Manfaat Teh Oolong Ternyata Bisa Melawan Kanker Payudara

Manfaat teh oolong mungkin masih sedikit yang mengetahuinya, termasuk untuk melawan kanker payudara. Tetapi seperti teh pada umumnya, memiliki manfaat yang sangat beragam dan luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Mungkin Anda juga masih asing dengan teh oolong ini, untuk dinikmati setiap harinya. Tidak seperti teh hijau atau teh hitam, yang memang sering dan banyak kita temukan dan dijual di beragam tempat dan toko.

Nah, jika Anda wanita maka harus sering-sering mengonsumsi teh oolong ini. Apalagi jika Anda termasuk yang sangat rentan terkena kanker payudara. Lalu bagaimana teh oolong bisa melawan kanker payudara? Berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat teh oolong.

Dikutip dari dailymail.co.uk, ekstrak teh oolong memiliki 'potensi besar' dalam pencegahan kanker payudara, para ilmuwan mempercayainya.

Tes laboratorium menunjukkan, teh asal China yang digunakan selama berabad-abad untuk manfaat kesehatannya, mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Baca Juga: Viral, Cara Baru Menyeduh Mie Instan Menggunakan Teh Hijau

Para peneliti menemukan, ekstrak menghambat DNA sel kanker, menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Demikian pun dengan teh hijau, yang menunjukkan janji serupa, kata para ilmuwan.

Para ilmuwan di St Louis University, Missouri, juga menganalisis tingkat kanker payudara, dan kematian akibat penyakit di seluruh China. Analisis mereka menemukan, daerah dengan konsumsi teh oolong tinggi memiliki tingkat penyakit yang lebih rendah.

Tim sekarang mengatakan, teh ini menawarkan pendekatan untuk mencegah kanker payudara. Di mana kanker payudara akan berkembang dalam satu dari delapan wanita.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Dr Chunfa Huang, meneliti efek ekstrak dan manfaat teh oolong, pada enam lini sel kanker payudara.

Baca Juga: Teh Hitam jadi Rahasia untuk Menurunkan Berat Badan

Garis sel kanker digunakan dalam penelitian, dan merupakan sel kanker yang terus membelah dan tumbuh dari waktu ke waktu, dalam kondisi tertentu di laboratorium.

Tim menguji dua garis ER-positif dan PR-positif, satu garis HER2-positif, dan tiga garis sel triple-negatif.

Ekstrak teh hijau dan oolong menghalau pertumbuhan sel kanker payudara, di semua enam lini sel kanker payudara.

Sedangkan sel yang diobati dengan ekstrak teh hitam dan gelap, tidak menunjukkan efek yang sama.

"Dari hasil kami, teh oolong, seperti teh hijau, berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, proliferasi dan perkembangan tumor," tulis mereka.

"Teh oolong, sama seperti teh hijau, dapat menginduksi kerusakan dan pembelahan DNA, memainkan peran penghambat dalam pertumbuhan sel kanker payudara, proliferasi, dan tumorigenesis, dan [itu] memiliki potensi besar sebagai agen kemopreventif melawan kanker payudara," tambahnya.

Teh hijau telah menunjukkan manfaat anti kanker dalam penelitian sebelumnya, tetapi manfaat teh oolong masih lebih sedikit.

Produksi teh oolong juga masih sedikit, hanya dua persen dari produksi teh dunia. Dibandingkan dengan teh hitam sekitar 78 persen, dan teh hijau sebesar 20 persen.

Sebagian besar diproduksi di China, di mana orang telah menggunakannya untuk tujuan pengobatan, selama periode waktu yang bersejarah.

Meskipun hasilnya signifikan, penelitian lebih lanjut diperlukan, kata penulis.

Lebih dari 250.000 wanita di Amerika Serikat didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 2018, dan sekitar 41.000 meninggal akibat penyakit ini setiap tahun.

Meskipun tingkat kelangsungan hidup telah membaik - dua kali lipat dalam 40 tahun terakhir di Inggris - pengobatan ini sangat melelahkan.

Pencegahan dan diagnosis dini adalah kunci untuk meningkatkan prospek kesehatan di masa depan, dengan skrining ditawarkan kepada semua wanita antara usia 50 dan 70 di Inggris.

Baca Juga: Ilmuwan Sebut Teh Sebabkan Kanker Kerongkongan, Bagaimana Bisa?

Nah mulai sekarang, sering-seringlah mengonsumsi teh oolong untuk mendapatkan manfaatnya.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Teh Oolong Ternyata Bisa Melawan Kanker Payudara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel