Penderita Asam Urat 'Haram' Konsumsi Gula, Ini Alasannya

Asam urat di kaki
Asam urat di kaki.
Halo sahabat bakul.my.id:

Konsumsi terlalu banyak gula dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Jenis gula tertentu, seperti fruktosa, bahkan terkait dengan penyakit asam urat.


Biasanya, fruktosa ditemukan dalam madu dan buah. Dan fruktosa ini termasuk ke dalam gula alami. Bahkan kini ada gula yang terbuat dari jagung, yang mengandung fruktosa 55 atau 42 persen, dan sisanya adalah glukosa dan air.

Lalu apakah boleh penderita asam urat mengonsumsi gula fruktosa ini? Dan apa akibatnya jika sering mengonsumsi fruktosa bagi kesehatan, khususnya asam urat yang kita derita? Berikut ulasan lengkapnya.

Dikutip dari healthline.com, ketika tubuh Anda memecah fruktosa, purin dilepaskan. Ketika senyawa kimia ini dipecah, asam urat diproduksi. Asam urat dapat membentuk kristal yang menyakitkan di persendian yang menyebabkan penyakit asam urat.

Fruktosa dapat menghasilkan asam urat dalam beberapa menit setelah dikonsumsi.

Asam urat dan gula dari minuman ringan

Sebuah artikel 2011 menarik kesejajaran antara pertumbuhan konsumsi minuman ringan manis dan penggandaan prevalensi dan kejadian asam urat.

Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) yang dilakukan oleh Centers for Disease Control (CDC) antara 1988 dan 1994 menemukan, kaitan yang konsisten tentang dampak dari gula jagung fruktosa tinggi dan asam urat pada pria.

Survei ini juga menunjukkan bahwa, minuman soda tanpa sirup jagung fruktosa tinggi tidak terkait dengan serum asam urat. Ini menambahkan dukungan pada keyakinan bahwa, peningkatan konsumsi fruktosa dapat menyebabkan kelebihan asam urat dalam darah.

Menurut Arthritis Foundation, sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa, pria yang minum dua atau lebih minuman soda bergula setiap hari, berisiko 85 persen lebih tinggi untuk menderita asam urat.

Risiko asam urat bagi wanita yang minum satu kaleng soda bergula sehari adalah 74 persen, lebih tinggi dibandingkan wanita yang jarang minum soda bergula, menurut sebuah studi 2010 yang menganalisis data dari 78.906 wanita di atas 22 tahun.

Asam urat dan jus buah


Fruktosa terbentuk secara alami dalam jus seperti jus jeruk. The Mayo Clinic menyarankan bahwa, jika Anda memiliki asam urat, harus membatasi jumlah jus buah manis alami yang Anda minum. Bahkan, 'mengharamkan' untuk mengonsumsinya.

Menurut sebuah studi 2010, risiko asam urat untuk wanita minum jus jeruk setiap hari adalah 41 persen lebih tinggi, daripada wanita yang jarang minum jus jeruk.

Bagaimana menghindari fruktosa?


  • Jangan makan makanan atau minum minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi.
  • Batasi jumlah jus buah manis alami yang Anda minum.
  • Hindari ditambahkan gula seperti madu dan agave nektar.


Apakah makan ceri menyembuhkan asam urat?

Ada beberapa penelitian, termasuk pada tahun 2011 dan 2012, yang menunjukkan buah ceri berpotensi membantu mengobati atau bahkan menyembuhkan asam urat.

Namun menurut Harvard Medical School, penelitian klinis yang lebih besar dan berkualitas tinggi diperlukan, untuk menentukan apakah konsumsi ceri dapat membantu mengobati asam urat.

Konsumsi fruktosa gula alami dan pemanis buatan dalam sirup jagung fruktosa tinggi buatan manusia, tampaknya meningkatkan risiko asam urat. Diet yang ramah asam dikombinasikan dengan beberapa perubahan gaya hidup, dapat membantu mengontrol kadar asam urat dan mengurangi peradangan.

Bicarakan dengan dokter Anda mengenai perubahan pola makan dan gaya hidup, untuk membantu mengobati asam urat.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Penderita Asam Urat 'Haram' Konsumsi Gula, Ini Alasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel