7 Khasiat Buah Kesemek Kering, Salah Satunya Baik untuk Ibu Hamil

buah kesemek
Buah kesemek. Pixabay.com
Berasal dari China, pohon kesemek telah ditanam selama ribuan tahun karena buahnya yang lezat dan kayu yang indah.

Buah-buahan berwarna oranye yang disebut kesemek ini dikenal karena rasanya yang manis, seperti madu. Sementara, ada ratusan jenis varietas, Hachiya dan Fuyu adalah yang paling populer di antaranya.

Buah kesemek Hachiya yang berbentuk hati, memiliki zat yang disebut tanin, yang memberikan buah ini rasa pahit ketika kering. Dan kesemek jenis ini harus sepenuhnya matang sebelum makan.

Sementara kesemek Fuyu yang juga mengandung tanin, memiliki bentuk tomat. Dan dapat dinikmati meskipun tidak sepenuhnya matang.

Kesemek dapat dimakan segar, kering atau dimasak. Dan umumnya digunakan di seluruh dunia dalam bentuk jeli, minuman, pie, kari dan puding. Tidak hanya lezat, mereka juga mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk ibu hamil.

Berikut adalah 7 manfaat dari kesemek, termasuk bagaimana mengonsumsinya ke dalam makanan Anda.

1. Memiliki Kandungan Nutrisi Tinggi

Meskipun ukurannya kecil, kesemek dikemas dengan jumlah nutrisi yang mengesankan. Bahkan, satu kesemek (168 gram) mengandung:

Kalori: 118
Karbohidrat: 31 gram
Protein: 1 gram
Lemak: 0,3 gram
Serat: 6 gram
Vitamin A: 55% dari kebutuhan harian
Vitamin C: 22% dari kebutuhan harian
Vitamin E: 6% dari kebutuhan harian
Vitamin K: 5% dari kebutuhan harian
Vitamin B6 (pyridoxine): 8% dari kebutuhan harian
Kalium: 8% dari kebutuhan harian
Tembaga: 9% dari kebutuhan harian
Mangan: 30% dari kebutuhan harian
Kesemek juga merupakan sumber yang baik dari thiamin (B1), riboflavin (B2), folat, magnesium dan fosfor.

Buah-buahan berwarna-warni ini rendah kalori dan sarat dengan serat, yang membuatnya cocok untuk menurunkan berat badan.

Hanya satu kesemek mengandung lebih dari setengah asupan vitamin A yang disarankan, vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh, penglihatan dan perkembangan janin.

Selain vitamin dan mineral, kesemek mengandung beragam senyawa tanaman, termasuk tanin, flavonoid, dan karotenoid, yang dapat berdampak positif bagi kesehatan Anda.

Daun buah kesemek juga tinggi vitamin C, tanin dan serat, serta bahan umum dalam teh terapeutik.

2. Sumber Yang Sangat Baik dari Antioksidan Kuat

Kesemek mengandung senyawa tanaman bermanfaat yang memiliki kualitas antioksidan.

Antioksidan membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel, dengan menangkal stres oksidatif. Sebuah proses yang dipicu oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit kronis tertentu, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker dan kondisi neurologis seperti Alzheimer.

Untungnya, mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti kesemek, dapat membantu melawan stres oksidatif dan dapat menurunkan risiko penyakit kronis tertentu.

Diet tinggi flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di kulit dan daging dari kesemek, telah dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari penyakit jantung, penurunan mental yang berkaitan dengan usia dan kanker paru-paru.

Kesemek juga kaya akan antioksidan karotenoid seperti beta-karoten, pigmen yang ditemukan dalam banyak buah dan sayuran berwarna cerah.

Studi mengaitkan, diet tinggi beta-karoten dengan risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker kolorektal, dan penyakit metabolik yang lebih rendah.

Selain itu, sebuah penelitian di lebih dari 37.000 orang menemukan bahwa, mereka dengan asupan diet tinggi beta-karoten secara signifikan mengurangi diabetes tipe 2.

3. Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, dan berdampak negatif terhadap kehidupan jutaan orang.

Untungnya, sebagian besar jenis penyakit jantung dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko, seperti mengurangi makanan yang tidak sehat.

Kombinasi nutrisi yang kuat yang ditemukan dalam kesemek, membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Kesemek mengandung antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol.

Mengkonsumsi makanan tinggi flavonoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, dalam beberapa penelitian.

Sebagai contoh, sebuah penelitian di lebih dari 98.000 orang menemukan mereka dengan asupan flavonoid tertinggi memiliki 18% lebih sedikit kematian, akibat masalah yang berhubungan dengan jantung, dibandingkan dengan mereka dengan asupan terendah.

Makanan tinggi flavonoid dapat mendukung kesehatan jantung, dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol LDL “buruk” dan mengurangi peradangan.

Terlebih lagi, tanin yang terdapat dalam kesemek yang belum matang, dapat menurunkan tekanan darah.

Banyak penelitian pada hewan menunjukkan bahwa, asam tannic dan asam galat, keduanya ditemukan dalam kesemek, efektif menurunkan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

4. Dapat Membantu Mengurangi Peradangan

Kondisi seperti penyakit jantung, radang sendi, diabetes, kanker dan obesitas semuanya terkait dengan peradangan kronis.

Untungnya, memilih makanan yang tinggi dalam senyawa anti-inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit.

Kesemek adalah sumber yang sangat baik dari antioksidan vitamin C. Bahkan, satu kesemek mengandung 20% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Vitamin C membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, dan memerangi peradangan dalam tubuh.

Vitamin C mengurangi kerusakan radikal bebas dengan menyumbangkan elektron ke molekul yang tidak stabil ini. Sehingga menetralkan mereka dan mencegah mereka dari menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Protein C-reaktif dan interleukin-6 adalah zat yang diproduksi oleh tubuh, sebagai reaksi terhadap peradangan.

Sebuah studi delapan minggu di 64 orang gemuk menemukan bahwa, suplementasi dengan 500 mg vitamin C dua kali sehari, secara signifikan mengurangi tingkat protein C-reaktif dan interleukin-6.

Plus, penelitian besar telah mengaitkan asupan makanan yang lebih tinggi dari vitamin C untuk mengurangi risiko kondisi peradangan seperti penyakit jantung, kanker prostat dan diabetes.

Kesemek juga mengandung karotenoid, flavonoid, dan vitamin E, yang semuanya merupakan antioksidan kuat yang melawan peradangan dalam tubuh.

5. Kaya Serat

Memiliki terlalu banyak kolesterol, terutama kolesterol LDL, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan serangan jantung.

Makanan tinggi serat larut, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, dengan membantu tubuh mengeluarkan kelebihan jumlah itu.

Kesemek adalah buah berserat tinggi yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL.

Satu studi menemukan bahwa, orang dewasa yang mengkonsumsi kue batangan yang mengandung serat kesemek tiga kali sehari selama 12 minggu, mengalami penurunan kolesterol LDL yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang makan bar yang tidak mengandung serat kesemek.

Serat juga penting untuk buang air besar secara teratur, dan dapat membantu mengurangi kadar gula darah tinggi.

Makanan kaya serat larut seperti kesemek lambat di pencernaan. Sehingga karbohidrat dan gula akan diserap lebih lambat, yang membantu mencegah lonjakan gula darah.

Sebuah penelitian pada 117 orang dengan diabetes menunjukkan bahwa, peningkatan konsumsi serat makanan terlarut menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kadar gula darah.

Ditambah, serat membantu menjadi bahan bakar bakteri "baik" di usus Anda, yang dapat berdampak positif terhadap kesehatan pencernaan dan tubuh secara keseluruhan.

6. Mendukung Penglihatan yang Sehat

Kesemek menyediakan banyak vitamin A dan antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Faktanya, satu kesemek mengandung 55% dari asupan vitamin A yang direkomendasikan.

Vitamin A mendukung fungsi membran konjungtiva dan kornea. Selain itu, ini merupakan komponen penting dari rhodopsin, protein yang diperlukan untuk penglihatan normal.

Kesemek juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan antioksidan karotenoid yang meningkatkan penglihatan sehat.

Zat-zat ini ditemukan dalam tingkat tinggi di retina, lapisan jaringan yang peka cahaya di bagian belakang mata.

Diet kaya lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko penyakit mata tertentu, termasuk degenerasi makula terkait usia, penyakit yang berdampak pada retina dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Bahkan, sebuah studi di lebih dari 100.000 orang menemukan bahwa, mereka yang mengkonsumsi jumlah tertinggi lutein dan zeaxanthin, memiliki risiko 40% lebih rendah untuk mengembangkan degenerasi makula terkait usia, daripada mereka yang mengkonsumsi jumlah yang paling sedikit.

7. Enak dan Mudah Ditambahkan ke Makanan Anda

Kesemek dapat ditambahkan ke berbagai hidangan untuk memberikan dorongan tambahan nutrisi.

Buah-buahan ini dapat dinikmati segar sebagai camilan, atau digunakan dalam resep yang lezat. Bahkan, kesemek bisa disandingkan baik dengan makanan manis maupun gurih.

Berikut beberapa cara untuk menambahkan kesemek ke dalam makanan Anda:


  • Iris kesemek ke dalam salad untuk tambahan aroma.
  • Tambahkan kesemek ke yogurt atau oatmeal di pagi Anda untuk tambahan rasa manis alami.
  • Panggang kesemek di oven dan taburi dengan madu untuk pencuci mulut yang lezat dan sehat.
  • Campurkan kesemek kering atau segar ke dalam campuran muffin, roti atau kue.
  • Kombinasikan dengan buah beri dan buah jeruk untuk salad buah yang lezat.
  • Siapkan kesemek dan sajikan dengan Brie panggang untuk hidangan pembuka yang lezat.
  • Panggang kesemek dengan ayam atau daging untuk kombinasi rasa yang unik.
  • Tambah kesemek beku ke resep smoothie favorit Anda untuk nutrisi tambahan.
  • Potong dan keringkan kesemek di dalam oven untuk membuat potongan buah alami.


Catatan:

Buah kesemek adalah buah-buahan yang manis dan serbaguna penuh dengan vitamin, mineral, serat dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

Terlebih lagi, mereka dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi peradangan, mendukung pengluhatan yang sehat dan menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat.

Ditambah, buah ini enak dan bisa disandingkan dengan banyak makanan.

Dengan semua manfaat yang ditawarkan oleh kesemek, menambahkan buah-buahan lezat ini ke dalam makanan Anda jangan diragukan lagi.

Sumber: healthline.com
Loading...

Belum ada Komentar untuk "7 Khasiat Buah Kesemek Kering, Salah Satunya Baik untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel