12 Buah yang Harus Dimakan oleh Ibu Hamil

Membuat pilihan makanan sehat, sangat penting bagi ibu yang sedang hamil. Makanan akan memberi janin nutrisi yang penting, untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Makanan yang bergizi, juga memainkan peran penting dalam kesehatan keseluruhan, membantu tubuh berfungsi secara efektif dan mengurangi risiko beberapa penyakit berbahaya.

Kebanyakan orang sadar bahwa, makanan sehat harus mencakup banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Namun, ibu yang sedang hamil mungkin tidak menyadari bahwa buah-buahan tertentu sangat bermanfaat selama kehamilan.

Ilustrasi kehamilan.
Dalam artikel ini, kami menjelaskan mengapa penting untuk makan buah selama kehamilan. Kami juga membahas buah mana yang paling baik untuk dimakan selama waktu ini, dan jenis buah apa yang ingin dihindari oleh wanita hamil.

Apa manfaat makan buah selama kehamilan?


Makan makanan yang sehat dan bervariasi sangat penting selama kehamilan. Nutrisi yang tepat dapat membantu janin untuk berkembang dan tumbuh sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Tanda tanda Hamil Muda Kurang dari 2 Minggu, Tidak Banyak yang Tahu

Selain mendukung bayi yang sedang tumbuh, peningkatan asupan vitamin dan mineral dapat membantu wanita hamil menjaga tubuhnya sendiri dalam kondisi terbaik.

Makan banyak buah segar selama kehamilan, dapat membantu memastikan bahwa wanita dan bayinya tetap sehat. Buah segar mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting, dan juga merupakan sumber serat yang baik.

Di bawah ini, kami daftar 12 buah terbaik untuk dimasukkan dalam makanan kehamilan yang sehat.

1. Buah Aprikot

Aprikot mengandung: vitamin A, C, dan E, kalsium, besi, kalium, beta karoten, fosfor, dan silikon.

Semua nutrisi ini membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi. Zat besi dapat mencegah anemia dan kalsium membantu tulang dan gigi tumbuh kuat.

2. Buah Jeruk

Jeruk adalah sumber yang bagus untuk: folat, vitamin C, air.

Jeruk sangat bagus untuk menjaga seseorang tetap terhidrasi dan sehat. Vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, yang dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Cacat tabung saraf dapat menyebabkan kondisi seperti spina bifida, di mana sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik, dan anencephaly, di mana sebagian besar otak dan tengkorak hilang.

3. Buah Mangga

Mangga kaya akan vitamin A dan C.

Satu cangkir mangga cincang menyediakan 100 persen dari tunjangan harian seseorang (RDA) vitamin C dan lebih dari sepertiga dari RDA vitamin A mereka.

Bayi yang lahir dengan defisiensi vitamin A mungkin memiliki kekebalan yang lebih rendah. Dan risiko komplikasi pascanatal yang lebih tinggi, seperti infeksi pernapasan.

4. Buah Pir

Pir memberikan banyak nutrisi berikut: serat, kalium, dan folat.

Mendapatkan banyak serat dalam diet kehamilan dapat membantu meringankan sembelit , gejala kehamilan yang umum. Potasium dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung bagi wanita dan bayi. Ini juga merangsang regenerasi sel.

5. Buah Delima

Delima dapat memberi ibu hamil banyak: vitamin K, kalsium, folat, besi, protein, dan serat.

Delima padat nutrisi juga merupakan sumber energi yang baik, dan kandungan zat besinya yang tinggi membantu mencegah kekurangan zat besi.

Vitamin K juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa minum jus buah delima dapat membantu mengurangi risiko cedera pada plasenta.

6. Buah Alpukat

Alpukat adalah sumber yang bagus untuk: vitamin C, E, dan K, asam lemak tak jenuh tunggal, serat, Vitamin B, kalium, dan tembaga.

Alpukat mengandung lemak sehat yang menyediakan energi dan membantu mencegah cacat tabung saraf. Mereka juga meningkatkan sel-sel yang bertanggung jawab untuk membangun kulit dan jaringan otak bayi yang sedang berkembang.

Kalium dalam alpukat dapat meredakan kram kaki, gejala lain yang sering terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga.

7. Buah Jambu biji

Jambu biji adalah pilihan buah yang sangat baik, bagi orang-orang yang menginginkan lebih dari nutrisi berikut: vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, dan folat.

Jambu biji mengandung beragam kombinasi nutrisi, sehingga ideal untuk wanita hamil. Makan jambu biji selama kehamilan dapat membantu mengendurkan otot, membantu pencernaan, dan mengurangi sembelit.

8. Buah Pisang

Pisang mengandung kadar tinggi: vitamin C, kalium, vitamin B-6,d dan serat.

Kandungan serat pisang yang tinggi dapat membantu mengatasi konstipasi terkait kehamilan. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa, vitamin B-6 dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

9. Buah Anggur

Makan banyak anggur dapat meningkatkan asupan orang: vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin.

Nutrisi dalam anggur dapat membantu untuk membantu perubahan biologis yang terjadi selama kehamilan.

Mereka mengandung antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh, seperti flavonol, tanin, linalool, anthocyanin, dan geraniol, yang juga membantu mencegah infeksi.

10. Buah Berry

Buah beri adalah sumber yang baik untuk: vitamin C, karbohidrat, antioksidan dan serat.

Buah beri juga mengandung banyak air, sehingga merupakan sumber hidrasi yang sangat baik. Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11. Buah Apel

Apel dikemas dengan nutrisi untuk membantu pertumbuhan janin, termasuk: vitamin A dan C, serat, dan kalium.

Satu studi menemukan bahwa, makan apel saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi terserang asma dan alergi seiring waktu.

12. Buah Kering

Nutrisi berikut terjadi pada buah kering: serat, vitamin dan mineral, dan energi.

Buah kering mengandung semua nutrisi yang sama dengan buah segar. Oleh karena itu, wanita hamil bisa mendapatkan RDA vitamin dan mineral dengan makan porsi buah kering yang lebih kecil, dari jumlah buah segar yang setara.

Namun, penting untuk diingat bahwa buah kering dapat mengandung banyak gula, dan tidak mengandung kadar air seperti buah segar. Ini berarti bahwa itu tidak membantu pencernaan. Wanita hamil hanya boleh makan buah kering dalam jumlah sedang, dan harus menghindari buah manisan sama sekali.

Yang terbaik adalah makan buah-buahan kering selain buah-buahan segar, daripada menggantikannya.

Berapa banyak buah yang harus dimakan seseorang selama kehamilan?


Saran untuk wanita hamil adalah makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran segar setiap hari, dan variasikan sebanyak mungkin. Buah bisa segar, kalengan, beku, atau kering.

Sebagai aturan umum, satu porsi buah adalah:

  • sepotong buah, untuk buah-buahan yang lebih besar dari ukuran bola tenis
  • secangkir buah cincang


Makan banyak buah dan sayuran selama kehamilan memberi ibu hamil nutrisi yang cukup, untuk mendukung perkembangan bayi. Ini juga harus meminimalkan risiko penyakit dan cacat tertentu, dan membantu menyehatkan tubuh wanita.

Adakah buah yang harus dihindari seseorang selama kehamilan?


Tidak ada buah tertentu yang harus dihindari oleh wanita hamil. Namun, penting bagi wanita untuk menyadari ukuran porsi. Beberapa buah memiliki kandungan gula yang tinggi, dan beberapa jenis buah, seperti jus dan buah-buahan kering, seringkali memiliki kadar gula dan kalori yang jauh lebih tinggi daripada buah segar.

Membeli buah organik akan memastikan bahwa ia tidak bersentuhan dengan pupuk dan pestisida yang dapat merusak kualitasnya. Namun, jika buah organik bukan merupakan pilihan, buah non-organik masih lebih baik daripada menghilangkan buah dari diet sama sekali.

Baca Juga: Bahaya Pria yang Belum Menikah di Usia 35 Tahun

Termasuk buah durian, yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun mengonsumsi buah durian saat hamil harus dibatasi, jangan sampai berlebihan. Satu porsi durian tidak boleh lebih dari ukuran satu gelas 200 mililiter. Atau biasa kita sebut gelas belimbing.

Penting untuk menghilangkan semua pestisida dan bakteri yang mungkin ada pada buah, dengan mencuci secara menyeluruh sebelum memakannya. Orang harus mengambil tindakan pencegahan keamanan lainnya dengan:

  • menghilangkan area buah memar, yang lebih cenderung mengandung bakteri
  • menyimpan buah di area terpisah di lemari es, dan hindarkan dari produk daging mentah
  • menghindari melon precut
  • hanya minum jus buah yang dipasteurisasi atau direbus


Catatan Penting

Buah adalah sumber nutrisi yang sangat baik yang penting selama kehamilan. Buah-buahan dapat menyediakan vitamin, folat, serat, dan banyak lagi, yang semuanya membantu menjaga kesehatan wanita dan bayi. Nutrisi ini juga dapat membantu meringankan beberapa gejala umum kehamilan.

Baca Juga: Bercinta yang 'Baik' Dapat Menurunkan Tekanan Darah, Ini Caranya

Wanita hamil harus berusaha mengonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran yang berbeda setiap hari. 12 buah yang tercantum dalam artikel ini adalah pilihan yang sangat baik selama kehamilan. Wanita hamil juga harus membatasi asupan buah-buahan kering dan jus buah, karena ini bisa tinggi gula dan kalori daripada jenis segar.

Belum ada Komentar untuk "12 Buah yang Harus Dimakan oleh Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel