14 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami di Rumah Tanpa Resep Dokter

Ilustrasi serangan asam urat di lutut
Ilustrasi serangan asam urat di lutut. Gambar: stylecraze.com
Asam urat bisa menjadi cobaan yang sangat tidak nyaman dan menyakitkan, bagi orang yang merasakannya. Nasihat medis adalah jalan terbaik untuk diikuti, dan ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu tubuh bebas dari asam urat.

Penyakit asam urat adalah suatu kondisi yang ditandai oleh deposit asam urat yang kental di dalam tubuh. Ketika ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat berlebih, menghasilkan pembentukan deposit yang bisa sangat menyakitkan.

Sebagian besar pria yang terpengaruh oleh kondisi asam urat ini, dan usia yang paling rentan adalah setelah 40 tahun. Namun ada yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi asam urat secara alami di rumah, bahkan tanpa perlu resep dokter. Apa saja?

Poin-poin yang disebutkan di bawah ini, terlepas dari asupan obat-obatan resep secara teratur, dapat membantu Anda mengurangi asam urat di dalam darah.

Mari kita memahami kondisi ini lebih dulu dan kemudian menyelidiki solusi.

Apa Saja Jenis-Jenis Asam Urat?

Penyakit ini terdiri dari empat jenis, dimana, jenis ini juga dianggap sebagai empat tahap asam urat.


  • Hiperurisemia tanpa gejala : Ada peningkatan kadar asam urat dalam darah tetapi tidak ada gejala lain pada tahap ini.
  • Asam urat akut : Asam urat mulai mengendap di sendi tubuh yang menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan nyeri. Serangan asam urat biasanya dimulai pada malam hari dan berlangsung selama 3-10 hari.
  • Asam urat interval : Fase ini berada di antara serangan asam urat akut ketika pasien tidak memiliki gejala.
  • Asam urat Tophaceous Kronik : Dengan akumulasi asam urat yang berkepanjangan, kerusakan permanen terjadi pada sendi. Asam urat pada tahap ini sangat menyakitkan, tetapi sangat jarang berkembang ke tahap ini.


Sekarang mari kita lihat berbagai penyebab, gejala atau ciri-ciri asam urat.

Apa Penyebab Asam Urat?

Asam urat tidak memiliki penyebab khusus, tetapi banyak faktor meningkatkan risiko mengembangkan penyakit yang menyakitkan ini. Faktor-faktor risiko ini diberikan di bawah ini:


  • Genetika : Riwayat keluarga asam urat meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkannya
  • Usia dan Jenis Kelamin : Pria yang lebih tua lebih rentan terkena asam urat
  • Berat badan : Jika Anda kelebihan berat badan, kemungkinan Anda mengembangkan asam urat lebih tinggi
  • Makanan : Makan makanan yang tinggi kandungan purin seperti daging sapi, hati, herring, jamur, kerang, asparagus, ikan teri, dan lainnya dapat meningkatkan kemungkinan serangan asam urat
  • Alkohol : Terlalu banyak alkohol mempengaruhi mekanisme tubuh untuk menghilangkan asam urat
  • Paparan timah
  • Masalah kesehatan seperti hipotiroidisme, tekanan darah tinggi, sindrom Kelley-Seegmiller atau sindrom Lesch-Nyhan dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan asam urat
  • Obat-obatan tertentu seperti diuretik, siklosporin, niacin, dan lainnya juga merupakan faktor risiko untuk asam urat.


Berikut adalah pengobatan rumah yang dapat membantu Anda untuk mengobati gejala, tanda atau ciri-ciri asam urat:

Obat Asam Urat Alami

1. Cuka Sari Apel Untuk Asam Urat


Anda akan perlu 1 sendok makan cuka sari apel dan segelas air. Campurkan sari cuka apel dalam air dan minum ramuan ini untuk obat dan pencegahan. Anda dapat menambahkan madu jika ingin membuat minuman itu sedikit enak. Minum segelas ini setiap hari, sebaiknya di pagi hari.

Mengapa Sari Cuka Apel Berfungsi
sari cuka apel dikenal sebagai ramuan ajaib untuk menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk asam urat. Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan rasa sakit dan nyeri yang terkait dengan serangan asam urat. Ini juga merusak deposit asam urat dalam tubuh.

2. Buah Ceri Untuk Asam Urat


Anda akan perlu segelas jus ceri. Minum jus ini di siang hari atau makan 10-15 buah ceri segar. Makan ceri atau jusnya setiap hari secara rutin.

Mengapa Ini Berfungsi
Ceri lezat dan juga menghilangkan kadar asam urat berlebihan dalam darah. Mereka kaya askorbat dan anthocyanin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

3. Baking Soda Untuk Asam Urat


Anda akan perlu 1/4 sendok teh baking soda dan segelas air. Tambahkan baking soda ke air dan aduk rata. Minumlah. Minum 2-4 gelas dalam sehari.

Mengapa Ini Berfungsi
Soda kue meningkatkan tingkat pH cairan tubuh, termasuk darah. Ini membantu menurunkan kadar asam urat untuk larut ke dalam darah, dengan cepat dikeluarkan dari tubuh.

Peringatan
Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mulai menggunakan obat rumah ini untuk asam urat.

4. Biji Seledri Untuk Asam Urat


Anda akan perlu ekstrak biji seledri kapsul. Ambil kapsul ekstrak biji seledri 500mg dengan air. Minum kapsul ini dua kali sehari.

Mengapa Ini Berfungsi
Biji seledri membantu menghilangkan asam urat dengan cepat dari tubuh.

5. Garam Epsom Untuk Asam Urat

Garam epsom
Garam epsom.
Anda akan perlu 1/2 cangkir garam Epsom dan seember air hangat. Tambahkan garam Epsom ke air dalam ember dan penuhi dengan air. Rendam kaki Anda yang terkena asam urat di air ini selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air biasa. Lakukan perendaman seperti ini bila diperlukan.

Mengapa Ini Berfungsi
Garam Epsom membuat rileks otot. Dan bisa menghilangkan racun dari tubuh dan menenangkan sendi yang meradang. Kehangatan air akan membantu mengurangi pembengkakan serta rasa sakit.

6. Pepaya Untuk Asam Urat


Anda akan perlu pepaya matang. Buang bijinya dan potong-potong. Makan langsung atau tambahkan bumbu favorit Anda. Makan secangkir pepaya setiap hari.

Mengapa Ini Berfungsi
Enzim papain yang ditemukan pada pepaya mengurangi pembengkakan pada persendian. Ini membantu menghilangkan asam urat dengan cepat dari tubuh dengan meningkatkan alkalinitas tubuh.

7. Jahe Untuk Asam Urat


Anda akan perlu sepotong jahe 1 inci. Makan potongan jahe ini di pagi hari. Anda juga bisa mengoleskan pasta jahe segar ke sendi yang terkena asam urat. Lakukan ini setiap hari.

Mengapa Ini Berfungsi
Jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu meredakan radang sendi yang terlihat pada asam urat.

8. Kale Untuk Asam Urat

kale
Kale.
Anda sering dipaksa untuk memakan sayuran berdaun hijau ini saat masih kecil. Siapa yang tahu bahwa itu akan terbukti menjadi tambahan yang bermanfaat untuk makanan Anda beberapa dekade ke depan, ketika asam urat Anda membuat hidup menderita. Kale kaya akan vitamin C yang menurunkan kadar asam urat dalam cairan tubuh, sehingga mengurangi gejala asam urat.

9. Kombucha Untuk Asam Urat

Kombucha
Kombucha.
Anda akan perlu kombucha. Celupkan secangkir atau dua teh yang difermentasi ini pada siang hari. Minum secara teratur.

Mengapa Ini Berfungsi
Kombucha adalah teh fermentasi yang tersedia di toko-toko kesehatan. Ini berisi sehat jamur, bakteri, dan produk fermentasi mereka yang membangun sistem kekebalan tubuh. Minuman kesehatan ini juga terbukti membantu mengatasi nyeri sendi, seperti yang terlihat pada asam urat.

Peringatan
Jika Anda mengalami ketidaknyamanan setelah minum teh ini, berhenti mengonsumsinya segera. Efek samping telah dilaporkan pada beberapa orang. Ini bisa berkisar dari sakit kepala, mual, dan muntah bahkan penyakit kuning.

10. Jus Lemon Untuk Asam Urat


Anda akan perlu segelas air dan 1 lemon. Peras jus dari lemon dan tambahkan ke segelas air. Minumlah ini. Anda dapat menambahkan madu untuk melawan keasaman jus lemon. Minum 2-3 gelas air jeruk dalam sehari.

Mengapa Ini Berfungsi
Tingkat tinggi vitamin C dalam jus lemon membantu memecah simpanan asam urat dengan meningkatkan pH urin.

11. Minyak Zaitun Untuk Asam Urat


Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang memberikan efek anti-inflamasi pada sendi bengkak. Polifenol yang ada dalam minyak zaitun bertanggung jawab untuk masalah ini. Termasuk minyak zaitun atau minyak nabati lainnya dalam diet biasa dianjurkan untuk penderita asam urat. Mulai gunakan minyak ini di semua salad Anda dan hidangan lainnya untuk mendapatkan manfaatnya. Minyak zaitun juga membantu mengeluarkan racun yang mungkin membangun di dalam tubuh dengan aktivitas antioksidan.

12. Nanas Untuk Asam Urat


Anda akan perlu 1 cangkir nanas. Makan nanas langsung atau dikombinasikan dengan buah-buahan sehat lainnya. Makan 2-4 porsi nanas dalam sehari.

Mengapa Ini Berfungsi
Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bermanfaat untuk peradangan sendi. Enzim ini juga membantu dalam mengurai simpanan asam urat di tubuh.

13. Quinoa Untuk Asam Urat

Quinoa
Quinoa.
Quinoa mengandung antioksidan kuat yang menjaga kesehatan sendi dan jaringan. Quinoa dapat digunakan dalam mangatasi asam urat. Quinoa dapat dengan mudah mengganti biji-bijian lainnya dalam makanan Anda. Rebuslah seperti mengonsumsi nasi, atau gunakan roti quinoa sebagai pengganti roti gandum. Ada beberapa resep tersedia secara online yang dapat membantu Anda untuk memasukkan biji-bijian ini, dalam makanan harian Anda dengan mudah.

14. Yogurt Untuk Asam Urat


Anda akan perlu 1 cangkir yogurt tawar. Makanlah yogurt bersama makanan Anda atau langsung. Makan 2-3 porsi dalam sehari.

Mengapa Ini Berfungsi
Yogurt dan produk susu lainnya dikenal untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

PERINGATAN

Sebelum menggunakan salah satu obat di atas, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa tidak ada yang mengganggu obat-obatan yang telah diresepkan.

Asam urat menyakitkan tetapi dapat dengan mudah dikelola dan juga dicegah, dengan menggunakan obat di atas. Termasuk rekomendasi yang tepat dalam makanan harian Anda. Sekarang mari kita lihat beberapa gejala asam urat.

Apa Saja Gejala Dari Asam Urat?

Meningkatnya kandungan asam urat dalam cairan tubuh (hyperuricemia)
Endapan asam urat pada sendi tulang
Adanya asam urat dalam cairan sendi
Sendi yang menyakitkan
Bengkak dan nyeri sendi

Apa Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya?

Kelebihan asam urat berasal dari makanan tinggi purin. Item berikut mengandung purin tinggi, atau dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat melalui mekanisme lain.


  • Daging seperti daging sapi, babi, domba, kelinci, burung pegar, daging rusa, daging babi, hati, dan ginjal atau daging dalam jumlah besar
  • Makanan laut seperti mackerel, scallop, herring, dan ikan teri atau ikan berminyak lainnya
  • Bir
  • Saus


Makanan berikut seharusnya hanya sesekali dikonsumsi oleh pasien asam urat, di antaranya:

  • Ayam, seafood dan ikan, serta gandum dan oatmeal
  • Kacang polong kering, kacang polong, dan kacang-kacangan
  • Jamur
  • Beberapa sayuran penyebab asam urat seperti bayam, kembang kol, dan asparagus harus dibatasi


Bagaimana Pencegahan Asam Urat?


1. Perhatikan Berat Badan Anda
Kelebihan berat badan dikatakan sebagai salah satu faktor penyebab asam urat. Jadi, untuk mengurangi serangan asam urat, Anda harus mengendalikan berat badan. Serangan asam urat bisa datang dengan sangat cepat, kadang bahkan dalam semalam. Olahraga teratur adalah langkah pertama yang harus Anda ambil, untuk mencegah serangan mendadak ini.

2. Kendalikan Makanan Anda
Ketika kita berbicara tentang memperhatikan berat badan kita, jelas bahwa apa yang kita makan akan memainkan peran penting dalam menentukan dan mempertahankan berat badan tersebut. Kenali makanan mana yang harus dikonsumsi setiap hari. Umumnya, makanan dengan kandungan vitamin dan alkalin yang tinggi, membantu menurunkan kadar asam urat. Jadi cobalah konsumsi dalam makanan harian Anda. Banyak rekomendasi untuk makanan untuk dimakan dan makanan yang harus dihindari diberikan di atas.

3. Tetap terhidrasi dengan baik
Salah satu alasan utama mengapa ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat dari tubuh adalah, tidak adanya atau kurangnya cairan terutama air putih. Oleh karena itu, jagalah tubuh Anda agar terhidrasi dengan baik untuk membantu proses ekstraksi asam urat. Minum setidaknya 2-3 liter air setiap hari, untuk membantu tubuh mengeluarkan asam urat serta racun lainnya.

4. Hindari Alkohol
Alkohol diketahui dapat mengeringkan tubuh. Dan seperti yang disebutkan di atas, tubuh yang mengalami dehidrasi sangat rentan terhadap serangan asam urat. Oleh karena itu, jika Anda sudah rentan terhadap serangan semacam itu, atau telah didiagnosis menderita asam urat, lebih baik untuk membuang alkohol sama sekali.

5. Menghilangkan Kafein
Selain alkohol, kafein juga dikatakan memicu serangan asam urat. Jadi, sedapat mungkin, cobalah dan jauhi makanan dengan kandungan kafein tinggi. Ini termasuk barang-barang seperti kopi, coklat, coklat, teh, dan makanan lainnya.

Ingat, cara mengatasi asam urat secara alami di rumah yang diberikan di atas, hanya digunakan sebagai cara alternatif. Asam urat dapat secara efektif disembuhkan hanya dengan intervensi medis profesional. Anda dapat membuat perubahan sederhana pada gaya hidup dan makanan Anda.

Selamat mencoba dan temukan kembali kesehatan yang Anda impikan..
Loading...

Belum ada Komentar untuk "14 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami di Rumah Tanpa Resep Dokter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel