Chamomile

Ekstrak Chamomile memiliki senyawa flavonoid seperti quercetin, luteolin, dan apigenin yang memiliki sifat anti-inflamasi. Ini juga memiliki sifat analgesik yang secara efektif dapat mengurangi sakit asam urat, sehingga memberikan bantuan dari asam urat.

8. Minyak Jahe

Minyak Jahe digunakan baik sebagai bumbu dan sebagai obat. Ia memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan anti-asam urat yang dapat mengurangi kadar asam urat dan mencegah serangan di masa depan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology. Hanya encerkan minyak esensial jahe dengan minyak pengencer dan oleskan pada area di mana asam urat terasa.

9. Minyak Biji Seledri

Menurut sebuah penelitian, 'Kombinasi terapi anti-inflamasi: sinergisme pada tikus NSAID / kortikosteroid dengan beberapa produk herbal / hewan', minyak biji seledri India bertindak dengan meningkatkan efek obat asam urat seperti obat anti-inflamasi non-steroid dan kortikosteroid . Minyak memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi pembengkakan.

10. Minyak Esensial Tea Tree

Minyak esensial tea tree memiliki sifat antimikroba dan antijamur, yang sempurna untuk menjadi obat asam urat. Campurkan tea tree essential oil dengan minyak pengencer dan aplikasikan secara topikal pada area tersebut, ini mengurangi kepanikan pada ujung saraf yang meradang sehingga mengurangi nyeri gout.

Tips Untuk Menggunakan Minyak Esensial

Selalu encerkan minyak esensial dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak jojoba. Jangan pernah mengoleskan minyak esensial langsung pada kulit.

Untuk menguji apakah Anda memiliki reaksi alergi terhadap minyak esensial tertentu, gunakan sedikit campuran minyak di tangan Anda dan tunggu selama dua hari untuk memeriksa hasilnya. Baca Juga: Diet DEBM untuk Menghilangkan Sakit Akibat Asam Urat

Hindari mengonsumsi minyak esensial secara oral karena banyak dari mereka beracun. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum menggunakan minyak esensial, karena dapat mengganggu obat yang diresepkan.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "10 Minyak Esensial untuk Obat Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel