Madu, Obat Batuk Alami untuk Anak Tanpa Efek Samping

madu obat batuk alami untuk anak
Madu jadi obat batuk alami untuk anak. Gambar: pixxabay.com/fancycrave1
Batuk merupakan bagian terburuk dari salah satu efek pilek pada anak-anak. Batuk kerap membuat anak dan orang tua terjaga di malam hari. Untuk mengatasinya tentu kita harus mencari obat batuk alami untuk anak.

Meskipun banyak obat di apotek, terkadang tidak membantu meredakan batuk pada anak-anak. Tapi sebuah studi di tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, membuktikan bahwa madu dapat menjadi obat batuk alami untuk anak.

Penelitian kecil itu melibatkan 300 anak usia 1 hingga 5 tahun, tidak ada yang menderita asma atau pneumonia, lapor Washington Post. Semua anak telah batuk rata-rata tiga hari, karena flu. Lalu bagaimana cara madu menjadi obat batu alami untuk anak?

Peneliti secara acak memberi mereka salah satu dari tiga jenis madu atau plasebo sirup, dan memberi anak-anak 10 mg sekitar setengah jam sebelum tidur. Orang tua kemudian menyelesaikan survei tentang batuk anak mereka.

Membandingkan malam anak-anak mengambil madu atau plasebo dengan malam sebelumnya, batuk mereka berkurang untuk semua anak. Tidur mereka juga membaik, begitu juga orangtua mereka.

Madu dianggap bekerja paling baik untuk obat batuk, karena kaya akan antioksidan.


Untuk dosisnya, anak-anak usia 1 hingga 5 tahun mengonsumsi setengah sendok teh. Dan anak-anak usia 6 hingga 11 tahun, dapat meminum satu sendok teh sebelum tidur.

Madu juga bisa digunakan untuk obat batuk alami untuk anak 2 tahun, karena sangat aman dengan dosis yang sudah ditentukan. 'Sirup manis' ini juga bagus untuk menjadi obat batuk berdahak alami untuk anak.

Para ahli memperingatkan bahwa, obat batuk pilek dan batuk yang dijual bebas dapat memiliki efek samping yang berbahaya pada anak kecil. Sehingga menjadikan madu sebagai obat batuk alami untuk anak yang paling bagus.

Namun para peneliti  menekankan bahwa, madu tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang lebih muda dari 1 tahun. Hal ini karena mereka bisa mendapatkan botulisme dari bakteri di dalamnya. Meskipun sebuah studi terpisah menemukan, nektar agave merupakan alternatif yang cocok untuk madu bagi bayi semuda 2 bulan.

sumber: parents.com
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Madu, Obat Batuk Alami untuk Anak Tanpa Efek Samping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel