Asam Urat Tinggi Kolesterol Ikut Naik, Mengapa Demikian?

Asam urat dan kolesterol tinggi. Gambar: goutandyou.com
Dalam posting ini kita akan meneliti hubungan antara asam urat dan kolesterol. Kolesterol adalah salah satu dari banyak lemak dalam darah, yang digunakan tubuh Anda untuk membuat membran sel, hormon, vitamin D dan membentuk asam empedu untuk pencernaan di usus.

Kolesterol adalah zat penting yang diproduksi oleh tubuh, tetapi juga dapat dicerna dari makanan yang berasal dari hewan seperti keju dan mentega. Kolesterol berbahan dasar minyak dan darah berbasis air, sehingga Anda dapat melihat bagaimana keduanya tidak bercampur dengan baik

Itu sebabnya, koleseterol dibawa ke seluruh tubuh dalam darah oleh lipoprotein. Tapi pernahkah Anda tahu, jika saat asam urat naik kadar kolesterol pun ikut naik, mengapa demikian? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Ada 2 jenis kolesterol yang kita sebut LDL (low-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol jahat, karena dalam tingkat tinggi menghasilkan penumpukan plak di dinding arteri dan memperlambat sirkulasi darah darah, kondisi ini dikenal sebagai atherosclerosis.

Kolesterol baik adalah HDL (high-density lipoprotein), yang melawan dan menghilangkan kolesterol LDL dari dinding arteri. Biasanya itu diukur ketika dokter Anda memeriksa kolesterol darah, dan trigliserida tinggi biasanya dikaitkan dengan obesitas, diabetes dan konsumsi alkohol berlebih.

Ingat bahwa kolesterol darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke, seperti halnya asam urat. Saat Anda memiliki kolesterol tinggi, tidak akan terlihat gejalanya seperti halnya asam urat. Tetapi bisa menyebabkan serangan jantung, kejadian yang sangat menyakitkan yang berlangsung beberapa detik serta dapat membunuh Anda.

Lalu apa hubungan antara asam urat tinggi dan peningkatan kadar kolesterol? Begitu banyak dari Anda yang menderita asam urat tinggi, juga memiliki tekanan darah tinggi.

Mungkin asam urat datang lebih dulu, atau kolesterol tinggi dulu, tetapi memiliki kedua penyakit ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke lebih tinggi. Anda juga mungkin mengambil pil diuretik untuk mengontrol kolesterol. Tapi apakah Anda tahu, bahwa pil diuretik juga dapat menyebabkan asam urat tinggi?

Ada penelitian yang baik yang menunjukkan bahwa, peningkatan kadar asam urat terkait dengan obesitas, tingkat kolesterol terdistorsi dan tekanan darah tinggi!


Ketika ketiganya ada dalam tubuh, ini dikenal sebagai sindrom metabolik dan sebelumnya dikenal sebagai sindrom X. Semua ini mengarah pada peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.


Dalam studi lain yang diterbitkan pada tahun 2011 dalam Journal of Human Hypertension menemukan bahwa, kolesterol tinggi secara independen dan langsung berhubungan dengan asam urat tinggi dalam darah.

Meskipun hubungan kausal antara keduanya masih belum diketahui sampai hari ini. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan bahwa kadar kolesterol tinggi dikaitkan dengan asam urat tinggi dalam darah, dan ini tanpa memandang usia, jenis kelamin atau faktor metabolik lainnya.

Pada akhirnya, kolesterol LDL optimal adalah apa pun di bawah 100 mg / dl. Adapun HDL kolesterol baik, semakin tinggi semakin baik tetapi Anda harus berusaha untuk apa pun di atas 60 mg / dl.

Cara terbaik untuk menghindari tekanan darah tinggi akibat naiknya kadar kolesterol jahat, adalah makan dengan baik dan berolahraga. JUga batasi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh seperti mentega, minyak kelapa, lemak babi, daging merah, makanan yang digoreng, daging organ, udang, kerang, sosis dan lainnya.

Pilih lemak sehat seperti tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, yang ditemukan terutama dalam minyak zaitun extra virgin, kacang, alpukat dan ikan.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Asam Urat Tinggi Kolesterol Ikut Naik, Mengapa Demikian?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel