Sirih Cina untuk Asam Urat, Obat Tradisional Ampuh dan Cara Membuatnya

Sirih cina untuk obat asam urat. Gambar: steemitimages.com
Apakah kamu tahu apa itu sirih cina? Tanaman ini memiliki sejarah penggunaan sebagai obat yang cukup panjang, termasuk untuk obat asam urat. Ya, sebagai obat nyeri yang selalu menyerang sendi kaki dan tangan.

Bahkan data etnomedicinal di Bolivia dari AlteƱos Indian mendokumentasikan seluruh tanaman yang dihancurkan, dicampur dengan air, dipanaskan, dan kemudian diberikan lewat mulut untuk menghentikan perdarahan.

Referensi yang sama mendokumentasikan, jika rebusan akar sirih cina baik untuk pengobatan demam. Dan bagian daunnya ditumbuk, yang kemudian digunakan sebagai obat luka. Lalu bagaimana membuat obat asam urat dari sirih cina?

Dikutip dari drugs.com, tanaman dengan nama latin Peperomia pellucida ini, telah digunakan untuk mengobati sakit perut, abses, jerawat, bisul, kolik, kelelahan, asam urat, sakit kepala, gangguan ginjal, dan nyeri rematik, serta untuk mengobati kanker payudara, impotensi, campak, gangguan mental, dan cacar.

Caranya bisa ditambahkan ke dalam salad, atau sebagai sayuran yang dimasak untuk membantu meredakan nyeri sendi rematik dan asam urat.


Sifat obat lainnya bervariasi tergantung di daerah di mana tumbuhan ini tumbuh. Di Brazil timur laut, tanaman sirih cina telah digunakan untuk menurunkan kolesterol. Di Guyana, telah digunakan sebagai diuretik dan untuk mengobati proteinuria. Juga di wilayah Amazon, telah digunakan sebagai penekan batuk, diuretik, dan emolien, dan untuk mengobati aritmia jantung.

Penggunaan dan Farmakologi


Aktivitas anti-peradangan

Satu penelitian melaporkan bahwa aktivitas anti-inflamasi dapat bervariasi tergantung pada fase perkembangan tanaman. Aktivitas anti-inflamasi dievaluasi dengan menggunakan uji edema pada tikus yang diinduksi oleh karagenan.

Delapan tikus Wistar menerima indometasin oral 10 mg / kg sebagai kontrol; kelompok tikus lain menerima ekstrak P. pellucida berair 400 mg / kg untuk semua 4 phenophases yang berbeda 1 jam sebelum injeksi subplantar 1% karagenan 0,1 mL / kaki.

Meskipun indometasin lebih efektif, tindakan anti-inflamasi yang lebih besar didokumentasikan dengan ekstrak dari fenofase 1 dan 2 selama musim dingin dan musim semi, atau tahap vegetatif dan awal mekar, pada masing-masing tindakan.

Dalam percobaan yang sama, tikus yang diberikan secara oral P. pellucida ekstrak air 200 dan 400 mg / kg menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dalam tes karagenan. Mekanisme kerja dikaitkan dengan gangguan sintesis prostaglandin, sebagaimana ditegaskan oleh hasil studi edema tikus yang diinduksi asam arachidonat.

Antibakteri

Ekstrak metanol mentah pada sirih cina memiliki aktivitas antimikroba spektrum luas, menggunakan metode difusi cakram. Fraksi lebih aktif daripada ekstrak kasar. 6 Penelitian lain mendokumentasikan hasil yang sama untuk aktivitas melawan banyak spesies, termasuk Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus aureus. 16

Anti jamur

Ekstrak kloroform dari daun kering sirih cina, terutama apiol dan pachypophyllin, memiliki aktivitas antijamur terhadap Trichophyton mentagrophytes.

Antiprotozoal

Ekstrak tumbuhan utuh menghambat pertumbuhan strain Plasmodium falciparum Indo yang tahan klorokuin sebesar 95% in vitro pada 100 mg / mL, dan malaria hewan pengerat Plasmodium vinckei petteri sebesar 78% in vivo pada 1.000 mg / kg. Turunan monoterpenoid dari spesies tanaman sirih cina memiliki aktivitas beracun terhadap bentuk promastigote Leishmania braziliensis, Leishmania donovani, dan Leishmania amazonensis pada konsentrasi 25 mcg / mL dan menyebabkan total lisis parasit pada 100 mcg / mL.

Efek Samping

Hewan yang diberi ekstrak air sirih cina 5 gram / kg selama 14 hari, tidak menunjukkan reaksi yang merugikan atau perubahan perilaku atau berat badan. Tidak ada data klinis yang dilaporkan tentang toksisitas manusia.

Sementara dikutip dari jamuin.com, satu studi ini pernah ditulis Maria de Fatima Arrigoni yang dipublikasikan dalm Journal of Ethnopharmacology. Ekstrak sirih cina berfungsi sebagai analgesik pada perut.

Untuk obat asam urat, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung sebagai lalapan, dibuat jus atau dibuat teh herbal.

Caranya: Ambil segenggam daun dan batang sirih cina, rebus dengan 2 gelas air selama 15 hingga 20 menit. Dan minum segelas teh herbal ini 3 kali dalam sehari.

Teh herbal sirih cina bisa menjadi obat asam urat, rematik, jerawat, diare, hipertensi, flu dan batuk, dan pegal-pegal.

Resep obat tradisional ini juga dipercaya bisa menyembuhkan sakit kepala dan gangguan ginjal. Kebanyakan resep tradisional sirih cina dari berbagai negara umumnya berupa teh atau rebusan, dan berbentuk pasta. Jika Anda ingin mencoba resep lain obat asam urat, bisa dari tanaman binahong untuk obat asam urat.

Pasta biasanya digunakan untuk mengobati kulit sensitif atau jerawat. Intinya, tanaman ini tidak beracun dan tidak berbahaya sehingga aman untuk dikonsumsi seperti sayuran. Tapi Anda juga bisa mengatasi asam urat secara alami di rumah.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Sirih Cina untuk Asam Urat, Obat Tradisional Ampuh dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel