Kuda Nil Kecil Hadapi Singa untuk Selamatkan Induknya

Kuda nil kecil melawan singa yang ingin memakan induknya
Kuda nil kecil melawan singa yang ingin memakan induknya Gambar: dailymail.co.uk
Kuda nil adalah salah satu hewan besar yang hidup di bumi. Meskipun sehari-hari mereka hidup di dalam air, kuda nil sesekali ke darat untuk mencari makanan berupa rumput. Mereka juga hidup dalam sebuah kelompok besar.

Jarang sekali pemangsa besar seperti singa maupun buaya menjadikan kuda nil sebagai makanannya. Tetapi kadang ada konfrontasi antara kuda nil dan pemangsa, yang bisa membuat salah satunya menjadi korban.

Namun ini bisa jadi saat yang menyakitkan untuk dilihat, di mana seekor kuda nil kecil dengan berani mencoba melawan singa. Di mana ia ingin menyelamatkan induknya yang sekarat, dari singa yang lapar setelah terjebak di tepi sungai yang berlumpur. Bagaimana nasibnya?

Singa jantan mendekati induk kuda nil
Singa jantan mendekati induk kuda nil.
Anak kuda nil yang putus asa itu terlihat melawan singa, yang berkeliaran di dekat induknya, di Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan.

Taman Nasional Kruger, di timur laut Afrika Selatan, adalah salah satu cagar alam terbesar Afrika, dan kepadatan tinggi hewan liar termasuk 'Big Five': singa, macan tutul, badak, gajah dan kerbau liar.

Singa cenderung tidak menargetkan kuda nil dewasa sebagai makanannya, meskipun penampilan mereka terlihat mudah dimangsa. Tetapi kuda nil terkenal cepat, agresif dan memiliki gigi yang sangat tajam.

Singa menggigit induk kuda nil yng tak berdaya
Singa menggigit induk kuda nil yng tak berdaya.
Namun, tampaknya kuda nil yang lemah itu terjebak dalam lumpur dan hampir mati. Dan kematian alaminya itu baik untuk dilewatkan oleh pemangsa.

Dan benar saja, usai perlawanannya singa itu dilaporkan meninggalkan tempat kejadian.

Sayangnya kisah itu tidak memiliki akhir yang bahagia. Ibu kuda nil mati karena dehidrasi tak lama setelah foto diambil. Belum siap untuk mengurus dirinya sendiri, anak kuda nil itu juga mati dengan kondisi serupa dua hari kemudian.
Loading...

3 Komentar untuk "Kuda Nil Kecil Hadapi Singa untuk Selamatkan Induknya"

  1. Patut dicontoh rasa cinta dan sayang terhadap induk dan sesama nya...

    BalasHapus
  2. Kematian tragis bagi hewan besar yg pola kehidupanya mudah n sederhana. Meskipun hewan bersenjata berat dg 4 taring panjang dan berkulit sangat tebal namun kuda nil bukanlah pemangsa bagi hewan lainya (carnivora). Meskipun dg senjata beratnya dia mampu membelah buaya besar, namun hewan ini tak pernah menyerang hewan lainya untuk dakan. Karena hewan ini hanyalah pemakan rumput. Dan habitat utamanya hanyalah sungai. Jadi sungai adalah tempat favorit bagi hewan ini untuk berendam berlama lama sambil bercengkerama dg kelompoknya.
    Yg menjadi pertanyaan sekarang adalah: apakah taman nasional krueger ini tidak memiliki sungai sbg habitat utama hewan ini. Yg kedua, apakah tidak ada petugas yg dg sigap memantau dan menyelamatkan hewan yg mengalami dehidrasi ini.
    Semoga pihak pengelola taman meningkatkan kinerja n management pengelolaanya mjd lebih baik.
    Semoga.

    BalasHapus
  3. QODHO DAN QADHAR ALLAH AZZA WA JALLA

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel