Daun Kelor Ampuh Obati Masalah Asam Urat

Daun kelor
Daun kelor. Gambar: craftiviti.com

Asam urat adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan yang mendadak di beberapa sendi. Tetapi Anda akan tahu menderitanya ketika terjadi peradangan di sendi.


Biasanya, asam urat mempengaruhi satu sendi pada satu waktu, terutama sendi jempol kaki. Bukankah itu menakjubkan, seberapa banyak rasa sakit yang bisa Anda rasakan hanya dari satu jari kaki yang meradang?

Hal ini disebabkan oleh terbentuknya kristal asam urat, yang mengendap keluar dari darah, diendapkan dalam sendi dan menyebabkan rasa sakit dan bengkak. Tapi tahukah Anda, ternyata daun kelor bisa mengatasinya. Caranya?

Hal ini disebabkan tubuh tidak menghasilkan cukup enzim pencernaan uricase, yang mengoksidasi asam urat yang relatif tidak larut menjadi senyawa yang sangat larut. Dan faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan kadar asam urat ke tubuh, dan kemudian menjadi asam urat, seperti asupan alkohol yang berlebihan, hipertensi, cedera sendi, makanan yang tidak tepat, penyakit ginjal, obesitas, makan berlebihan, stres, operasi dan obat-obatan tertentu.

Jika Anda memiliki asam urat, sudah waktunya untuk mengubah pola makan Anda. Dan juga mengonsumsi daun kelor yang banyak manfaat. Apalagi saat ini banyak sekali ekstrak daun kelor yang dijual di toko-toko online, seperti di blibli.com, tokopedia.com, hingga bukalapak.com.

Dan ekstrak itu adalah biasanya terbuat dari daun dan polong biji pohon kelor. Di mana tumbuhan ini dikenal sebagai obat untuk melawan radang, infeksi, diabetes, hipertensi, masalah penuaan, dan bahkan kanker.

Bahkan asam urat yang pernah dikenal sebagai “penyakit raja,” karena sering disebabkan oleh makanan seperti daging merah, anggur, saus krim, dan manisan. Tetapi dengan beralih ke vegetarian, semakin cepat asam urat akan hilang dari tubuh. Anda dapat makan ikan dan ayam tanpa lemak sesekali, tetapi jauhi daging untuk sementara waktu, hindari alkohol dan hilangkan gula dan tepung putih dari makanan.

Sementara kelor dikenal selama berabad-abad untuk pengobatan. Moringa Oleifera digunakan dalam pengobatan tradisional, seperti “Ayurveda”, sebagai obat untuk Arthritis dan Asam Urat. Diyakini bahwa Moringga atau daun kelor mengurangi radang dan rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi ini.

Pada tahun 2008 studi, Fakultas Ilmu Kesehatan Kedokteran dari Universitas Putra di Malaysia, menerbitkan sebuah penelitian yang bertujuan untuk menguji apakah Kelor berfungsi sebagai Anti-nociceptive dan Anti-inflamasi, kegiatan yang sama yang dicapai oleh obat yang digunakan dalam pengobatan modern seperti NSAID (obat anti-inflamasi non-steroid). Penelitian menemukan bahwa, daun kelor memiliki zat yang memiliki aktivitas antinociceptive dan anti-inflamasi. Bahkan mereka menemukan bahwa, zat ini memiliki jumlah yang tinggi. Ini berarti bahwa Moringa Oleifera yang digunakan dalam pengobatan tradisional India sebagai pengobatan untuk Arthritis dan Asam Urat terbukti.

Sementara efek dari daun kelor adalah menekan enzim COX-2. Enzim ini bertanggung jawab untuk proses peradangan dan rasa sakit. Biasanya obat yang digunakan untuk menekan enzim ini adalah NSAID seperti Voltaren, Nksin, Adoil, ARCOXIA, Kaspo dan lainnya. Efek samping dari produk ini termasuk risiko untuk stroke, masalah ginjal, masalah pembuluh darah, masalah perut dan ada beberapa lagi.

Untuk mengonsumsi daun kelor, selain membeli ekstrak daun kelor di pasaran, ada baiknya menggunakannya dalam bentuk segar. Anda bisa memakannya sebagai lalapan, atau juga dijadikan sup.


Bahan-bahan untuk membuat sup daun kelor:

  • Daun kelor secukupnya
  • 1 siung bawang putih
  • 1 butir putih telur
  • 1,5 air untuk memasak
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1/4 sdt lada
  • Garam secukupnya 


Langkah

  • Panaskan air sampai mendidih, tambahkan bawang putih.
  • Turunkan daun kelor. Masak sekitar 3 menit, tambahkan garam.
  • Tambahkan tepung maizena, aduk terus dan terakhir tambahkann putih telur, aduk rata, angkat dan siap disantap.

BACA JUGA: 

Menakjubkan, Terapi Nanas untuk Mengobati Asam Urat dengan Cepat

Rutin Makan Alpukat, Asam Urat Hilang dan Gula Darah Kembali Normal

Asam urat sangat menyakitkan tetapi juga sangat bisa diobati. Pastikan untuk menemui seorang profesional medis untuk evaluasi dan diagnosis lebih akurat. Kondisi asam urat yang parah bisa sangat serius.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Daun Kelor Ampuh Obati Masalah Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel