Lima Gejala Diabetes Tipe 2 pada Kulit yang Harus Diwaspadai

Gejala diabetes dilihat dari kulit.

Diabetes tipe 2 adalah kondisi umum dan sering berkembang, ketika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas. Ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, seperti serangan jantung, jika tidak ditangani.


Jadi sangat penting untuk mengenali gejala diabetes tipe 2 sesegera mungkin. Bahkan, beberapa gejala bisa terlihat hanya dengan melihat kelainan yang terjadi pada kulit Anda.

Gatal pada kulit, terutama di sekitar alat kelamin, adalah gejala yang biasanya terkait dengan kondisi diabetes tipe 2. Lalu apa saja gejala diabetes tipe 2 pada kulit yang harus Anda waspadai? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dikutip dari exspress.co.uk, ini bukan satu-satunya gejala yang berhubungan dengan kulit, menurut American Academy of Dematology. Ada enam yang perlu diperhatikan adalah bercak kuning, kemerahan atau coklat pada kulit, kulit tebal keras, mudah lecet, infeksi kulit, luka terbuka dan benjolan kecil atau tag kulit.

"Seiring berjalannya waktu, benjolan-benjolan ini berubah menjadi bercak-bercak kulit yang membengkak dan keras. Anda mungkin juga memperhatikan kulit di sekitarnya memiliki penampilan seperti mengkilap, dan dapat melihat pembuluh darah, kulit gatal dan nyeri," tulis keterangan mereka.

Baca Juga: Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Tinggi dan Hindari Diabetes dengan Kayu Manis

Dan berikut adalah gejala atau tanda diabetes tipe 2 yang mungkin harus Anda waspadai.

Kulit keras dan menebal

Anda mungkin memperhatikan kulit yang kerat dan berkerut di punggung tangan. Dan jari-jari Anda bisa menjadi sulit untuk digerakkan.

"Jika diabetes telah ada selama bertahun-tahun, itu bisa terasa seperti Anda memiliki kerikil di ujung jari Anda," tambahnya.

Kulit Melepuh

Ini jarang terjadi, tetapi organisasi American Academy of Dematology mengatakan, penderita diabetes dapat melihat lecet yang tiba-tiba muncul di kulit.

Mereka menambahkan: "Anda mungkin melihat kulit melepuh besar, sekelompok lecet, atau keduanya. Ini cenderung terbentuk di tangan, kaki, atau lengan bawah dan terlihat seperti melepuh yang muncul setelah luka bakar yang serius.

Tidak seperti kulit melepuh setelah terbakar, lecet ini tidak menyakitkan.

Infeksi kulit

Orang yang menderita diabetes cenderung terkena infeksi kulit. Kulit bisa terasa panas, bengkak yang menyakitkan dan ruam gatal. Dan kadang-kadang lecet kecil, kulit kering bersisik, atau keputihan putih yang terlihat seperti gumpalan keju.

Luka terbuka

Memiliki gula darah tinggi sepanjang waktu dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk dan kerusakan saraf. Sirkulasi yang buruk dan kerusakan saraf, dapat menyulitkan tubuh Anda untuk menyembuhkan luka. Hal ini terutama terjadi pada kaki. Luka terbuka ini disebut ulkus diabetes.

Benjolan atau tag kulit

Banyak orang memiliki tag kulit, ini digambarkan sebagai pertumbuhan kulit yang menggantung dari tangkainya.

Sementara tag kulit lainnya tidak berbahaya. Tapi memiliki banyak tag kulit, mungkin menjadi tanda bahwa Anda memiliki terlalu banyak insulin dalam darah atau diabetes tipe 2.

Baca Juga: Cara Agar Diabetes Mellitus Sembuh dengan Puasa 3 Hari

Jika tanda-tanda tersebut muncul pada diri Anda, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Agar gejala diabetes tersebut bisa dikendalikan dan tidak berkembang menjadi penyakit yang mematikan.

https://www.express.co.uk/life-style/health/1043825/type-2-diabetes-symptoms-warning-signs-skin
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Lima Gejala Diabetes Tipe 2 pada Kulit yang Harus Diwaspadai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel