Bagaimana Cara Cepat Menurunkan Gula Darah yang Tinggi?

Ilustrasi cek gula darah
Ilustrasi cek gula darah. Gambar: TesaPhotography
Memahami kadar gula darah di dalam tubuh, menjadi bagian penting dari kesehatan. Apalagi gula darah kerap terkait dengan penyakit yang berbahaya, salah satunya diabetes yang bisa memicu komplikasi penyakit lainnya.

Kadar gula darah bormal biasanya berada di kisaran 70-130 mg/dL itu jika belum makan. Dan dua jam setelah makan, akan meningkat ke kisaran 180 mg/dL. Setelah tidak makan dalam kurun waktu 8 jam, akan berada kurang dari 100 mg/dL.

Namun akan berbeda, jika Anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbihidrat tinggi. Gula darah akan naik sangat tinggi di batas normal. Nah untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh ini ternyata tidak sulit. Bagaimana?

Dikutip dari diabetesforecast.org, ahli kesehatan yang mengkhususkan dirinya untuk diabetes Christy L. Parkin, MSN, RN, CDE, merespons:

Sebelum memutuskan bagaimana cara menurunkan kadar gula darah tinggi, penting untuk mencari tahu mengapa bisa tinggi. Beberapa penyebab yang mungkin termasuk adalah makan makanan berat, tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup, penyakit dan stres.

Untuk obat penurun gula darah tinggi yang paling populer adalah insulin. Obat ini akan menurunkan gula darah dengan cepat. Namun itu biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes, baik itu tipe 1 maupun 2.

Terlepas dari suntikan insulin, cara tercepat untuk menurunkan glukosa darah Anda adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Berolahraga menghasilkan peningkatan kepekaan terhadap insulin. Ini menyebabkan sel-sel otot Anda mengambil lebih banyak gula darah, menyisakan sedikit untuk bersirkulasi dalam aliran darah Anda selama dan setelah aktivitas fisik.

Olahraga teratur sangat penting untuk mengontrol gula darah yang tinggi, tidak peduli apakan Anda memiliki diabetes atau tidak.


Jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter, sebelum melakukan perubahan besar pada rutinitas olahraga untuk penderita diabetes. Dan, jika Anda memiliki diabetes tipe 1 dan gula darah Anda adalah 250 mg / dl atau lebih tinggi, periksa keton urin. Anda tidak boleh berolahraga jika ada keton.

Berolahraga adalah cara yang bagus untuk menurunkan gula darah dengan segera. Ingatlah bahwa, aktivitas fisik harus menjadi bagian dari gaya hidup.

Salah satu olahraga ringan dan mudah dilakukan adalah dengan berjalan kaki. Lakukan setidaknya satu jam dalam sehari untuk berjalan kaki.

Selain sehat, jalan kaki juga sangat penting dalam mengelola berat badan yang ideal. Bahkan bisa menurunkan berat badan, jika dilakukan dengan teratur.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Cepat Menurunkan Gula Darah yang Tinggi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel