Khasiat dan Cara Makan Buah Plum untuk Diet

Buah plum
Buah plum. Gambar: pixabay.com/pixel2013
Buah plum mungkin masih terdengar cukup asing di telinga kita, apalagi melihatnya. Biasanya, kita hanya bisa menemukan buah impor ini di etalase supermarket, dengan harga yang cukup mahal.

Tapi siapa sangka, jika khasiat dan cara buah plum ini banyak sekali. Apalagi bagi Anda yang sedang diet. Bahkan kini buah plum mudah sekali ditemukan, termasuk di toko-toko buah pinggir jalan dengan harga yang cukup murah.

Buah plum ini memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, dengan berbagai manfaat dan khasiat kesehatan yang beragam. Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral, serat dan antioksidan. Dan membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Anda bisa mengkonsumsi buah plum segar atau kering. Plum kering atau segar, dikenal untuk memperbaiki beberapa kondisi kesehatan, termasuk sembelit dan osteoporosis.


Dikutip dari healthline.com, berikut 7 manfaat atau khasiat kesehatan dari buah plum.

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Plum memiliki nutrisi yang tinggi. Mereka mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral yang berbeda, selain serat dan antioksidan.

Berikut ini ikhtisar profil nutrisi buah plum segar dan kering.

Plum segar

Plum relatif rendah kalori, tetapi mengandung cukup banyak vitamin dan mineral penting. Satu buah plum mengandung nutrisi berikut:


  • Kalori: 30
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 1 gram
  • Gula: 7 gram
  • Vitamin A: 5% dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 10% dari kebutuhan harian
  • Vitamin K: 5% dari kebutuhan harian
  • Kalium: 3% dari kebutuhan harian
  • Tembaga: 2% dari kebutuhan harian
  • Mangan: 2% dari kebutuhan harian
  • Selain itu, satu buah plum menyediakan sejumlah kecil vitamin B, fosfor dan magnesium.


Plum kering atau prune

Menurut beratnya, pruni lebih tinggi kalori. Dalam 28 gram mengandung:


  • Kalori: 67
  • Karbohidrat: 18 gram
  • Serat: 2 gram
  • Gula: 11 gram
  • Vitamin A: 4% dari kebutuhan harian
  • Vitamin K: 21% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B2: 3% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B3: 3% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 3% dari kebutuhan harian
  • Kalium: 6% dari kebutuhan harian
  • Tembaga: 4% dari kebutuhan harian
  • Mangan: 4% dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 3% dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 2% dari kebutuhan harian
  • Secara keseluruhan, kandungan vitamin dan mineral dari satu porsi buah plum dan prune sedikit berbeda. Prune mengandung lebih banyak vitamin K daripada buah plum segar dan agak lebih tinggi dalam vitamin B dan mineral.


2. Meringankan Sembelit

Jus dari buah plum terkenal karena kemampuan mereka untuk meredakan sembelit. Ini sebagian karena tingginya jumlah serat di buah plum. Satu porsi menyediakan 1 gram serat.

Serat dalam plum sebagian besar tidak larut, yang artinya tidak menyatu dengan air. Ini memainkan peran dalam mencegah sembelit dengan menambahkan massal ke tinja, dan dapat mempercepat laju buang yang bergerak melalui saluran pencernaan Anda.

Selain itu, jus plum mengandung sorbitol, yang merupakan alkohol gula dengan efek laksatif alami.

Makan plum telah terbukti lebih efektif dalam mengobati sembelit daripada banyak jenis laksatif lainnya, seperti psyllium, yang merupakan jenis serat yang sering digunakan untuk bantuan sembelit.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi 2 ons (50 gram) buah plum setiap hari selama tiga minggu, melaporkan konsistensi tinja yang lebih baik dan frekuensi dibandingkan dengan kelompok yang mengkonsumsi psyllium.

Penting untuk diingat bahwa makan terlalu banyak buah prem sekaligus dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan, seperti diare. Untuk mencegah hal ini terjadi, yang terbaik adalah mengonsumsi 44–87 gram per hari.

Jika Anda menggunakan jus prune, pastikan jusnya 100% tanpa tambahan gula. Selain itu, batasi ukuran porsi Anda menjadi 118-237 ml per hari.

3. Kaya Antioksidan

Buah plum kaya akan antioksidan, yang berguna untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan oleh radikal bebas.

Mereka sangat tinggi antioksidan polifenol, yang memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa, buah plum mengandung lebih dari dua kali jumlah antioksidan polifenol sebagai buah populer lainnya, seperti nektarin dan buah persik.

Banyak penelitian laboratorium dan hewan menemukan, polifenol dalam buah plum memiliki efek anti-inflamasi yang kuat, serta kemampuan untuk mencegah kerusakan sel yang sering menyebabkan penyakit. Jadi cocok untuk obat asam urat

Dalam satu penelitian tabung-uji, polifenol di plum secara signifikan mengurangi penanda inflamasi yang terkait dengan penyakit sendi dan paru-paru.

Anthocyanin, sejenis polifenol tertentu, tampaknya merupakan antioksidan paling aktif yang ditemukan di buah plum. Mereka mungkin memiliki efek kesehatan yang kuat, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

4. Membantu Menurunkan Gula Darah Anda

Buah plum memiliki sifat yang dapat membantu mengontrol gula darah.

Meskipun cukup tinggi dalam karbohidrat, buah plum tampaknya tidak menyebabkan peningkatan substansial dalam tingkat gula darah setelah dimakan.

Hal ini dikaitkan dengan potensi mereka untuk meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang berperan dalam regulasi gula darah.

Selain itu, serat dalam buah plum mungkin sebagian bertanggung jawab atas efeknya pada gula darah. Serat memperlambat laju di mana tubuh Anda menyerap karbohidrat setelah makan, menyebabkan gula darah naik secara bertahap, dan tidak mengalami lonjakan.

Terlebih lagi, mengkonsumsi buah seperti buah plum dikaitkan dengan rendahnya risiko diabetes tipe 2.

Namun, pastikan cara makan buah plum segar ini untuk menjaga porsinya. Ukuran porsi yang masuk akal adalah 44–87 gram.

5. Prune Membantu Kesehatan Tulang

Prune bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi prune dengan penurunan risiko melemahkan kondisi tulang seperti osteoporosis dan osteopenia, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah.

Tidak hanya buah plum yang diperlihatkan untuk mencegah keropos tulang, buah ini juga memiliki potensi untuk membalikkan keropos tulang yang telah terjadi.

Masih belum jelas mengapa prune memiliki efek positif pada kesehatan tulang. Namun, kandungan antioksidan dan kemampuan untuk mengurangi peradangan dianggap berperan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi plum dapat meningkatkan kadar hormon tertentu yang terlibat dalam pembentukan tulang.

Prunes juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang memiliki efek pelindung tulang, termasuk vitamin K, fosfor, magnesium, dan kalium.

6. Plum dan Prunes Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Makan buah plum segar secara teratur dapat memiliki efek perlindungan terhadap kesehatan jantung.

Mereka telah dipelajari untuk potensi mereka untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, subjek yang meminum jus prune dan makan tiga atau enam buah plum setiap pagi selama delapan minggu, dibandingkan dengan kelompok yang hanya minum segelas air saat perut kosong jauh lebih sehat.

Mereka memiliki tingkat tekanan darah yang lebih rendah, kolesterol total dan kolesterol LDL “jahat” daripada kelompok yang minum air.

Studi lain menemukan bahwa pria yang telah didiagnosis dengan kolesterol tinggi, atau memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah, setelah mengkonsumsi 12 prunes setiap hari selama delapan minggu kembali normal.

Beberapa penelitian pada hewan telah menghasilkan hasil yang sama. Hal ini karena kandungan tinggi serat, kalium dan antioksidan.

7. Mudah untuk Ditambahkan Dalam Makanan Anda

Plum mudah untuk dimakan. Anda dapat memakannya langsung, atau menikmatinya dengan smoothies dan salad.

Garis bawah

Buah plum adalah buah yang sangat bergizi, namun cara makan buah plum segar harus dengan kulitnya. Tapi ingat, kulitnya akan terasa asam, dan mungkin tidak enak saat Anda  mengonsumsinya.

Ingat, plum segar juga ini bagus untuk Anda yang sedang diet. Dan telah banyak yang berhasil menurunkan berat badan dengan dengan mengonsumsi buah plum segar langsung.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Khasiat dan Cara Makan Buah Plum untuk Diet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel