3 Obat Asam Urat Alami Alternatif yang Sudah Teruji Medis

Asam urat yang menumpuk di kaki
Asam urat yang menumpuk di kaki. Gambar: healthline.com
Asam urat adalah bentuk arthritis yang umum dan kompleks, yang dapat menyerang siapa saja. Ini ditandai dengan serangan nyeri yang hebat secara tiba-tiba, pembengkakan, kemerahan dan nyeri di persendian, seringkali sendi di pangkal jempol kaki.

Serangan asam urat dapat terjadi tiba-tiba, bahkan sering membangunkan Anda di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Sendi yang terkena biasanya terasa panas, bengkak dan begitu lembut.

Gejala asam urat juga biasanya datang dan pergi, tetapi ada cara-cara untuk mengelola gejala dan mencegah bengkak. Seperti dengan obat asam urat alami alternatif berikut ini, yang sudah teruji secara medis. Apa saja itu?

Obat Asam Urat Alami Alternatif


Dikutip dari mayoclinic.org, ada perawatan dan obat asam urat yang tidak bekerja sebaik yang Anda harapkan. Tetapi Anda mungkin tertarik untuk mencoba pendekatan alternatif ini. Sebelum mencoba perawatan semacam itu sendiri, bicaralah dengan dokter Anda.

Tetapi makanan-makanan tertentu telah dibuktikan secara medis karena potensinya untuk menjadi obat asam urat alami. Sekaligus menurunkan kadar asam urat dalam darah, di antaranya termasuk:

Kopi

Penelitian telah menemukan hubungan antara minum kopi - baik kopi biasa maupun tanpa kafein - dan kadar asam urat yang lebih rendah. Meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan, bagaimana atau mengapa kopi memiliki efek seperti itu.

Tapi ada bukti, jika kopi bisa menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Hal ini sekaligus obat asam urat yang cukup efektif. Namun perlu diketahui bahwa, minum kopi dalam sehari tidak boleh lebih daro 3 gelas. Itu pun jangan memakaii gula sebagai pemanis. Ini juga memberi petunjuk kepada para peneliti, tentang cara-cara baru mengobati asam urat di masa depan.

Vitamin C

Suplemen yang mengandung vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah Anda. Namun, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin C mempengaruhi frekuensi atau keparahan serangan asam urat.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang berapa dosis vitamin C yang wajar. Dan jangan lupa bahwa Anda dapat meningkatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan, terutama jeruk.

Ceri

Ceri telah diakui mampu menurunkan kadar asam urat, serta mengurangi jumlah serangan asam urat. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi hal ini. Makan lebih banyak ceri dan minum ekstrak ceri, dapat menjadi cara yang aman untuk menjadi obat asam urat alami. Tetapi diskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Perawatan pengobatan komplementer dan alternatif lainnya dapat membantu Anda mengatasi nyeri asam urat dan membuatnya reda. Misalnya, teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan dalam dan meditasi, dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari rasa sakit akibat asam urat.

Anda juga harus tahu 9 Penyebab Asam Urat yang Sering Disepelekan.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "3 Obat Asam Urat Alami Alternatif yang Sudah Teruji Medis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel