Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi Ini Bisa Sebabkan Kanker Paru-paru

Obat tekanan darah tinggi
Obat tekanan darah tinggi. Gambar: dailymail.co.uk
Setiap hari jutaan orang meminum obat tekanan darah tinggi. Tujuannya agar terhindar dari risiko yang mematikan. Tekanan darah tinggi juga bisa memicu penyakit berbahaya lainnya, seperti strok dan serangan jantung.

Tapi ternyata ada satu obat yang kerap digunakan oleh jutaan orang, dan ternyata bisa menyebabkan dan meningkatkan risiko kanker paru-paru. Bahkan obat tekanan darah tinggi ini tersebar di seluruh dunia.

Para ilmuwan percaya bahwa, efek samping obat ini menyebabkan akumulasi bahan kimia yang disebut bradikinin di paru-paru. Dan pada gilirannya menyebabkan kanker. Obat tekanan darah tinggi apa yang dimaksudkan?

Dikutip dari Daily Mail, jutaan pasien yang menggunakan inhibitor ACE, 14 persen akan mengembangkan kanker paru-paru, daripada mereka yang menggunakan obat jenis lain.

Risikonya akan terus meningkat, saat pasien terus menerus menggunakan obat yang satu ini. Mereka yang meminum selama lima tahun, sekitar 22 persen akan mendapatkan kanker paru-paru. Dan terus meningkat menjadi 31 persen, jika diminum selama sepuluh tahun.

Tetapi para ahli lain meragukan temuan tersebut, dan menunjukkan bahwa kanker paru-paru bisa dengan mudah disebabkan oleh pasien yang juga merokok.

Hingga lima juta pasien di Inggris diresepkan inhibitor ACE, dan mereka biasanya meminum untuk obat tekanan darah tinggi atau setelah serangan jantung.


Obat-obatan yang mengandung ACE yang paling umum adalah, ramipril, yang diresepkan lebih dari 27 juta kali di Inggris pada tahun 2017.

Merek obat yang lainnya adalah Altace, yang dipasarkan di Amerika Serikat. Di mana angka-angka menunjukkan, ada sekitar 163 juta resep untuk inhibitor ACE setiap tahunnya.

Nama umum lainnya untuk obat termasuk captopril, cilazapril dan enalapri.

Zat ini bekerja dengan mengurangi aktivitas enzim angiotensin-converting, untuk jangka pendek. Dengan memblokir enzim ini, pembuluh darah rileks dan melebar, sehingga tekanan darah turun.

Diperkirakan ada 103 juta orang dewasa di Amerika Serikat, yang hampir setengah dari populasi orang dewasa, memiliki tekanan darah tinggi, menurut statistik tahun ini dari American Heart Association.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di McGill University di Montreal, Quebec, di Kanada. Mereka juga menyerukan 'studi tambahan, dengan tindak lanjut jangka panjang, untuk menyelidiki efek dari obat-obatan ini pada kejadian kanker paru-paru'.

Mereka mengatakan bahwa meskipun 14 persen peningkatan risiko mungkin tidak tampak sangat banyak, 'efek relatif kecil dapat diterjemahkan ke dalam jumlah absolut besar pasien yang berisiko untuk kanker paru-paru'.

Namun, Profesor Stephen Evans, seorang ahli efek obat-obatan di Sekolah Kesehatan dan Obat-obatan Tropis London, mengatakan tidak mungkin obat darah tinggi itu menyebabkan kanker paru-paru.

"Menarik kesimpulan yang kuat dan berbicara tentang dampak kesehatan masyarakat dalam situasi ini tampaknya terlalu dini," katanya.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi Ini Bisa Sebabkan Kanker Paru-paru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel