Terapi dan Cara Menurunkan Asam Urat dengan Buah Ciplukan

BUAH CIPLUKAN

Buah ciplukan mungkin tidak asing bagi masyarakat kita. Tapi tahukah Anda jika buah ciplukan juga bisajadi salah satu cara menurunkan asam urat di dalam tubuh? Jika masih belum tahu, maka harus baca artikel ini.

Pamor buah yang satu ini sendiri sedang naik daun, apalagi buah yang diberi nama beri emas yang juga dikenal sebagai Inca berry, Peru groundcherry, poha berry, goldenberry, ceri sekam dan cape gooseberry memiliki harga yang cukup mahal.

Kali ini kita akan membahas segala yang perlu Anda ketahui tentang buah ciplukan atau beri emas, termasuk nutrisi, manfaat, cara mengolahnya dan efek samping potensial. Yuk kita simak ulasan lengkapnya.

Buah ciplukan. Gambar: healthline.com

Dikemas Dengan Nutrisi

Buah ciplukan memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Satu cangkir atau setara 140 gram mengandung:


  • Kalori: 74
  • Karbohidrat: 15,7 gram
  • Serat: 6 gram
  • Protein: 2,7 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Vitamin C: 21% dari RDI untuk wanita dan 17% untuk pria
  • Tiamin: 14% dari RDI untuk wanita dan 13% untuk pria
  • Riboflavin: 5% dari RDI
  • Niasin: 28% dari RDI untuk wanita dan 25% untuk pria
  • Vitamin A: 7% dari RDI untuk wanita dan 6% untuk pria
  • Zat Besi: 8% dari RDI untuk wanita dan 18% untuk pria
  • Fosfor: 8% dari RDI
  • Buah ciplukan juga memiliki jumlah beta-karoten dan vitamin K yang tinggi bersama dengan sedikit kalsium.


Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Mengandung beberapa senyawa yang dapat berdampak positif bagi kesehatan, di antaranya:

Tinggi Antioksidan

Buah ciplukan kaya akan senyawa tanaman yang disebut antioksidan.

Antioksidan melindungi dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang merupakan molekul yang terkait dengan penuaan dan penyakit, seperti kanker.

Sampai saat ini, penelitian telah mengidentifikasi 34 senyawa unik dalam buah ciplukan yang mungkin memiliki manfaat bagi kesehatan.

Lebih lanjut, senyawa fenolik dalam buah ciplukan terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan usus besar dalam studi tabung reaksi.

Dalam studi tabung reaksi lain, ekstrak beri buah ciplukan dan dehidrasi ditemukan meningkatkan kehidupan sel, sambil mencegah pembentukan senyawa yang menyebabkan kerusakan oksidatif.

Kulit buah ciplukan memiliki hampir tiga kali lipat jumlah antioksidan. Selain itu, kadar antioksidan berada pada puncaknya ketika buah sudah matang.

Memiliki Manfaat Antiinflamasi

Senyawa dalam buah ciplukan yang disebut withanolides mungkin memiliki efek antiinflamasi di tubuh Anda, berpotensi melindungi terhadap kanker usus besar.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak dari kulit buah emas mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus. Selain itu, tikus yang diobati dengan ekstrak ini memiliki tingkat penanda inflamasi yang lebih rendah di jaringan mereka.

Meskipun tidak ada penelitian manusia yang sebanding, penelitian tabung reaksi dalam sel manusia mengungkapkan efek yang menjanjikan terhadap peradangan. Sangat bagus bagi Anda yang ingin mencari cara menurunkan asam urat di dalam tubuh

Dapat Meningkatkan Kekebalan

Tidak ada penelitian pada manusia tentang buah ciplukan dan fungsi sistem kekebalan tubuh, tetapi studi tabung menunjukkan beberapa manfaat.

Studi dalam sel manusia mencatat bahwa buah ciplukan dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh Anda. Buah ini mengandung banyak polifenol yang menghalangi pelepasan penanda imun inflamasi tertentu.

Selain itu, beri emas adalah sumber vitamin C yang baik. Satu cangkir (140 gram) menyediakan 15,4 mg vitamin ini - 21% dari RDI untuk wanita dan 17% untuk pria.

Vitamin C memainkan beberapa peran kunci dalam respons sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Semoga bermanfaat bagi Kesehatan Tulang

Buah buah ciplukan kaya akan vitamin K, vitamin yang larut dalam lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang.

Vitamin ini merupakan komponen penting tulang dan tulang rawan dan juga terlibat dalam tingkat pergantian tulang yang sehat, yaitu bagaimana tulang patah dan mengalami reformasi.

Bukti terbaru menunjukkan bahwa vitamin K harus dikonsumsi bersamaan dengan vitamin D untuk kesehatan tulang yang optimal.

Dapat Meningkatkan Penglihatan

Buah ciplukan menyediakan lutein dan beta-karoten, bersama dengan beberapa karoten lainnya.

Diet tinggi karotenoid dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan.

Secara khusus, karotenoid lutein terkenal untuk mencegah penyakit mata.

Lutein dan karotenoid lain, termasuk zeaxanthin dan likopen, juga telah terbukti melindungi terhadap kehilangan penglihatan akibat diabetes.

Potensi Efek Samping

Buah ciplukan mungkin beracun jika Anda memakannya mentah. Karena mengandung solanin, racun yang secara alami ditemukan dalam sayuran nightshade, seperti kentang dan tomat.

Solanin dapat menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk kram dan diare - dan mungkin berakibat fatal pada kasus yang jarang terjadi.

Agar aman, makanlah hanya buah ciplukan yang masak tanpa bagian hijau. Selain itu, perlu diingat bahwa makan buah ciplukan dalam jumlah tinggi mungkin berbahaya.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, jus buah ciplukan kering dosis sangat tinggi - 2.273 mg per pon berat badan (5.000 mg per kg) setiap hari - mengakibatkan kerusakan jantung pada tikus jantan - tetapi tidak pada betina. Tidak ada efek samping lain yang diamati.

Tidak ada studi keamanan jangka panjang pada buah ciplukan pada manusia.

Cara Mengolahnya atau Memakannya

Buah ciplukan dapat dinikmati segar atau dikeringkan setelah 'bungkus' tipisnya dihilangkan. Berikut adalah beberapa cara mengolahnya ke dalam makanan sehari-hari:


  • Makan mereka mentah sebagai camilan.
  • Tambahkan mereka ke salad buah.
  • Taburkan di atas salad gurih.
  • Blender mereka menjadi smoothie.
  • Celupkannya ke dalam saus cokelat untuk hidangan penutup.
  • Ubah mereka menjadi saus untuk dinikmati dengan daging atau ikan.
  • Jadikan selai.
  • Aduk mereka menjadi salad gandum.
  • Gunakan mereka di atas yogurt dan granola.
  • Buah ciplukan menambah rasa yang unik pada hampir semua hidangan atau makanan ringan.


Garis bawahi

Meskipun buah ciplukan sangat terkait dengan tomat, tapi memiliki rasa yang manis mirip dengan nanas dan mangga.

Buah ciplukan tinggi serat, vitamin, mineral dan senyawa tanaman bermanfaat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penglihatan dan tulang, termasuk bagus untuk menurunkan asam urat.

Baca Juga:

14 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami di Rumah Tanpa Resep Dokter

9 Penyebab Asam Urat yang Disepelekan

Khasiat dan Cara Makan Buah Plum

Sumber: healthline.com
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Terapi dan Cara Menurunkan Asam Urat dengan Buah Ciplukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel