Penyebab Tekanan Darah Tinggi Ternyata Ada di Mulut

Kesehatan mulut yang buruk.
Kesehatan mulut yang buruk.

Tekanan darah tinggi yang juga dikenal sebagai hipertensi, adalah ketika kekuatan darah yang mengalir melalui pembuluh darah Anda selalu tinggi.


Diperkirakan, satu dari tiga orang dewasa di Amerika Serikat, setara dengan 75 juta orang Amerika, memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko serangan jantung, penyakit ginjal dan stroke.


Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai 'silent killer,' karena kebanyakan orang dengan kondisi ini tidak tahu mereka memilikinya. Dan ternyata, penyebab tekanan darah tinggi ini berasal dari mulut Anda. Apa itu?

Penyakit ini juga merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular, yang merupakan pembunuh nomor satu dunia, termasuk Amerika.

Dikutip dari dailymail.co.uk, kesehatan mulut yang buruk ternyata penyebab meningkatnya tekanan darah. Menyikat gigi dan menggosok gigi, dapat mencegah Anda mengembangkan tekanan darah tinggi, dalam sebuah penelitian baru yang dipublikasikan.

Para peneliti mengatakan, mereka yang memiliki gusi yang lebih sehat dan sedikit kerusakan gigi, memiliki tekanan darah lebih rendah.

Secara khusus, pasien dengan hipertensi cenderung memiliki gusi yang meradang.

Tim dari Universitas L'Aquila di Italia, mengatakan temuan itu menunjukkan bahwa mereka yang menderita penyakit gusi mungkin perlu memantau tekanan darah mereka secara teratur. Dan mereka yang menderita hipertensi, mungkin mendapat manfaat dari perawatan gigi rutin.

Untuk penelitian ini, tim melihat catatan lebih dari 11.700 orang Amerika yang mengambil bagian dalam National Health and Nutrition Examination Survey, antara tahun 2009 hingga 2014 dan diperiksa untuk penyakit periodontal.

Hampir 4.100 orang didiagnosis dengan hipertensi. Sekitar 88 persen memakai obat untuk mengobati kondisinya dan sekitar 11 persen tidak.

Para peneliti menemukan bahwa, orang yang memiliki penyakit periodontal, 20 akan mengembangkan hipertensi. Kesehatan mulut yang buruk juga menghilangkan manfaat obat untuk tekanan darah tinggi.

Tekanan darah dicatat dengan dua angka. Jumlah yang lebih tinggi, atau tekanan sistolik, adalah kekuatan darah dipompa oleh jantung di sekitar tubuh Anda.

Angka yang lebih rendah, atau tekanan diastolik, adalah seberapa banyak tekanan di arteri di antara denyut jantung. Keduanya diukur dalam milimeter air raksa (mmHg).

The American Heart Association dan American College of Cardiology merekomendasikan, mereka dengan hipertensi tetap di bawah 130/80 mmHg.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pasien dengan penyakit gusi parah memiliki tekanan sistolik yang sekitar 3 mmHg lebih tinggi, daripada pasien yang memiliki gusi sehat.

Penyakit periodontal yang sedang dan berat lebih sering terjadi pada pria, yang lebih tua, perokok, orang Latin, dan mereka yang berpenghasilan rendah dan tingkat pendidikan.

"Dokter harus memperhatikan kesehatan mulut pasien, terutama mereka yang menerima perawatan untuk hipertensi. Dan mendesak mereka dengan tanda-tanda penyakit periodontal untuk mencari perawatan gigi," kata Dr Davide Pietropaoli, seorang ahli bedah gigi di Universitas L'Aquila .

Para peneliti mencatat bahwa, temuan itu tidak menunjukkan bahwa penyakit periodontal menyebabkan hipertensi.

Tapi mereka mengatakan, hasil ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang telah menemukan peradangan mulut tingkat rendah, dikaitkan dengan kerusakan pembuluh darah dan risiko kardiovaskular, keduanya adalah efek kesehatan dari tekanan darah tinggi.

"Pasien dengan tekanan darah tinggi dan dokter yang merawat mereka harus sadar bahwa, kesehatan mulut yang baik mungkin sama pentingnya dalam mengendalikan kondisi ini. Seperti beberapa intervensi gaya hidup yang diketahui dapat membantu mengontrol tekanan darah, seperti diet rendah garam, latihan teratur dan menurunkan berat badan," kata Dr Pietropaoli.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Tekanan Darah Tinggi Ternyata Ada di Mulut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel