Kecipir Adalah Obat Ampuh Atasi Peradangan Akibat Penyakit Asam Urat

Kecipir adalah salah satu tanaman legum tropis, yang memiliki paket kesehatan lengkap. Kecipir memiliki nutrisi yang berlimpah, sekaligus memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa dan tidak terbatas.

Selain buah, akar dan bunganya memiliki bermanfaat untuk kesehatan Anda. Sayuran ini merupakan sumber mineral dan vitamin yang signifikan. Sehingga sangat bagus untuk ditambahkan ke dalam menu makanan Anda.

Nah apalagi jika Anda memiliki peradangan akibat asam urat yang menyakitkan, mengonsumsi kecipir bisa meredakannya. Bagaimana cara mengonsumsi kecipir untuk kesehatan dan pengobatan alami? Berikut ulasan lengkapnya.

Sayur kecipir.
Selain untuk mengobati peradangan akibat asam urat, berikut adalah 18 manfaat kesehatan sayur kecipir dikutip dari boldsky.com:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sayur ini kaya akan vitamin C dan vitamin A. Mengkonsumsinya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan dengan demikian mendukung tubuh Anda terhadap segala kemungkinan infeksi dan penyakit. Vitamin C dalam legum berperan sebagai pelindung, menangkal penyakit dan menjaga tubuh Anda.

2. Membantu penurunan berat badan

Kacang yang terdapat di dalamnya sangat sehat, dan memiliki kandungan kalori rendah. Ini juga memiliki sejumlah serat yang membantu dalam sehat penurunan berat badan. Serat dan kalori membantu membuat Anda merasa kenyang.

3. Bagus bagi ibu hamil

Menjadi sumber folat, konsumsi kecipir bermanfaat selama kehamilan. Ini membantu mendukung persalinan yang sehat dan menghindari timbulnya cacat tabung saraf pada bayi. Seiring dengan kandungan folat, sumber zat besi yang kaya dalam kacang-kacangan bermanfaat karena mengurangi risiko anemia ibu dan berat lahir rendah.

4. Mengurangi peradangan

Sejumlah besar mangan dalam kacang-kacangan membantu mengurangi peradangan. Ini adalah antioksidan yang dimiliki oleh mineral bekerja dalam mengurangi pembengkakan yang disebabkan asam urat.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Menurut penelitian, kandungan tiamin dalam kecipir diketahui dapat mencegah masalah terkait penglihatan. Konsumsinya secara teratur membantu mencegah timbulnya masalah seperti glaukoma dan katarak.

6. Mencegah diabetes

Penelitian telah mengungkapkan bahwa campuran vitamin D dan kalsium bekerja bersama untuk mencegah timbulnya diabetes. Ini dilakukan dengan mengoptimalkan metabolisme glukosa dalam tubuh Anda. Kedua nutrisi ini secara langsung berdampak pada sel-sel pankreas, sehingga mengelola sekresi insulin dan kadar gula darah.

7. Meningkatkan energi

Fosfor dalam kecipir membantu meningkatkan tingkat energi Anda dan dapat membantu dalam menangani masalah-masalah seperti kelelahan, kelemahan otot, dan mati rasa. Berbagai jenis gula dalam kacang bersayap, seperti glukosa, gula-fruktosa, sukrosa, laktosa, galaktosa, dan maltosa bertanggung jawab langsung untuk meningkatkan tingkat energi.

8. Mencegah penuaan dini

Kecipir adalah antioksidan alami yang membantu mencegah membran sel diserang oleh radikal bebas yang menyebabkan kerusakan. Vitamin C dan vitamin A  dalam legum mencegah timbulnya penuaan dini dan melindungi kulit Anda dari keriput, noda, dan kerusakan terkait usia lainnya. Sehingga membuat Anda awet muda.

9. Mengatasi kekurangan gizi

Dipenuhi dengan nutrisi, kecipir adalah sumber nutrisi alami yang diperlukan. Konsumsi legum secara teratur membantu mengkompensasi kekurangan apa pun dalam makanan Anda. Legum tidak hanya diisi dengan vitamin bermanfaat tetapi juga mineral seperti besi, tembaga, kalsium, fosfor, mangan, dan magnesium.

10. Mengelola sakit kepala dan migrain

Makanan kaya triptofan diketahui mengurangi rasa sakit yang terkait dengan stres dan ketegangan. Mengkonsumsinya dapat membantu mengurangi sakit kepala dan migrain. Ini membantu dalam peningkatan sintesis serotonin, yang pada gilirannya menawarkan bantuan dari rasa sakit dan juga gejala terkait seperti gangguan pencernaan, dan sensitivitas terhadap cahaya.

11. Membangun otot

Kecipir dikemas dengan banyak protein. Legum sangat bermanfaat untuk membangun otot. Bersamaan dengan itu, itu juga memperbaiki otot-otot lemah yang ada di tubuh.

12. Mengelola asma

Kandungan magnesium yang tinggi dalam legum membantu dalam menormalkan pernapasan dengan melemaskan otot-otot bronkial. Ini juga membantu dengan mengatur pernapasan. Kecipir sangat baik untuk orang yang menderita asma kronis.

13. Mengobati anemia

Kecipir adalah sumber asam folat yang baik, yang membantu meningkatkan darah di tubuh Anda. Konsumsi legum secara teratur bermanfaat untuk mengobati dan mencegah anemia. Mengkonsumsinya bersama dengan suplemen juga bermanfaat untuk meningkatkan kondisi Anda.

14. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam kacang-kacangan memiliki berbagai manfaat bagi tubuh Anda. Menjadi sumber nutrisi yang kaya, kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan tulang Anda. Mengkonsumsi legum membantu meningkatkan kesehatan tulang Anda, yang pada gilirannya akan mengurangi risiko terkena osteoporosis di masa depan.

15. Membantu menghasilkan darah

Dikenal karena kandungan zat besinya yang tinggi, kecipir sangat bermanfaat untuk produksi darah. Ini membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh Anda secara bertanggung jawab, sehingga membantu meningkatkan kadar sel darah merah yang rendah.

16. Meningkatkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang-kacangan tidak hanya bermanfaat untuk penurunan berat badan, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengatur pencernaan yang tepat. Ini membantu mencegah sembelit karena serat mendorong keluar limbah yang berlebihan dan juga membantu mengurangi kembung.

17. Mencegah kerusakan DNA

Kelimpahan vitamin A dalam kacang-kacangan sangat baik untuk tubuh Anda. Menjadi antioksidan, ini membantu melindungi DNA Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal berbahaya. Ini mengurangi stres oksidatif dan menghilangkan elemen berbahaya dari tubuh Anda.

18. Meningkatkan elastisitas kulit

Seperti disebutkan di atas, kacang bersayap sangat baik untuk kulit Anda. Ini melindungi kulit Anda dari kerusakan eksternal maupun internal dan membuatnya tetap sehat. Kandungan vitamin C tidak hanya membatasi timbulnya kerutan dan garis tetapi juga membantu pertumbuhan kolagen. Ini membantu menjaga elastisitas kulit Anda, sehingga melindungi kulit Anda dari kendor dan kendur.

Nilai gizi kecipir dalam 100 gram: Energi 409 kkal, asam pantotenat 0,795 miligram, riboflavin 0,45 miligram, dan vitamin B6 0,175 miligram. Nutrisi lain yang ada dalam 100 gram biji kacang adalah

Nutrisi lain yang ada dalam 100 gram kecipir adalah:

  • 41,7 gram karbohidrat
  • 25,9 gram serat makanan
  • 16,3 gram lemak
  • 29,65 gram protein
  • 440 miligram kalsium
  • 13,44 miligram besi
  • 179 miligram magnesium
  • 3,721 miligram mangan
  • 451 miligram fosfor
  • 977 miligram kalium
  • 38 miligram sodium
  • 4,48 miligram seng
  • 1,03 miligram tiamin
  • 3.09 miligram niasin
  • 45 mikrogram folat


Resep Sayur Kecipir Sehat


1. Salad kecipir dengan kelapa segar

Bahan:

  • 2 cangkir kecipir cincang
  • 1 cangkir kelapa parut segar
  • 1-2 sendok makan jus jeruk nipis
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok makan biji sesawi hitam
  • 1-2 cabai merah kering
  • 2 tangkai daun kari segar
  • 4 gelas air garam


Petunjuk:
Rebus air dan tambahkan 1 sendok makan garam. Setelah mulai mendidih, tambahkan kecipir dan matikan api. Biarkan di dalam air sampai warnanya berubah menjadi hijau terang. Saring dan letakkan di air dingin.

Tambahkan kelapa parut dan sedikit garam. Tambahkan jus jeruk nipis dan aduk rata. Untuk temper Panaskan minyak zaitun dalam wajan dan tambahkan biji sesawi hitam dan cabe merah kering. Setelah bijinya mulai pecah, tambahkan daun kari dan matikan api. Tambahkan ke salad dan aduk rata.

2. Kecipir dengan prem kering

Bahan:

  • 2 cangkir kecipir cingcang
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1 buah prem kering
  • wijen hitam


Petunjuk:
Rebus 4 gelas air dan tambahkan becipir. Setelah direbus, letakkan di air dingin. Keluarkan biji dari prem dan remas dengan pisau. Campur prem yang diremas dengan saus kedelai. Tambahkan pasta ke kacang bersayap rebus. Taburkan garam dan wijen hitam di atasnya, aduk rata. Dan siap dikonsumsi.

Perhatian

Baca Juga: Dua Aroma Rokok Elektrik Berbahaya yang Hancurkan Fungsi Paru-paru

Individu dengan alergi kekebalan terhadap kacang-kacangan harus menghindari konsumsi kecipir. Jika Anda memiliki penyakit kekurangan enzim G6PD, jangan makan kecipir. Karena kandungan asam oksalatnya, hindari jika memiliki batu di saluran kemih. Minumlah banyak air saat mengonsumsinya, untuk menghindari batu kandung kemih.

Belum ada Komentar untuk "Kecipir Adalah Obat Ampuh Atasi Peradangan Akibat Penyakit Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel