Tanpa Obat, Asam Urat Bisa Normal dengan Cara Sederhana Ini

Serat alami dari gandum.
Serat alami dari gandum.

Asam Urat dan Serat

Bagaimana Serat Dapat Menguntungkan Penderita Asam Urat


Asam urat memang menyakitkan, apalagi jika terasa di malam hari. Tidak banyak yang bisa kita lakukan, karena gerakan kecil saja akan terasa begitu menyakitkan. Asam urat memang diproduksi tubuh setiap hari dari makanan kaya purin.

Namun, satu pola gaya hidup bisa mengubah segalanya. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi serat. Kita semua tahu betapa pentingnya serat bagi kita, dan salah satunya untuk mengontrol dan membuat asam urat dalam batas normal.

Anda juga dapat menemukan serat dalam buah-buahan, sayuran dan makanan gandum seperti roti, pasta dan nasi. Manfaat utama kesehatan serat adalah meredakan dan mencegah konstipasi, memastikan Anda memiliki feses yang baik. Lalu apa keuntungannya untuk penderita asam urat?

Selain itu, serat memungkinkan Anda untuk menjaga berat badan yang sehat menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung dan hipertensi. Bukti sekarang menunjukkan bahwa serat juga membantu orang yang menderita asam urat.

Sebuah penelitian kecil di Taiwan yang diterbitkan pada tahun 2003 terhadap 92 pasien asam urat menunjukkan, penurunan yang signifikan secara statistik pada risiko asam urat kambuh di antara para penderita asam urat, yang mengkonsumsi asupan serat total dan larut tertinggi!

Dikutip dari goutandyou.com, penelitian lain yang diterbitkan pada 2010 menganalisis data asupan serat dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), dari 9.384 orang dewasa selama periode 1999-2004 memperhatikan, bagaimana semakin tinggi asupan serat seseorang, semakin rendah risiko penderitaan orang tersebut dari hyperuricemia yang merupakan prekursor untuk asam urat. Namun, studi lain tahun 2004 yang dilakukan oleh Dr. Koguchi menyatakan, bagaimana serat dapat menghambat penyerapan purin dalam sistem pencernaan.

Dua Jenis Serat

Apa yang menarik tentang serat adalah bahwa serat ini tidak dicerna oleh tubuh Anda, tetapi malah tetap utuh saat melalui pencernaan dan dikeluarkan sebagai kotoran. Ada 2 jenis serat, serat larut yang larut dalam air untuk membentuk bahan seperti gel dan ditemukan dalam kacang, oats, barley, psyllium, apel dan buah jeruk.

Anda juga mendapat serat tidak larut yang mendorong pergerakan semua jenis makanan, melalui sistem pencernaan Anda. Membantu Anda pergi ke kamar mandi secara rutin, dan menghindari sembelit atau BAB yang tidak teratur.

Sumber serat tak larut yang baik adalah kentang, kembang kol, brokoli, kacang hijau, roti gandum utuh atau pasta, dedak gandum, kacang atau biji-bijian. Perhatikan bahwa, sebagian besar makanan nabati mengandung sejumlah serat yang larut dan tidak larut seperti kacang misalnya.

Manfaat Kesehatan dari Serat

Ada banyak manfaat kesehatan bagi penderita asam urat, dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Pertama, itu membantu menjaga gerakan usus normal dan menjaga kesehatan usus yang baik mencegah penyakit yang berhubungan dengan usus besar seperti kanker kolon atau wasir.

Kedua, membantu menurunkan kolesterol dalam darah dengan mempromosikan kolesterol baik (HDL) di atas yang buruk (LDL).

Ketiga, diet serat tinggi membantu mengontrol kadar gula darah menurunkan risiko terkena diabetes di kemudian hari. Serat larut sebenarnya memperlambat penyerapan gula, dan membantu Anda menjaga kadar gula darah yang sehat. Kita juga tahu bagaimana gula juga buruk bagi kita penderita asam urat yang meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Keempat, diet serat yang tinggi membantu Anda mempertahankan berat badan ideal dan sehat, untuk dilakukan karena makanan berserat tinggi membuat Anda kenyang lebih lama dan memiliki lebih sedikit kalori.

Untuk penderita asam urat, rajinlah makan makanan berserat tinggi daripada makan banyak daging (protein) untuk merasa kenyang, coba dan ganti daging Anda (protein) dengan lebih banyak makanan tinggi serat, seperti pasta gandum dengan saus tomat dan sayuran atau roti gandum utuh yang enak. Masukkan apa pun yang Anda sukai di dalam sandwich Anda kecuali daging!

Disarankan bahwa jika Anda berusia di bawah 50 tahun dan pria, mengonsumsi sekitar 38 gram serat sehari. Dan untuk wanita di bawah usia 50 tahun, sekitar 25 gram. Untuk pria di atas usia 50 tahun, usahakan 30 gram serat dan untuk wanita di atas usia 50 sekitar 21 gram.

Pastikan untuk tidak makan roti putih, pasta dan sereal non-whole grain yang membuang lapisan luar atau dedak dari biji-bijian. Ini menurunkan kandungan serat, di sebagian besar makanan olahan. Tetaplah konsumsi produk alami seperti roti gandum.

Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak banyak makan serat dalam makanan, asam urat akan meningkat. Pastikan untuk mulai secara bertahap dan tingkatkan selama beberapa minggu untuk menghindari gas, kembung atau kram.

Anda perlu memberi bakteri alami dalam sistem pencernaan Anda cukup waktu, untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Saat makan banyak serat, pastikan juga minum banyak air, sehingga bisa menyerap semua serat.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Tanpa Obat, Asam Urat Bisa Normal dengan Cara Sederhana Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel