Apa Penyebab Bau Mulut? Masalahnya Mungkin Ada di Hidung Anda

Sedang bertanya-tanya apa penyebab bau mulut yang selalu dirasakan? Anda mungkin sudah mencoba segalanya untuk menyingkirkan masalah ini, mulai dari mengunyah permen hingga obat kumur. Ketika hal ini tidak berhasil, Anda perlu mencari tahu apa akar masalahnya.

Ya, kadang apa penyebab bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah di dalam mulut itu sendiri. Kadang, setelah kita menyikat gigi dan berkumur pun bau mulut kerap melekat dan susah sekali untuk hilang.

Tapi tunggu dulu, jangan menyerah mencari tahu apa penyebab bau mulut. Mungkin Anda perlu melihat di organ hidung Ada, karena penyebabnya bisa jadi ada di sana. Bagaimana mungkin? Berikut ulasan lengkapnya.
Ilustrasi bau mulut.
Dikutip dari health24.com, sesuatu yang mungkin tidak Anda pertimbangkan adalah tersumbatnya sinus. Yang seringkali menjadi penyebab bau mulut dan sering diabaikan. Bau mulut ini biasanya terjadi setelah lendir yang menetes di hidung. Di mana bisa dapat menyebabkan rasa tidak enak di mulut, dan berhubungan dengan infeksi hidung kronis.

Meskipun sinus tampaknya tidak banyak berhubungan dengan bau mulut, lendir di hidung sering menjadi penyebab halitosis atau bau mulut. Bagaimana hidung yang tersumbat menyebabkan bau mulut?

Kelenjar di hidung dan tenggorokan Anda selalu menghasilkan lendir, suatu zat kental yang membasahi dan membersihkan selaput hidung sembari menyingkirkan benda asing yang terhirup. Ini juga melawan infeksi dengan menghancurkan bakteri dan virus.

Tubuh Anda telah dirancang untuk mengeluarkan lendir yang ada di hidung. Lendir bercampur dengan air liur dan menetes tanpa rasa sakit ke bagian belakang tenggorokan, biasanya tertelan. Namun, ketika tubuh Anda menghasilkan lendir yang berlebih atau lebih tebal, lendir menjadi lebih terlihat. Dan tahu itu bisa menumpuk di tenggorokan atau menetes dari hidung. Inilah yang disebut sebagai post nasal drip.

Kondisi itu menyebabkan post nasal drip dan bau mulut disebabkan oleh:



  • Flu biasa (flu)
  • Alergi , menyebabkan alergi hidung setelah menetes
  • Infeksi sinus atau sinusitis
  • Obat-obatan tertentu, termasuk pil tekanan darah atau pil KB
  • Septum yang menyimpang


Bagaimana cara mengetahui apakah itu post nasal drip yang menyebabkan bau mulut Anda


Ada beberapa tanda yang menunjukkan apakah bau mulut Anda disebabkan oleh tetesan hidung:


  • Ketika lendir keluar dari sinus, lendir sering terkumpul di bagian atas tenggorokan, menyebabkan iritasi, sehingga Anda sering mengeluarkannya.
  • Terus-menerus menelan atau merasa ada benjolan di tenggorokan.
  • Sakit tenggorokan terus menerus yang tidak berkembang menjadi penyakit. Post nasal drip dapat menyebabkan silia (rambut hidung kecil) berhenti berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan kumpulan lendir berkerak di lapisan hidung dan tenggorokan, yang pada gilirannya menyebabkan peradangan dan iritasi.
  • Kesulitan bernafas sangat umum bagi orang-orang dengan tetes hidung. Penumpukan lendir di hidung bisa membuat sulit bernafas melalui hidung, sementara sakit tenggorokan dan batuk juga membuat sulit bernapas melalui mulut.
  • Semua situasi yang tidak menguntungkan ini dapat menyebabkan bau mulut karena penumpukan benda asing.


Cara mengobati bau mulut akibat lendir di hidung


Cara mengobati bau mulut akibat post natal drip lebih mudah, jika penyebabnya telah diidentifikasi, karena perawatan bervariasi tergantung pada penyebabnya.


  • Infeksi bakteri diobati dengan antibiotik. Namun obat-obatan ini hanya dapat memberikan bantuan sementara. Dalam kasus sinusitis kronis, operasi untuk membuka sinus yang tersumbat mungkin diperlukan.
  • Alergi dikelola dengan menghindari penyebabnya, seperti makanan atau serbuk sari di musim semi.
  • Dokter dapat meresepkan obat untuk mengurangi reaksi ini seperti semprotan hidung steroid (tipe kortison), dan bentuk steroid lainnya. Imunoterapi , baik dengan suntikan atau tetes sublingual, bekerja dengan baik juga.
  • Gastroesophageal reflux dapat dihilangkan dengan:


- Meninggikan kepala di tempat tidur
- Menghindari makanan dan minuman dua hingga tiga jam sebelum tidur
- Menghilangkan makanan pemicu dan cairan apa pun (alkohol dan kafein adalah dua penyebab paling umum)
- Obat untuk menetralkan asam lambung atau mengurangi produksi lendir
- Dekongestan dapat membantu tetapi harus digunakan dengan hati-hati karena dapat memperburuk tekanan darah tinggi, kondisi jantung ,  dan penyakit tiroid. Semprotan steroid dapat digunakan dengan aman di bawah pengawasan medis.

Baca Juga:

Begini Cara Menghilangkan Migrain Tanpa Obat

10 Suplemen yang Efektif Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Terapi dan Cara Menurunkan Asam Urat dengan Buah Ciplukan

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikannya...

Belum ada Komentar untuk "Apa Penyebab Bau Mulut? Masalahnya Mungkin Ada di Hidung Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel