Menyedihkan, Harimau Akan Punah dalam Satu Dekade Mendatang

Harimau termasuk jenis kucing yang paling besar, dan sangat ditakuti hampir semua binatang hingga manusia. Tapi mereka hidup menyendiri dan tidak berkelompok, dan yang uniknya harimau senang berada di dalam air.

Tapi siapa sangka, jika harimau kini menuju kepunahan dalam satu dekade mendatang. Sebuah badan amal bernama Born Free mengatakan, kepunahan harimau di alam liar telah terlihat, di mana 96 persen populasinya menghilang dalam seratus tahun terakhir.

Harimau sedang berendam di dalam kolam.
Lalu berapa populasi mereka di alam liar saat ini, dan adakah upaya untuk melestarikan kucing paling besar di dunia ini?

Dikutip dari dailymail.co.uk, sedikitnya 4.000 harimau diyakini masih ada di alam liar saat ini. Mereka masih tersisa akibat perburuan liar dan perusakan habitat.

Badan amal dari Inggris tersebut, telah meluncurkan permintaan internasional untuk menyelamatkan spesies ikonik ini.

Born Free bekerja bersama tujuh LSM India, untuk meningkatkan upaya menyelamatkan harimau. Lebih dari 500 dari sekitar 2.000 harimau yang ditemukan di India, berada di wilayah tengah Satpuda.

Mereka berharap dapat mengatasi krisis perburuan liar, melindungi habitat harimau, dan mempromosikan intervensi konservasi, yang akan memungkinkan masyarakat dan satwa liar untuk hidup secara harmonis.

"India adalah rumah bagi beberapa keanekaragaman terbesar satwa liar di Bumi," kata Howard Jones, CEO Born Free, yang berbasis di Horsham, Sussex.

Baca Juga: Pertarungan Langka Harimau vs Beruang Hitam, Siapa yang Menang?

"Dalam ekosistem yang luar biasa ini, harimau membutuhkan intervensi kita lebih dari sebelumnya, karena ancaman yang tak terhitung jumlahnya termasuk konflik manusia-satwa liar," tambah mereka.

Tidak dapat dibayangkan jika dunia tanpa harimau, jika kita tidak bertindak sekarang. Konsekuensinya bisa mengerikan.

Born Free mengklaim, 85 persen dari semua konflik antara harimau dan manusia terjadi ketika orang menjelajah ke dalam hutan, dan mengganggu wilayah satwa liar.

Pengembangan dan perambahan kawasan perkotaan di habitat harimau, adalah pertarungan yang harus diperjuangkan, karena sangat penting untuk kelangsungan hidup spesies yang berkelanjutan.

Koridor luas ada yang memungkinkan hewan untuk bermigrasi dan berkeliaran di wilayah yang luas. Dan hilangnya ini kemungkinan akan menyebabkan jatuhnya populasi harimau, dalam jumlah yang sangat besar dan tidak dapat diperbaiki.

"Ada kanal, jalan raya, kereta api, jalur transmisi, dan segala macam proyek yang diusulkan di seluruh wilayah," jelas Kishor Rithe, Pendiri Yayasan Satpuda, yang merupakan mitra dari jaringan Living with Tigers.

Baca Juga: Pawang Tewas oleh Harimau yang Dibesarkannya dari Kecil

"Saya percaya bahwa setiap agen yang bertanggung jawab harus memikirkan keamanan ekologis, dan memiliki rencana mitigasi inbuilt dengan proposal proyek mereka," tambahnya.

Belum ada Komentar untuk "Menyedihkan, Harimau Akan Punah dalam Satu Dekade Mendatang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel