Makan Buah-buahan Seperti Ini Bikin Gula Darah Naik

Gula darah naik karena buah-buahan
Gula darah naik karena buah-buahan. Gambar: exspress.co.uk

Keberadaan gula darah atau glukosa dalam tubuh sangat penting. Zat ini menjadi salah satu sumber 'bahan bakar' bagi tubuh, yang akan dibakar menjadi energi.

Dan jika tidak digunakan, gula darah ini akan disimpan di dalam tubuh.

Nah cerita akan berbeda, jika kadar gula darah dalam tubuh tinggi atau rendah. Kondisi ini tidak baik bagi tubuh, karena bisa menyebabkan berapa komplikasi, terutama munculnya penyakit yang berbahaya.

Sebuah saja diabetes tipe 2, yang membuat penderitanya harus memperhatikan makanan seumur hidup. Bahkan mengonsumsi buah-buahan saja, bisa membuat kadar gula darah tinggi. Salah satunya jika dikonsumsi dengan cara ini.

Apalagi jika diabetes tipe 2 tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi serius yang melibatkan jantung, mata, saraf dan ginjal.

Namun, masalah dapat dihindari dengan merawat dan menjaga kondisi terkendali.

Sementara penderita diabetes tidak harus benar-benar menghilangkan gula dari makanan mereka, tetapi membatasinya. Tetapi apakah ini berarti harus mengurangi buah-buahan?

Dikutip dari exspress.co.uk, semua buah mengandung gula alami. Buah juga mengandung vitamin, mineral dan serat. Menjadikannya bagian penting dari makanan harian setiap orang.

Karena itu, tetap penting untuk memasukkan buah dalam makanan. Bahkan jika Anda mencoba mengurangi asupan gula, yang bisa membuat gula darah naik.

Pedoman kesehatan Inggris menyarankan, setiap orang untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran sehari, bahkan bagi penderita diabetes sekalipun.

“Meskipun kita tahu buah-buahan dan sayuran baik untuk kita, orang-orang dengan diabetes sering diberitahu bahwa mereka tidak dapat makan buah karena mereka terlalu manis atau mengandung gula tinggi,” kata Diabetes UK.

"Semua buah mengandung gula alami, dan juga mengandung campuran vitamin, mineral, dan serat yang baik," tambahnya.

Bahkan, lebih penting bagi penderita diabetes untuk makan lebih banyak buah. Karena penderita diabetes lebih mungkin mengembangkan komplikasi kesehatan lain, yang dapat dicegah dengan makan makanan yang sehat, seimbang, mengandung buah dan sayuran.

"Makan buah dan sayuran menurunkan risiko mengembangkan banyak kondisi kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, obesitas dan kanker tertentu," tambah Diabetes UK.

Meskipun tampaknya makan buah dapat meningkatkan gula darah, kebanyakan buah saat ini memiliki indeks glikemik rendah hingga sedang, menurut Diabetes UK.

Ini berarti buah-buahan tidak mengarah pada peningkatan tajam kadar gula darah. Dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat lainnya, seperti roti putih atau gandum.

"Mengelola diabetes harus dilakukan dengan mengelola gula darah Anda, lemak darah, tekanan darah dan berat badan Anda, dan buah-buahan dan sayuran dapat memainkan peran positif dalam semua ini," jelas Diabetes UK.

Namun, hal yang sama tidak selalu berlaku untuk jus buah. Ini karena ketika buah utuh dibuat menjadi jus, akan kehilangan banyak seratnya, dan jadi tidak bermanfaat.

Meskipun lebih mudah untuk dikonsumsi, meminum banyak jus bisa membuat kadar gula darah tinggi. Bahkan dalam waktu cepat, sama seperti karbohidrat layaknya nasi, roti dan lainnya.

"Itulah mengapa kamu harus makan buah utuh dan menghindari jus," tambahnya.

Jika Anda tidak bisa melepaskan diri dalam mengonsumsi jus buah, lebih baik membatasi hingga maksimal satu gelas kecil per hari.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Makan Buah-buahan Seperti Ini Bikin Gula Darah Naik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel