Apakah Penderitaan Psoriasis Meningkatkan Risiko Asam Urat?

Hubungan Psoriasis dan asam urat
Hubungan Psoriasis dan asam urat. Gambar: goutandyou.com

Apakah Anda tahu apa itu psoriasis? Ini adalah penyakit di mana bercak merah dan putih berkembang di kulit. Dan ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang masuk dan menyerang kulit.


Penyakit ini mempengaruhi 2-4 persen dari populasi dunia secara umum. Dan sekitar 15 persen dari orang-orang yang menderita psoriasis, ternyata akan terus mengembangkan Arthori psoriatik atau psoriasis arthritis (PsA).

Ini merupakan jenis peradangan rematik seperti asam urat, dan yang dapat mempengaruhi sendi di dalam tubuh. Lalu adakah cara untuk mengobatinya? Simak ulasan lengkapnya di tautan berikut ini.


Arthori psoriatik yang tidak diobati, bahkan dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen. Gejala bervariasi setiap orang. Bahkan sebagian seperti asam urat! Pada beberapa titik waktu, semua orang dengan psoriasis arthritis memiliki kulit dan sendi yang terdampak.

Tidak semua orang dengan psoriasis dan arthritis memiliki psoriasis arthritis. Orang dengan psoriasis juga dapat mengembangkan bentuk-bentuk arthritis lainnya. Penyebab psoriasis belum sepenuhnya dipahami.

Dalam sebuah studi Harvard Medical School yang diterbitkan 20 Maret 2014, dalam Annals of Rheumatic Diseases ditemukan bahwa, individu yang menderita psoriasis memiliki sekitar dua kali lipat risiko dalam mengembangkan asam urat.

Dan individu yang menderita psoriasis arthritis (PsA), memiliki hampir 5 kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang tanpa psoriasis!

“Secara keseluruhan, perkiraan risiko adalah substansial dan menunjukkan hubungan yang jelas antara riwayat psoriasis sebelumnya, dengan atau tanpa PsA bersamaan, dan insidensi gout,” tulis peneliti yang dipimpin oleh Dr. Joseph F. Merola dikutip dari goutandyou.com.

Penelitian ini diikuti 98.810 orang dari tahun 1986 hingga 2010, termasuk 27.751 pria dan 71.059 wanita. Ada 2.217 yang mengalami asam urat selama masa studi.

Studi ini juga menemukan bahwa, ada sedikit hubungan antara pasien rheumatoid arthritis dan risiko terkena asam urat nantinya. Sebaliknya, seseorang yang memiliki riwayat osteoarthritis mengalami peningkatan yang signifikan tetapi kecil dalam mengembangkan asam urat.

Selain itu, risiko asam urat jauh lebih tinggi di antara pria daripada wanita. Risiko asam urat meningkat seiring bertambahnya usia pada wanita, sedangkan pada pria itu menurun.

Penting bahwa dokter Anda harus menyadari hubungan antara psoriasis, PsA dan asam urat. Ketika mengevaluasi pasien psoriasis, penting untuk waspada terhadap kemungkinan gejala radang sendi inflamasi.

"Pada orang-orang yang mengalami sinovitis inflamasi asimetris, temuan kami jelas menyoroti kebutuhan untuk mempertimbangkan arthopathy kristal inflamasi dalam diagnosis banding pasien psoriasis yang mengalami sendi akut yang meradang," tambah peneliti.

Dalam hal memantau kadar asam urat tinggi dan mengevaluasinya di antara psoriasis atau penderita PsA, Dr. Merola menyatakan bahwa tidak ada bukti bahwa jenis pemantauan ini akan bermanfaat dalam mencegah perkembangan asam urat.

Seorang dokter dari Italia bernama Paolo Gisondi yang baru-baru ini menerbitkan sebuah studi, tentang hyperuricemia pada pasien dengan psoriasis plak kronis menunjukkan bahwa, kadar asam urat harus dipantau secara rutin oleh dokter kulit dan rheumatologists di antara pasien yang menderita psoriasis dan PsA.

Selanjutnya, ketika ada peningkatan kadar asam urat maka terapi menurunkan asam urat harus dipertimbangkan. Salah satunya dengan menggunakan obat asam urat dari bonahong ini: Cara Membuat Obat Asam Urat yang Mujarab dari Tanaman Binahong.

Studi ini juga menunjukkan bahwa, penurunan berat badan akan menurunkan tingkat keparahan dan frekuensi psoriasis, PsA dan peradangan asam urat. Meskipun ada hubungan kausal antara psoriasis dan perkembangan asam urat, studi tidak dapat membuktikan bahwa pengobatan psoriasis dapat mengurangi asam urat untuk saat ini.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Apakah Penderitaan Psoriasis Meningkatkan Risiko Asam Urat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Cari yang kamu inginkan di sini

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel