Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Tinggi dan Hindari Diabetes dengan Kayu Manis

kayu manis
Kayu manis. Gambar: Pixabay.com/ExplorerBob
Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan gula darah tinggi yang abnormal. Jika tidak terkontrol, dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, penyakit ginjal dan kerusakan saraf.

Perawatan di antaranya termasuk obat dan suntikan insulin. Tetapi banyak orang juga tertarik pada makanan, yang dapat membantu menurunkan gula darah.

Salah satu contohnya adalah kayu manis. Rempah-rempah yang biasa digunakan yang ditambahkan ke hidangan manis dan gurih ini, bisa kita temukan di seluruh dunia. Lalu bagaimana cara menurunkan kadar gula darah dengan kayu manis?

Tanaman ini memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk menurunkan gula darah dan membantu mengelola diabetes.

Apa itu Kayu Manis?

Kayu manis adalah rempah-rempah yang berasal dari kulit beberapa spesies pohon Cinnamomum.

Meskipun Anda dapat mengaitkan kayu manis dengan roti gulung atau sereal sarapan, sebenarnya ini telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional dan pengawetan makanan.

Untuk mendapatkan kayu manis, kulit kayu pohon Cinnamomum harus dikupas.

Kulit kayu kemudian mengalami proses pengeringan, yang menyebabkannya mengkerut dan menghasilkan batang kayu manis, atau duri, yang dapat diproses lebih lanjut menjadi bubuk kayu manis.

Beberapa varietas kayu manis yang berbeda dijual di dunia seperti Amerika Serikat, biasanya dikategorikan kepada dua jenis yang berbeda:

Ceylon: Juga disebut "kayu manis asli," itu jenis yang paling mahal.
Cassia: Lebih murah dan ditemukan di sebagian besar produk makanan yang mengandung kayu manis.

Sementara kedua jenis dijual sebagai kayu manis, ada perbedaan penting antara keduanya, yang akan dibahas nanti dalam artikel ini.

Mengandung Antioksidan yang Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan


Sekilas fakta nutrisi kayu manis, mungkin tidak membuat Anda percaya bahwa itu adalah makanan super.

Tetapi meskipun tidak mengandung banyak vitamin atau mineral, ia mengandung banyak antioksidan, yang memberikan manfaat kesehatannya.

Bahkan, satu kelompok ilmuwan membandingkan kandungan antioksidan dari 26 herbal dan rempah-rempah yang berbeda. Dan menyimpulkan bahwa, kayu manis memiliki jumlah antioksidan tertinggi kedua di antara mereka - setelah cengkeh.

Antioksidan penting karena membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, sejenis kerusakan sel, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Satu studi menunjukkan bahwa, mengkonsumsi 500 mg ekstrak kayu manis setiap hari selama 12 minggu efektif menurunkan penanda stres oksidatif sebesar 14% pada orang dewasa dengan pradiabetes.

Ini signifikan, karena stres oksidatif telah terlibat dalam pengembangan hampir setiap penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Dapat Meniru Insulin dan Meningkatkan Sensitivitasnya


Pada mereka yang menderita diabetes, pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau sel tidak merespon insulin dengan benar, yang menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Kayu manis dapat membantu menurunkan gula darah dan melawan diabetes, dengan meniru efek insulin dan meningkatkan transportasi glukosa ke dalam sel.

Ini juga dapat membantu menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, membuat insulin lebih efisien dalam memindahkan glukosa ke dalam sel.

Satu penelitian terhadap tujuh pria menunjukkan bahwa, mengonsumsi kayu manis meningkatkan sensitivitas insulin segera setelah konsumsi, dengan efek berlangsung setidaknya 12 jam.

Dalam penelitian lain, delapan pria juga menunjukkan peningkatan sensitivitas insulin, setelah dua minggu suplementasi dengan kayu manis.

Ini Menurunkan Gula Darah Puasa dan Dapat Menurunkan Hemoglobin A1c

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, kayu manis sangat baik untuk mengurangi gula darah terutama saat puasa.

Satu review dari 543 orang dengan diabetes tipe 2 yang ditemukan mengambil itu, terkait dengan penurunan rata-rata lebih dari 24 mg / dL (1,33 mmol / L).

Sementara hasil penelitian ini cukup jelas, penelitian yang menyelidiki efeknya pada hemoglobin A1c, ukuran kontrol gula darah jangka panjang, telah menghasilkan hasil yang bertentangan.

Beberapa penelitian melaporkan penurunan yang signifikan dalam hemoglobin A1c, sementara yang lain melaporkan tidak berpengaruh.

Ini Menurunkan Gula Darah Setelah Makan


Tergantung pada ukuran makanan dan berapa banyak karbohidrat yang Anda makan. Tetapi kadar gula darah dapat meningkat secara dramatis setelah Anda makan.

Fluktuasi gula darah ini dapat meningkatkan tingkat stres oksidatif dan peradangan, yang cenderung melakukan banyak kerusakan pada sel-sel tubuh dan menempatkan Anda pada risiko penyakit kronis.

Kayu manis dapat membantu menjaga lonjakan gula darah ini setelah makan. Beberapa peneliti mengatakan, hal ini dilakukan dengan memperlambat laju pengosongan makanan dari perut.

Satu studi menemukan bahwa mengkonsumsi 1,2 sendok teh (6 gram) kayu manis dengan porsi puding beras menyebabkan pengosongan perut lebih lambat dan menurunkan peningkatan gula darah kemudian makan puding nasi tanpa itu.

Penelitian lain menunjukkan bahwa, kayu manis dapat menurunkan gula darah setelah makan, dengan memblokir enzim pencernaan yang memecah karbohidrat di usus kecil.

Ini juga dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes umum.

Orang dengan diabetes memiliki risiko dua kali lipat penyakit jantung dibandingkan orang yang tidak memilikinya. Kayu manis dapat membantu menurunkan risiko ini dengan meningkatkan faktor risiko penyakit jantung.

Sebuah tinjauan studi terkontrol pada orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa mengkonsumsi kayu manis dikaitkan dengan penurunan rata-rata kolesterol "jahat" LDL sebesar 9,4 mg / dL (0,24 mmol / L) dan penurunan trigliserida 29,6 mg / dL (0,33 mmol / L) (9).

Ini juga melaporkan peningkatan rata-rata 1,7 mg / dL (0,044 mmol / L) pada kolesterol HDL "baik".

Selanjutnya, penelitian lain menemukan bahwa suplementasi dengan dua gram kayu manis selama 12 minggu, secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Menariknya, diabetes juga telah semakin terlibat dalam perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia lainnya, dengan banyak orang sekarang mengacu pada penyakit Alzheimer sebagai "diabetes tipe 3".

Studi menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat menurunkan kemampuan dua protein - beta-amyloid dan tau - untuk membentuk plak dan menghambat, yang secara rutin terkait dengan perkembangan penyakit Alzheimer.

Ceylon vs Cassia: Mana yang Lebih Baik?

Kayu manis biasanya dikelompokkan menjadi dua jenis yang berbeda - Ceylon dan Cassia.

Kayu manis Cassia dapat berasal dari beberapa spesies pohon Cinnamomum yang berbeda. Ini umumnya murah dan ditemukan di sebagian besar produk makanan dan lorong rempah-rempah toko kelontong.

Kayu manis Ceylon, di sisi lain, secara khusus berasal dari pohon verum Cinnamomum. Ini biasanya lebih mahal dan kurang umum daripada Cassia, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis Ceylon mengandung lebih banyak antioksidan.

Karena mengandung lebih banyak antioksidan, mungkin kayu manis Ceylon dapat memberikan lebih banyak manfaat kesehatan.

Namun demikian, meskipun beberapa hewan dan uji tabung telah menyoroti manfaat kayu manis Ceylon, sebagian besar penelitian menunjukkan manfaat kesehatan pada manusia telah menggunakan varietas Cassia.

Beberapa Harus Berhati-hati Dengan Kayu Manis


Kayu manis Cassia tidak hanya lebih rendah dalam antioksidan, itu juga tinggi dalam zat yang berpotensi berbahaya yang disebut coumarin, zat organik yang ditemukan di banyak tanaman.

Beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa coumarin dapat menjadi racun bagi hati, yang menyebabkan kekhawatiran bahwa ia dapat menyebabkan kerusakan hati pada manusia juga.

Dengan demikian, Otoritas Keamanan Makanan Eropa telah mengatur asupan harian yang dapat ditoleransi untuk coumarin pada 0,045 mg per pon (0,1 mg / kg).

Menggunakan tingkat rata-rata coumarin untuk kayu manis Cassia, ini akan setara dengan sekitar setengah sendok teh (2,5 gram) kayu manis Cassia per hari untuk individu 165 pon (75 kg).

Seperti yang Anda lihat, kayu manis Cassia sangat tinggi dalam coumarin, dan Anda dapat dengan mudah mengonsumsi lebih dari batas atas dengan mengonsumsi suplemen kayu manis Cassia atau bahkan memakannya dalam jumlah besar dalam makanan.

Namun, kayu manis Ceylon mengandung jumlah koumarin yang jauh lebih sedikit. Dan akan sulit untuk mengkonsumsi lebih banyak, daripada jumlah yang disarankan dari coumarin dengan tipe ini.

Selain itu, penderita diabetes yang mengonsumsi obat atau insulin harus berhati-hati, saat menambahkan kayu manis ke dalam rutinitas sehari-hari mereka.

Penambahan kayu manis di atas perawatan Anda saat ini dapat menempatkan Anda pada risiko gula darah rendah, yang dikenal sebagai hipoglikemia.

Hipoglikemia adalah kondisi yang berpotensi mengancam nyawa, dan dianjurkan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang memasukkan kayu manis ke dalam manajemen diabetes Anda.

Terakhir, anak-anak, wanita hamil dan orang lain dengan riwayat medis yang luas harus berbicara dengan dokter mereka untuk melihat apakah manfaat kayu manis lebih besar daripada risikonya.

Berapa Banyak yang Harus Anda Konsumsi?


Manfaat kayu manis untuk menurunkan gula darah telah dipelajari dengan baik.

Namun meskipun demikian, tidak ada konsensus yang dicapai mengenai seberapa banyak yang harus Anda konsumsi untuk menuai manfaat sambil menghindari potensi risiko.

Penelitian biasanya menggunakan 1-6 gram per hari, baik sebagai suplemen atau bubuk yang ditambahkan ke makanan.

Satu penelitian melaporkan bahwa gula darah orang yang mengonsumsi 1, 3 atau 6 gram setiap hari, semuanya menurun dengan jumlah yang sama (26).

Mengingat bahwa orang dengan dosis terkecil melihat manfaat yang sama seperti pada dosis terbesar, mungkin tidak perlu mengambil dosis besar.

Selain itu, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan kumarin kayu manis Cassia dapat bervariasi. Oleh karena itu, akan bijaksana untuk tidak melebihi 0,5-1 gram per hari, untuk menghindari melebihi asupan harian coumarin yang dapat ditolerir.

Peringatan lebih sedikit dapat diambil dengan kayu manis Ceylon. Mengkonsumsi hingga 1,2 sendok teh (6 gram) setiap hari, masih aman dari coumarin.

Garis Bawahi


Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah, dan membantu mengelola komplikasi diabetes yang umum, di antara manfaat kesehatan lainnya.

Jika ingin mengambil suplemen kayu manis atau menambahkannya ke makanan untuk membantu menurunkan gula darah, akan lebih bijaksana untuk menggunakan Ceylon daripada Cassia.

Mungkin lebih mahal, tetapi kayu manis Ceylon mengandung lebih banyak antioksidan, dan jumlah coumarin yang lebih rendah, yang berpotensi menyebabkan kerusakan hati.

Ini mungkin yang terbaik untuk tidak melebihi 0,5-1 gram Cassia setiap hari, tetapi mengambil hingga 1,2 sendok teh (6 gram) setiap hari kayu manis Ceylon harus aman.

Sumber: healthline.com
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Tinggi dan Hindari Diabetes dengan Kayu Manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel