Ini Dia Asteroid yang Diperkirakan Penyebab Kiamat di Bumi

Ancaman dari luar angkasa memang tidak pernah usai, apalagi banyak objek berupa batu-batu besar yang berpotensi menyebabkan kiamat di Bumi. Hal inilah yang membuat banyak ilmuwan mencari objek-objek mengancam tersebut.

Salah satunya NASA, yang kerap mencari objek seperti asteroid yang mengancam kehidupan du Bumi. Dan kini mereka telah memperingatkan bahwa, ada asteroid raksasa yang akan menyebabkan kiamat di Bumi.

Asteroid raksasa penyebab kiamat di bumi.
Asteroid raksasa ini berhasil ditangkap dalam sebuah foto yang menakjubkan. Dan ia dapat melepaskan energi 80.000 kali lebih banyak daripada bom atom Hiroshima, jika bertabrakan dengan Bumi. Adakah cara untuk menghalaunya?

Dikutip dari dailymail.co.uk, Asteroid ini dinamai Bennu. Berupa batu 152 meter yang lebih tinggi dari bangunan Empire State. Dan diperkirakan 1,664 kali lebih berat dari Titanic.

Dan para ilmuwan mengatakan, tabrakan dengan Bumi berpotensi memiliki efek bencana pada jutaan kehidupan.

Tetapi badan antariksa menegaskan persiapan kiamat tidak diperlukan, karena batu itu diperkirakan tidak akan mendekat Bumi dalam satu abad ke depan.

Para ilmuwan berharap, asteroid ini akan membantu membuktikan sebuah teori bahwa miliaran tahun yang lalu, asteroid bertabrakan dengan planet kita mentransfer bahan kimia penting ke permukaan bumi, mendorong organisme yang menyebabkan kehidupan.

Namun Bennu, yang dijuluki 'asteroid kiamat', juga membawa ancaman potensial bagi jutaan nyawa.

Para ilmuwan mengatakan jika Bennu bertabrakan dengan Bumi, dampaknya akan melepaskan lebih banyak energi daripada semua senjata nuklir yang diledakkan dalam sejarah.

Pada 6 Agustus 1945 Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir di kota Jepang Hiroshima, menewaskan hampir 100.000 orang dalam upaya untuk mengakhiri Perang Dunia II.

Senjata itu melepaskan energi yang setara dengan 16 kiloton TNT melintasi radius ledakan satu mil. Tetapi para ilmuwan percaya, dampak serangan dari Bennu bisa mengalahkan pengeboman hampir 80.000 kali lipat.

Meskipun meyakinkan, NASA bersikeras kemungkinan bertabrakan - sekitar satu dari 2.700 - sangat tipis. Dan manusia akan hidup untuk melihat hari berikutnya, jika hal itu terjadi.

Baca Juga: NASA Temukan 10 Asteroid yang Bisa Memusnahkan Manusia

Tetapi ada harapan jika NASA akan meluncurkan HAMMER - atau Misi Mitigasi Asteroid Kecepatan-kecepatan untuk kendaraan Tanggap Darurat - yang dirancang untuk meledakkan asteroid dengan bom nuklir, atau mengarahkan asteroid ke jalur yang berbeda.

Namun, para ahli mengatakan bahwa satu HAMMER cenderung tidak efektif.

"Konsekuensinya akan mengerikan," kata Kirsten Howley, seorang ahli fisika di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore yang merupakan bagian dari tim pertahanan planet.

Bagi para ilmuwan, meluncurkan hanya satu pesawat deflektor ke Bennu bisa memakan waktu hingga tujuh setengah tahun.

Baca Juga: Pria Tertangkap Kamera Mencuri Lampu Sirine Mobil Polisi

Apakah Bumi akan dihantam oleh asteroid? Kita tidak pernah mengetahuinya...

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Asteroid yang Diperkirakan Penyebab Kiamat di Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel