Kue Enak yang Harus Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Tart ceri yang sehat untuk penderita asam urat
Tart ceri yang sehat untuk penderita asam urat. Gambar: pixabay.com/la-fontaine
Asam urat yang menumpuk menyebabkan rasa sakit, peradangan dan kekakuan di sendi. Biasanya, asam urat akan menyerang sendi kaki yang membuat aktivitas kita terganggu. Bahkan untuk bergerak saja, akan terasa sangat menyakitkan.

Ini adalah kondisi yang biasanya dalam jangka panjang. Bahkan dapat menjadi lebih buruk, saat kita tidak bisa menjaga pola makan. Beberapa makanan enak dan nikmat kerap menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Meskipun kita menggunakan obat asam urat untuk kondisi ini, penyakit ini kerap kambuh kembali. Nah, ternyata ada beberapa cara untuk mengobati gejala asam urat, seperti makan makanan dengan sifat anti-inflamasi. Salah satunya kue enak ini.

Kue tersebut adalah tart cherries atau tart ceri. Kue ini mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin, yang memberikan buah ceri berwarna merah. Ceri juga rasanya manis, meskipun ada yang berwarna ungu dan lebih gelap.


Flavonoid adalah metabolit tumbuhan yang dapat meningkatkan aktivitas pembuluh darah, sehingga lebih sehat. Buah ceri juga memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Menurut Arthritis Foundation, beberapa peneliti telah membandingkan efek tart ceri dengan obat anti-inflamasi non-steroid.

"Studi, yang sering menggunakan jus terkonsentrasi ceri Montmorency, telah menemukan buah ceri dapat meringankan nyeri sendi pada orang dengan osteoarthritis dan menurunkan risiko kemerahan dan rasa sakit pada mereka dengan asam urat," kata Arthritis Foundation dikutip dari express.co.uk.

Selain ceri, ada juga beberapa buah yang bisa dan harus penderita asam urat konsumsi. Di antaranya:

Stroberi


Stroberi secara alami rendah gula dan secara mengejutkan memiliki lebih banyak vitamin C per porsi daripada jeruk. Vitamin C dapat menurunkan risiko asam urat, tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Menurut Arthritis Foundation, studi tentang wanita yang mengonsumsi 16 atau lebih stroberi seminggu, memiliki protein C-reaktif yang lebih rendah.

Protein C-reaktif adalah protein yang ditemukan dalam plasma darah, yang tingkatnya meningkat sebagai respons terhadap peradangan.

Stroberi juga mengandung antosianin, memberikan manfaat anti-inflamasi dan antioksidan.

Raspberry merah


Raspberry merah juga sangat tinggi vitamin C dan antosianin. Studi pada hewan menunjukkan, ekstrak dari buah ini mengurangi peradangan dan gejala osteoarthritis.

"Penelitian lain menunjukkan senyawa bioaktif buah peradangan lebih rendah di seluruh sistem dan, ketika bagian teratur dari makanan, membantu mencegah sejumlah kondisi kronis, seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes tipe 2," kata Arthritis Foundation.

"Banyak buah berry mengandung antioksidan, asam askorbat (sejenis vitamin C) dan anthocyanin dan karotenoid, yang memberikan warna beraneka warna lembut kepada mereka. Senyawa ini membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang mendorong peradangan," tambahnya.

Baca Juga: Penyebab Asam Urat Semakin Memburuk di Malam Hari

Untuk membuat tart ceri sehat, Anda bisa melihat video di bawah ini:

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Kue Enak yang Harus Dikonsumsi Penderita Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel